Radang Tenggorokan

Sering sekali kita mendengar jenis  penyakit yang disebut Radang Tenggorokan, mungkin anda sendiri pernah mengalaminya dimana tubuh dalam keadaan demam disertai atau tidak dengan flu dan batuk dan ketika itu terasa sakit di tenggorokan terutama saat menelan. Dalam keadaan seperti ini ketika Anda periksa ke dokter sering kali dikatakan bahwa ini “Radang Tenggorokan” Kata Dokter.

Radang tenggorokan merupakan istilah umum, yang menggambarkan adanya rasa sakit tenggorokan baik saat menelan ludah ataupun menelan makanan, bahkan dalam kasus yang berat tidak menelan juga terasa sakit. Ada berbagai organ yang terlibat yang menyebabkan sakit tenggorkan. Oleh karena itu lebih spesifik lagi kondisi ini akan dinamai sesuai dengan organ yang terlibat.

Faringitis
Faring adalah daerah tenggorokan tepat di belakang langit-langit mulut, merupakan saluran untuk makanan, cairan, dan udara. Proses Menelan akan menyalurkan makanan padat dan cair ke lambung melalui kerongkongan (esofagus). Faringitis adalah nyeri dan radang pada faring ini.

Tonsilitis
Tonsilitis merupakan peradangan pada amandel (tonsil terletak di kedua sisi pangkal lidah).

Laringitis
Laring, bagian atas tenggorokan (trakea), memiliki fungsi gatekeeper yang penting. Memungkinkan perjalanan udara masuk dan keluar dari paru-paru (melalui trakea), namun menghambat masuknya benda padat dan cairan. Produksi Suara pada pita suara merupakan fungsi lain yang penting dari laring. Laringitis adalah rasa sakit dan peradangan pada laring (sering dikaitkan dengan suara serak). Croup adalah suatu bentuk laringitis pada anak-anak (yang cenderung dikaitkan dengan batuk menggonggong  dan kesulitan menghirup udara).

Epiglotitis
Epiglotitis merupakan tipe radang tenggorokan yang jarang, merupakan peradangan pada epiglotis (struktur semitubular memisahkan laring dari pangkal lidah). Masalah atau peradangan bagian ini dapat menimbulkan keadaan darurat karena jalan napas akan cepat menyempit bahkan tersumbat sama sekali.

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh virus (paling sering akibat virus yang sama dengan yang menyebabkan pilek/flu atau penyakit saluran pernapasan atas) atau bakteri (seperti infeksi dengan bakteri streptokokus yang biasa disebut strep throat). Satu macam virus yang terkenal sebagai salah satu penyebab Radang tenggorokan adalah Mononucleosis infectiosa.

Jamur Candida dapat menyebabkan peradangan pada tenggorokan dan infeksi tenggorokan pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Radang Tenggorokan juga bisa disebabkan oleh bahan kimia (racun yang dihirup seperti asap rokok), cedera (gesekan dari fragmen tulang), alergi atau postnasal drip, atau, jarang, kanker (kanker dini seringkali muncul dengan gejala nyeri).

Perawatan medis tertentu dapat menyebabkan juga menyebabkan Sakit Tenggorokan dan berujung pada peradangan mislnya operasi amandel, manajemen saluran napas  selama operasi, atau pengobatan kanker dengan kemoterapi atau radiasi.

Lebih lanjut silahkan baca : Penyebab Radang Tenggorokan

Tanda dan Gejala Radang Tenggorokan

Gejala Radang Tenggorokan dapat merupakan gejala umum yang terjadi di seluruh tubuh seperti demam, sakit kepala, mual, dan lemah. Gejala ini muncul baik akibat infeksi virus atau bakteri.

Gejala khusus yang terjadi pada tenggorokan termasuk rasa sakit saat menelan untuk faringitis dan suara serak pada laringitis. Virus lebih cenderung menyebabkan batuk dan pilek daripada bakteri.

Tanda-tanda Radang Tenggorokan meliputi:

  • Nanah di permukaan amandel (dapat terjadi dengan bakteri atau virus)
  • Kemerahan dari orofaring (faring dilihat dari mulut)
  • Kelenjar getah bening leher membesar dan sakit saat ditekan
  • Cenderung Meludah (karena menelan ludah terasa sakit)
  • Kesulitan bernapas
  • Vesikel (gelembung cairan dengan dasar merah) di rongga mulut atau orofaring dapat menunjukkan adanya virus coxsackie atau virus herpes simpleks

 

Radang tenggorokan dan amandel (tonsilitis)

streptococcus

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptococcus

Dua-pertiga dari orang dengan radang tenggorokan akibat bakteri mengalami hanya kemerahan dengan tidak ada nanah pada amandel. Lebih lanjut baca: Gejala Radang Tenggorokan

Pengobatan Radang Tenggorokan

Pengobatan untuk Radang Tenggorokan tergantung pada penyebab pastinya. Antibiotik dapat menyembuhkan infeksi bakteri tetapi tidak efektif dalam infeksi virus. Tidak ada obat medis untuk sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, dan perawatan suportif biasanya diperlukan pada semua penyebab. Orang dengan epiglotitis biasanya memerlukan antibiotik IV dan masuk rumah sakit, beberapa orang mungkin memerlukan bantuan pernapasan (intubasi).

Perawatan Radang Tenggorokan yang dapat dilakukan di rumah.

  • Pengobatan nyeri merupakan prioritas utama untuk meringankan Radang tenggorokan dalam hal ini dapat menggunakan Paracetamol sebagai analgetik-antipiretik (antidemam-antinyeri). Meskipun efeknya kuang bagus untuk lambung, NSAID (non-steroid anti-inflammatory drugs, seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen) sering penghilang rasa sakit yang lebih efektif daripada parasetamol.
  • Berkumur dengan air garam (Garam dapur dicampur dengan air hangat dan berkumur)
  • Minum banyak cairan sangat penting. Demam dapat meningkatkan kebutuhan cairan, dan sakit saat menelan dapat menurunkan asupan cairan.
  • Bila sulit minum, penting sekali mengurangi kebutuhan tubuh terhadap cairan seperti dengan istirahat dan dan menurunkan demam.
  • Pilih cairan berkualitas tinggi seperti sup kaldu (menggantikan kehilangan baik garam dan air) dan cairan gula  (membantu tubuh menyerap cairan lebih cepat).
  • Hindari kafein karena dapat menyebabkan kehilangan air.
  • Tambah Waktu Tidur. Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan, terutama jika virus adalah penyebabnya. Malaise (rasa lemah, lemas) adalah seruan tubuh untuk beristirahat.

Untuk obat-obatan lainnya termasuk antibotik dan lain-lain serahkan pada dokter yang merawat anda.

Lebih lanjut mengenai pengobatannya silahkan baca:

Cara Mencegah Radang Tenggorokan

  • Hindari kontak langsung dengan penderita radang tenggorokan
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh barang-barang atau fasilitas umum.
  • Hindari memakai alat makan/minum bersama-sama saling tukar apalagi saling tukar dengan orang yang sedang mengalami Radang Tenggorokan.

Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer