Pergelangan Tangan Sakit? Ini Penyebab dan Terapinya

Pergelangan tangan sakit merupakan keluhan yang umum terjadi. Kondisi ini sering disebabkan oleh keseleo atau patah tulang akibat cedera tiba-tiba yang baru saja terjadi. Akan tetapi sakit di pergelangan tangan juga bisa disebabkan oleh masalah jangka panjang, seperti stres yang berulang, arthritis dan carpal tunnel syndrome.

Karena begitu banyak faktor penyebab pergelangan tangan sakit, maka memang agak sulit menentukan penyebab pastinya. Padahal diagnosis yang tepat akan sangat penting dalam hal menentukan terapi ataupun pengobatan yang tepat guna.

Penyebab Pergelangan Tangan Sakit

Carpal tunnel syndrome adalah penyebab tersering pergelangan tangan sakit. Pada kondisi ini seseorang akan merasa sakit, terbakar, mati rasa, atau kesemutan di telapak, pergelangan tangan, ibu jari, atau jari telunjuk dan tengah. Otot jempol dapat menjadi lemah, rasa sakit bisa menjalar sampai ke siku. Baca juga: Tangan Kesemutan

pergelangan tangan sakit CTS

Carpal tunnel syndrome terjadi ketika saraf penting (disebut saraf medianus) mengalami kompresi/tertekan/terjepit di pergelangan tangan karena pembengkakan. Terjadinya pembengkakan disebabkan oleh:

  • Melakukan gerakan berulang-ulang dengan pergelangan tangan seperti mengetik pada keyboard komputer, menggunakan mouse komputer, bermain badminton atau handball, menjahit, melukis, menulis, atau menggunakan alat getar.
  • Hamil, menopause, atau kelebihan berat badan.
  • Memiliki diabetes, sindrom pramenstruasi, tiroid kurang aktif (hipotiroid), atau rheumatoid arthritis.

Penyebab lainnya…

Cedera. Trauma atau cedera yeng terjadi pergelangan tangan dapat menyebabkan keseleo, strain dan bahkan patah tulang. Tentu seketika akan menimbulkan rasa sakit pada pergelangan tangan dan tak jarang menimbulkan pembengkakan.

Gout. Disebut juga sebagai radang sendi asam urat, ini terjadi ketika terlalu banyak asam urat dalam darah dan akhirnya membentuk endapan kristal pada sendi sehingga meradang dan sakit.

Osteoarthritis. Pengapuran sendi akibat struktur sendi yang rusak. Osteoarthritis di pergelangan tangan jarang terjadi dan biasanya hanya terjadi pada orang-orang yang sebelumnya mengalami trauma pergelangan tangan.

Rheumatoid arthritis. Suatu penyakit pada sendi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sendiri, rheumatoid arthritis bisa juga menyerang sendi pergelangan tangan. Jadi selain pergelangan tangan sakit, terjadi pula sakit akibat peradangan di sendi tubuh lainnya.

Kista ganglion. Kista jaringan lunak yang terjadi paling sering pada bagian pergelangan tangan dekat telapak tangan. Jika ini menekan saraf maka pergelangan tangan akan terasa sakit.

Penyakit Kienbock. Biasanya menyerang orang dewasa muda, terjadi kerusakan progresif pada salah satu tulang kecil di pergelangan tangan. Penyakit ini terjadi ketika pasokan darah ke tulang mengalami hambatan.

Cara Mengobati Sakit Pergelangan Tangan

Ada berbagai macam cara mengatasi nyeri pada pergelangan tangan, hal ini disesuaikan dengan penyebabnya sebagai berikut:

Mengatasi Sakit Pergelangan Tangan akibat carpal tunnel syndrome

  • Pastikan keyboard cukup rendah sehingga pergelangan tangan tidak menekuk ke atas saat mengetik.
  • Perbanyak istirahat dari kegiatan yang memperburuk rasa sakit. Misalnya melakukan jeda atau istirahat ketika sudah beberapa jam mengetik.
  • Seorang ahli terapi okupasional dapat menunjukkan cara untuk meringankan rasa sakit dan mencegahnya datang kembali.
  • Obat anti nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen atau naproxen dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.
  • Menggunakan mousepads, atau bantalan, keyboard split, dan splints pergelangan tangan dapat membantu mengurangi rasa sakit pergelangan tangan (konsutasikan dengan dokter mengenai hal ini)
wrist splint pergelangan tangan

wrist splint pergelangan tangan

Menangani Cedera Pergelangan Tangan

  • Istirahatkan pergelangan tangan posisikan lebih tinggi dari siku.
  • Terapkan kompress es pada daerah cedera atau bengkak.
  • Minum obat antinyeri, seperti ibuprofen atau acetaminophen.
  • Kenakan belat selama beberapa hari. Wrist splints dapat dibeli di banyak toko obat dan toko peralatan medis.

Baca juga: Cara Benar Mengobati Keseleo

Mengatasi Sakit Pergelangan Tangan akibat Radang Sendi (Arthritis)

  • Temui ahli terapi fisik untuk belajar yang terbaik dan paling aman untuk latihan pergelangan tangan.
  • Coba lakukan latihan pergerakan sendi pergelangan tangan setelah mandi air hangat sehingga pergelangan tangan tidak kaku.
  • JANGAN melakukan latihan aktif ketika pergelangan tangan meradang.
  • Beristirahat dari aktifitas yang memberi beban terhadap pergelangan tangan.

Untuk semua kebutuhan medis Anda, bagaimanapun akan lebih baik berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Sekian, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer