Sakit Kuning

Sakit kuning merupakan suatu istilah orang awam terhadap penyakit yang ditandai dengan kuning pada mata, kulit, dan air seni. Dari segi medis atau dunia kedokteran kuning bisa disebabkan oleh meningkatnya suatu zat yang bernama billirubinhiperbilirubinemia” dan dapat juga disebabkan meningkatnya kadar karoten dalam darah disebut “karotenemia“.

Untuk yang pertama “bilirubin“, secara normal dalam darah kita terdapat zat bilirubin ini yang merupakan hasil sampingan dari pecahnya “mati” sel-sel darah merah yang rata-rata berumur 120 hari.  Kemudian di olah oleh hati menjadi bilirubin yang terkonjugasi. Kadar normal bilirubin total dalam darah (0,3-1 mg/dl) bisa menimbulkan kuning jika mencapai kadar lebih dari 2 mg/dl.

Jadi, apabila terjadi ketidaknormalan pada sel darah merah yakni sel darah merah mudah pecah, ataupun kerusakan pada hati maka menyebabkan meningkat dan menumpuknya bilirubin ini dalam pembuluh darah, sebagai hasilnya air kencing, bagian putih mata, dan kulit menjadi berwarna kuning.

ikterik sakit kuning, hepatitis

Gangguan pada sel darah merah misalnya akibat anemia sel sabit, talasemia, dan penyakit infeksi malaria.

Gangguan pada hati berupa hepatitis baik itu yang disebabkan oleh alkohol, obat-obatan, yang besifat racun untuk hati disebut dengan istilah hepatotoxic. Hepatitis juga sering disebabkan oleh infeksi virus seperti virus Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, sampai Hepatitis E, dan leptosprosis yang disebabkan oleh leptospira. Gangguan pada saluran empedu seperti tersumbat atau obstruksi bilier juga merupakan salah satu penyebab.

Untuk yang kedua “karoten” zat ini juga berwarna kuning akan tetapi zat ini berasal dari luar tubuh yaitu banyak terdapat pada buah wortel, sayur dan buah berwarna hijau dan kuning. Sehingga apabila seseorang terlalu banyak makan-makanan tersebut jika metabolisme tubuh kurang bagus aan membuat kadar karoten dalam darah meningkat akibatnya akan kuning juga.

Lalu apa beda sakit kuning akibat bilirubin dan karoten ini?
Kasih tahu gak ya.. Hehe.. Kasih tahu aja deh. Jadi kalau kuning karena krotenemia kuningnya gak sampai mata, yang kuning hanya kulit dan telapak kaki serta telapak tangan, ketika pasien ditanya habis makan apa? Menjawab, habis makan wortel, dan sebagainya seperti disebut diatas. Sedangkan kuning karena bilirubin kuningnya sampai kemata dalam bahasa medis disebut “ikterus“.

Apa yang harus dilakukan jika sakit kuning?
Apabila anda atau kerabat anda sakit kuning, dengan gejala-gejala : air seni berwarna kuning pekat kecoklatan seperti teh, bagian putih mata menjadi kuning, kulit kuning dan terkadang terasa gatal dan terkadang pula feses atau kotoran berwarna pucat seperti dempul yang harus dilakukan yaitu segera periksakan diri ke Dokter. Nanti dokter akan memeriksa dengan teliti bila perlu ditambah pemeriksaan darah untuk menegakkan diagnosis, biar ketahuan apa penyebabnya dan pentalaksanaan selanjutnya.

Sekian, sedikit cerita dibalik misteri sakit kuning. Semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer