Rambut Rontok | Jenis-Jenis Rambut Rontok

rambut rontokSetiap orang pasti pernah mengalami rambut rontok, ada yang rontoknya sedikit-sedikit ada juga yang rontoknya banyak-banyak sampai rambutnya hampir habis bahkan sampai botak. Jika seseorang mengalami rambut rontok, ia harus mengetahui apakah itu normal ataukah suatu penyakit serius yang memerlukan pengobatan khusus. Oleh karena itu disini saya tuliskan artikel yang bertema Jenis-jenis Rambut Rontok.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis rambut rontok, perlu diketahui pertumbuhan normal rambut itu sendiri, agar mudah difahami nantinya.

Rambut dalam tubuh kita memiliki akar atau folikel rambut yang terletak pada kulit, folikel rambut ini memiliki siklus yang dipengaruhi oleh umur, penyakit dan banyak faktor lainnya. Siklus hidup folikel rambut ini memiliki 3 fase :

Anagen – pertumbuhan rambut aktif. Berlangsung 2- 6 tahun
Catagen –  transisi. Berlangsung 2 – 3 minggu
Telogen – Fase istirahat. Pada akhir fase istirahat (dua sampai tiga bulan)  siklus pertumbuhan dimulai lagi untuk membuat rambut baru.

Jenis-Jenis Rambut Rontok

Rambut Rontok dalam istilah kedokteran disebut dengan Alopecia, Jenis rambut rontok (alopecia) ada banyak, diantaranya :

Rambut Rontok Normal
Kerontokan rambut yang menyebabkan penipisan rambut secara bertahap seiring dengan bertambahnya usia adalah suatu kondisi alami yang dikenal sebagai alopecia involusional. Hal ini terajadi, karena folikel rambut semakin banyak masuk ke telogen, atau istirahat, dan bulu-bulu yang tersisa menjadi lebih pendek dan kurang jumlahnya.

Alopecia Androgenik
Alopecia Androgenik merupakan rambut rontok yang dipengaruhi oleh kondisi genetik yang dapat mempengaruhi baik pria maupun wanita. Pria dengan kondisi ini dapat mulai menderita kerontokan rambut pada usia remaja atau awal 20-an, sedangkan kebanyakan wanita tidak mulai mengalami kerontokan rambut pada usia 40-an atau lebih tua.

Alopecia Areata
Rambut rontok pada area tertentu pada anak-anak dan dewasa muda, rambut rontok sering terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat menyebabkan kebotakan lengkap, namun sekitar 90% kasus rambut dapat tumbuh kembali, biasanya dalam beberapa tahun.

 

alopecia areata rambut rontok pada area tertentu atau botak pada area tertentu

Alopecia areata – Kerontokan rambut pada area tertentu

Alopecia Universalis
Pada alopecia universalis, semua rambut tubuh rontok.

Trikotilomania
Rambut rontok pada trikotilmania ini terjadi karena disengaja akibat penderita mencabuti rambutnya sendiri, penyakit ini merupakan gangguan psikologis yang terlihat paling sering pada anak-anak.

Telogen effluvium
Rambut menipis di atas kulit kepala yang terjadi karena perubahan dalam siklus pertumbuhan rambut. Sejumlah besar rambut memasuki fase istirahat pada waktu yang sama, menyebabkan Rambut rontok dan rambut dikepalanya terlihat menipis.

Sekian Jenis-Jenis Rambut Rontok yang dapat saya rangkumkan, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer