Sering Sakit Kepala, Apakah Perlu CT Scan?

Banyak orang yang mengalami sering sakit kepala ingin diperiksa CT scan atau MRI untuk melihat apakah sakit kepalanya itu disebabkan oleh penyakit berbahaya seperti tumor otak atau masalah serius lainnya.

Akan tetapi, sebagian besar pemeriksaan CT scan tidak diperlukan. Berikut alasannya:

CT scan jarang membantu mendiagnosis masalah sakit kepala

Kebanyakan orang yang mencari bantuan medis untuk mengobati sakit kepala kebanyakan jenis sakit kepalanya adalah migrain atau sakit kepala tipe tegang (tension headache). Lebih lanjut silahkan baca: Jenis-jenis sakit kepala beserta gejalanya

Sakit kepala memang bisa menyakitkan, dan migrain kadang-kadang datang dengan gejala yang sangat mengganggu, seperti perubahan visual. Dan tentunya akan membuat penderita bertanya-tanya jangan-jangan ada suatu penyakit yang berbahaya seperti tumor atau kanker otak.

Untuk mendiagnosis sakit kepala dokter akan melakukan wawancata mengenai riwayat medis, baru kemudian akan melakukan pemeriksaan neurologis, yang biasanya menguji hal-hal seperti refleks, fungsi sensorik, dan motorik. Apabila terdapat suatu ketidak normalan pada pemeriksaan atau dokter belum dapat menyimpulkan apapun baru ia akan menganjurkan CT scan atau MRI. Dan perlu diketahui, penelitian menunjukkan bahwa untuk orang dengan riwayat medis dan pemeriksaan neurologis yang normal, pemeriksaan CT scan tidak mungkin dapat mengungkapkan masalah mendasar yang lebih serius.

Lalu Kapan pemeriksaan CT scan diperlukan untuk sakit kepala?

CT scan mungkin diperlukan jika pasien memiliki hasil pemeriksaan neurologis abnormal atau dokter tidak dapat mendiagnosis sakit kepala berdasarkan gejala dan pemeriksaan.

CT scan kepala

contoh alat CT scan

Computed Tomography ( CT scan ) adalah pemeriksaan pencitraan yang menggunakan sinar X dan komputer untuk menghasilkan gambar penampang tubuh dalam hal ini kepala (CT Scan kepala).  CT scan ini dapat membantu dokter melihat penyebab sakit kepala yang dapat dideteksi dengan CT scan seperti:

Maka segeralah hubungi dokter apabila:

  • Sakit kepala terjadi tiba-tiba dan berat.
  • Sakit kepala yang sekarang lebih parah dibanding sebelum-sebelumnya, terutama bagi yang beruaia 50 tahun atau lebih.
  • Sakit kepala yang disebabkan oleh aktivitas.
  • Sakit kepala disertai demam, kejang, muntah, kehilangan koordinasi, atau perubahan dalam penglihatan, ucapan, atau kewaspadaan.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum CT scan?

  • Jangan makan apa-apa 4-jam sebelum CT scan dilakukan.
  • Jika ada, lanjutkan minum obat seperti biasa. (Baca: Obat sakit kepala)
  • Kebanyakan scan memakan waktu15-60 menit.
  • Konsultasikan dengan dokter jika memiliki pertanyaan.

4 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer