20 Penyebab Sakit Perut Kanan Atas dan Obatnya

Sakit perut bisa terjadi di mana saja, untuk memudahkan dalam mencari penyebabnya, maka sakit perut dibagi menjadi empat (kuadran) kelompok berdasarkan lokasinya, yakni sakit perut sebelah kanan atas, kanan bawah, kiri atas dan kiri bawah. Kali ini akan kita bahas secara khusus tentang penyebab sakit perut kanan atas beserta penanganan yang tepat berdasarkan ilmu kedokteran terkini.

Perlu kita ketahui bahwa ada banyak organ yang terletak di perut kanan atas, seperti hati, kantung empedu, ginjal, lapisan dinding perut, jaringan saraf, kulit, dan lain-lain. Semua gangguan pada organ-organ dan struktur ini bisa menyebabkan rasa sakit, bahkan organ yang terletak di luar kudaran kanan atas juga bisa menimbulkan rasa sakit akibat jalur saraf yang sama. Sebagai contoh penyakit pada paru-paru kanan bawah yang sebenarnya bukan terletak di perut melainkan di rongga dada, namun ketika ada masalah pada bagian ini, maka akan menimbulkan rasa sakit juga pada perut sebelah kanan atas.

sakit perut kanan atas mediskus

Sebagai pengantar, kita akan membagi sakit perut sebelah kanan atas menjadi dua kelompok berdasarkan durasi sakitnya, untuk durasi sakit yang sebentar kita sebut dengan akut, sedangkan durasi yang berkepanjangan kita sebut dengan istilah kronis.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas Akut

Akut berarti muncul tiba-tiba dan baru saja terjadi alias belum berlangsung lama (kurun waktu hari-minggu), nyeri perut di kuadran kanan atas akut bisa timbul akibat dari:

Batu empedu

Batu empedu di kandung empedu biasanya menyebabkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Tidak ada gejala pada kebanyakan kasus
  • Kram nyeri di bawah tulang rusuk kanan bawah (kolik bilier) muncul tak lama setelah makan berat (terutama berlemak), yang berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam dan sering menjalar ke punggung bagian atas atau bahu kanan
  • Mual atau muntah (hanya kadang-kadang dan hanya bersama-sama dengan rasa sakit)
  • Penyakit kuning, demam atau kedinginan biasanya hanya muncul ketika saluran empedu tertutup
  • Batu empedu jarang terjadi pada anak-anak.

Pemeriksaan yang diperlukan untuk melihat adanya batu pada kandung empedu antara lain dengan USG, CT Scam, MRI khusus atau ERCP. Leukosit darah pada pasien batu empedu biasanya normal, tetapi sering meningkat bila saluran empedu terhambat dan terjadi peradangan.

Gangguan di Ginjal Kanan

Peradangan pada jaringan ginjal – glomerulonefritis karena reaksi terhadap bakteri (streptokokus) infeksi tenggorokan atau obat tertentu, dan infeksi ginjal ( pielonefritis ) pada ginjal kanan dapat mengakibatkan:

  • Rasa sakit dan nyeri di bawah tulang rusuk kanan bawah di belakang atau di sisi kanan perut bagian atas
  • Demam
  • Pembengkakan wajah di pagi hari atau pembengkakan seluruh tubuh
  • Rasa sakit terbakar saat buang air kecil, berubah warna dan bau urin
  • Jarang buang air kecil

Pemeriksaan yang diperlukan antara lain USG yang menunjukkan adanya peradangan ginjal. Tes darah biasanya menunjukkan sel-sel darah putih yang meningkat. Tes urine bisa menunjukkan adanya sel-sel darah putih dan merah serta protein (pada glomerulonefritis) dan bakteri (pada pielonefritis).

Batu saluran kemih yang tedapat pada ginjal kanan atau di bagian ureter kanan atas dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas sampai punggung belakang, kadang-kadang menjalar ke arah pangkal paha dan paha bagian dalam kanan dan berlangsung dari beberapa menit sampai satu jam. Gejala lain berupa rasa terbakar saat buang air kecil dan darah dalam urin.

Gangguan Hati

Peradangan pada hati atau hepatitis bisa terjadi akibat infeksi virus, obat-obatan, dan alkohol. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit perut sebelah kanan atas.

Virus hepatitis dapat menyebabkan:

  • Nyeri, perasaan kenyang di bawah tulang rusuk kanan bawah (perut kanan atas)
  • Penyakit kuning
  • Tinja pucat dan urin gelap
  • Mual muntah
  • demam ringan
  • pembesaran hati dan nyeri

Tes darah menunjukkan antibodi dan antigen spesifik untuk hepatitis A, B, C, D atau E; enzim hati akan meinggi.

Mononucleosis infeksiosa, infeksi yang disebabkan oleh Epstein Barr virus (EBV), dapat menyebabkan nyeri kuadran kanan atas karena pembesaran hati. Gejala khas lainnya adalah sakit tenggorokan, pembesaran kelenjar getah bening, demam dan kelelahan. Diagnosis infeksi akut dengan mencari antibodi EBV IgM dalam darah.

Gangguan akut Hati lainnya yang dapat menyebabkan sakit perut kuadran kanan atas, diantaranya: abses hati, amebiasis hati, hepatitis toksik (keracunan), anemia hemolitik dan lain-lain.

Gangguan Kelenjar adrenal

Infark kelenjar adrenal dan pheocromocytoma dapat menyebabkan rasa sakit kuadran kanan atas yang begitu hebat. Diagnosisnya adalah dengan pemeriksaan CT scan atau MRI.

Pneumonia

Pneumonia bakteri atau paru-paru basah yang mempengaruhi paru-paru kanan biasanya menyebabkan gejala-gejala seperti ini:

  • Sakit dada kanan dan terkadang nyeri perut kanan atas
  • Berkeringat karena demam tinggi
  • Kelelahan yang parah
  • Batuk dengan dahak kuning / hijau
  • Napas cepat
  • Bibir kebiruan

Pemeriksaan yang diperlukan yaitu rongsen dada, tes darah yang menunjukkan sel-sel darah putih yang sangat tinggi.

Pleurisy

Pleuritis (pleuritis) adalah peradangan selaput yang menutupi paru-paru – akibat infeksi (flu, radang paru-paru, TBC, cedera dan sebagainya), penyakit autoimun (rheumatoid arthritis, SLE) atau emboli paru.

Gejala utama:

  • Dada (dan nyeri perut bagian atas) selama menghirup dan menghembuskan napas atau bersin dan batuk tapi hampir tidak ada rasa sakit saat bernapas.
  • Sesak napas
  • Batuk kering
  • Demam atau kedinginan (tidak selalu)

Diagnosis dapat sering disimpulkan dari gejala; jika tidak, X-ray khusus atau CT scan dapat dilakukan.

Cedera

Tegang atau pecahnya otot dinding perut (sering terjadi pada atlet), biasanya menyebabkan nyeri perut yang memburuk dengan pernapasan, peregangan bagian atas tubuh atau bergerak. Dinding perut yang menonjol dan terasa nyeri dengan sentuhan, berwarna kebiruan mungkin muncul karena hematoma (memar) yang terbentuk dalam otot.

Fraktur atau patah tulang dari satu atau lebih tulang rusuk kanan bawah dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas yang dipicu oleh pernapasan dan perubahan postur tubuh.

Herpes zoster

Herpes zoster ditandai dengan ruam yang menyakitkan muncul pada satu atau lebih saraf yang menjalar dari bagian dada dari sumsum tulang belakang ke arah dinding perut, biasanya hanya pada satu sisi tubuh, kanan saja atau kiri saja. Kadang-kadang yang ada hanya rasa sakit, tanpa munculnya ruam. Penyebabnya adalah reaktivasi dari virus dari infeksi Herpes zoster sebelumnya.

Abses bawah Diafragma

Beberapa minggu setelah operasi perut, laparoskopi, bedah caesar, usus buntu, cedera atau perforasi organ perut, kumpulan nanah (abses) dapat berkembang di bawah bagian kanan diafragma ( abses subphrenic ) menyebabkan nyeri kuadran kanan atas, dada kanan atau nyeri bahu kanan , demam, batuk dan pernapasan dangkal.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas Kronis

Penyakit kronis berarti penyakit yang berlangsung lama atau jangka panjang (berulang), hal ini bisa merupakan penyakit lanjutan dari penyebab sakit perut kanan atas akut seperti di atas atau berdiri sendiri artinya dari awal memang sifat penyakit adalah kronis.

Gangguan Kandung empedu dan saluran empedu

Kantong empedu atau saluran empedu bisa terkena batu, kanker, penyumbatan saluran empedu, dan peradangan  kronis. Semua kondisi ini dapat menyebabkan nyeri kram yang berulang di perut bagian kanan atas.

Penyakit Hati (Liver) Kronis

Fatty liver, hepatitis virus kronis, sirosis hati dan gagal jantung kongestif semua dapat menyebabkan sakit perut kanan atas kronis, mual dan sakit kuning. Tes darah (panel hati) dan USG abdomen diperlukan untuk diagnosis.

Kanker hati atau metastasis, limfoma dan leukemia muncul dengan gejala yang disebutkan di atas, ditambah dengan nafsu makan yang buruk, kelelahan dan penurunan berat badan . Untuk diagnosis diperlukan tes darah, CT scan, MRI dan biopsi hati.

Atypical Pneumonia

Pneumonia yang disebabkan oleh virus, Mycoplasma atau riketsia, yang mempengaruhi paru-paru kanan dapat menyebabkan:

  • Sakit dada sebelah kanan atau nyeri perut kanan atas
  • demam ringan
  • Batuk kering
  • Kelelahan, merasa tidak sehat

Pleurisy kronis

Radang selaput dada kronis dapat disebabkan oleh asbestosis, silikosis, TBC, mesothelioma, kanker paru-paru, dll. Gejala seperti di pleuritis akut (lihat di atas).

Gangguan lambung, duodenum dan pankreas

Gangguan lambung, duodenum dan pankreas yang biasanya menyebabkan nyeri perut bagian atas tengah kadang-kadang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas.

Kanker

Kanker atau metastasis kanker di hati, kandung empedu, lambung atau pankreas dapat menyebabkan sakit perut kuadran kanan atas. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan adalah gejala umumnya.

Pengobatan Sakit Perut Kanan Atas

Pengobatan sakit perut sebelah kanan atas dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya, keprahannya, usia pasien, dan kondisi kesehatan secara umum. Dalam hal ini tentu saja diperlukan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter, tidak hanya dengan pemeriksaan fisik biasa, tetapi jika diperlukan juga membutuhkan pemeriksaan penunjang seperti USG, rongsen dan sebagainya seperti disebutkan di atas. Tak lain dan tak bukan tujuannya adalah mencari penyebab pasti sehingga pengobatan menjadi tepat sasaran.

Segera periksalah ke dokter apabila mengalami sakit perut sebelah kanan atas mendadak yang parah disertai demam, menggigil, mual atau muntah. Gejala lainnya, termasuk nyeri dengan buang air kecil, sakit kuning (kulit kuning atau putih mata menguning), sakit punggung yang parah, yang menyertai nyeri dada, berkeringat, atau diare berlimpah selama lebih dari satu hari.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer