Semua Tentang Penyakit Chikungunya

Sejarah dan Pengertian penyakit chikungunya

Chikungunya merupakan sejenis penyakit yang diperantarai oleh nyamuk. Penyakit ini pertama kali ditemukan berdasarkan hasil pemeriksaan darah pada tahun 1953 di Tanzania. Sejak saat itu penyakit Cikungunya terdapat di negara-negara Afrika, Asia dan akhir-akhir ini juga terdapat di beberapa Negara Eropa. Cikungunya menjadi penyakit endemik di negara sub-Sahara Afrika, India, Asia Tenggara, Filipina dan termasuk Indonesia

Gejala Penyakit Chikungunya

Gejala  Chikungunya yang sering kali kita jumpai yaitu berupa demam seperti halnya penyakit infeksi lainnya. Demam dapat berlangsung 1 hingga 7 hari (biasanya 5 hari). Penyebab Penyakit Cikungunya ini  adalah virus dari genus Alphavirus, Family Togaviridae.

Virus tersebut dapat meng-Infeksi manusia melalui gigitan nyamuk aedes albopictus dan aedes aegypti (nyamuk yang sama dengan penyebab demam berdarah).

Lebih lengkap, Karakteristik atau Gejala Chikungunya berupa :

  • Demam mendadak tinggi
  • Sakit pada persendian (khas) terutama pada lengan dan lutut
  • Nyeri pinggang
  • Sakit kepala
  • Ruam pada kulit tubuh
Penularan penyakit Cikungunya

Siklus Penularan Cikungunya

Apakah penyakit Chikungunya mematikan?
Di Indonesia, chikungunya tidak pernah dilaporkan dapat menyebabkan kematian. Tetapi, sesetengah dari penderita mengalami gejala yang berkepanjangan. Penderita berusia tua dapat mengalami sakit berulang pada sendi yang dapat berlangsung beberapa bulan atau tahun.

Bagaimana mengobati Penyakit Chikungunya?
Tidak ada perawatan khusus pada penyakit Chikungunya ini, Seperti hal nya pada penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh virus. Pengobatan yang diberikan bersifat simtomatis, artinya untuk mengobati gejala yang ditimbulkannya saja seperti mengobati demam, nyeri sendi, sakit kepala, dll., serta meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, kebanyakan dokter menyarankan untuk rawat jalan saja bagi penderita cikungunya ini.

Apa yang harus diwaspadai jika terjangkit penyakit Chikungunya?
Jika mengalami tanda-tanda dan gejala penyakit chikungunya seperti disebutkan diatas, segera memeriksakan diri ke klinik atau Rumah sakit terdekat.

Cara mencegah penyakit chikungunya :

Mencegah penyakit chikungunya otomatis mencegah juga penyakit demam berdarah karena penyebab kedua penyakit ini adalah nyamuk yang sama.

  • Selalu bersihkan lingkungan rumah agar tidak menjadi tempat perindukan nyamuk sehingga bebas dari nyamuk Aedes.
  • Periksa rumah dan lingkungan sekitar sekurang-kurangnya seminggu sekali untuk memastikan tidak ada pembiakan nyamuk Aedes.
  • Segera memeriksakan diri ke klinik atau Rumah sakit terdekat apabila mengalami tanda dan gejala penyakit chikungunya.

Karena penyakit chikungunya sebenarnya bisa kita cegah ayo sama-sama kita lakukan pada lingkungan kita, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

Baca Juga:

Tulis Komentar / Konsultasi tentang Semua Tentang Penyakit Chikungunya

Loading Facebook Comments ...

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer