Tabel Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal

Berapakah tekanan darah normal pada orang dewasa? Inilah pertanyaan yang sering keluar ketika seseorang baru saja memeriksakan tensi atau tekanan darahnya. Apalagi bagi yang jarang atau bahkan belum pernah periksa tensi darah sama sekali.

Ketika tekanan darah kita diperiksa, maka petugas kesehatan atau dokter akan memberi tahu kita hasilnya, dikatakan: “Pak, tekanan darahnya 110 per 70 (110/70), ini normal pak…” namun ada juga yang tidak mengatakan apakah tekanan darahnya normal atau tidak, jadi pasien berfikir sebenarnya berapa nilai normal tekanan darah.

Sebagai seorang dokter kerap kali saya menjumpai pasien yang merasa sok tahu persepsinya tentang tekanan darah normal masih belum tepat, sebut saja Bapak A, usia 55 tahun, tekanan darahnya 145/90 mmHg, dia katakan: “oh… masih normal.. saya kan sudah tua” seketika itu langsung saya luruskan: “Pak.. berapapun usia bapak, tetap saja kita gunakan acuan tekanan darah normal pada dewasa (Jadi usia lanjutpun acuannya sama dengan yang usia 20-an, yang penting dewasa)”.

Memahami Hasil Pemeriksaan Tekanan Darah

Dari beberapa contoh ilustrasi di atas kita dapati hasil pemeriksaan tekanan darah terdiri dari dua kelompok angka yang dipisahkan oleh garis miring (baca: per), 120/80 mmHg, selanjutnya angka yang pertama kita sebut dengan angka atas dan angka setelahnya (setelah garis miring) kita sebut dengan angka bawah kemudian ditutup dengan satuan mmHg (milimeter air raksa).

Angka Atas (Tekanan Darah Sistol)

Ketika jantung berdetak, ada fase ketika jantung memompa atau berkontraksi (seperti balon menyempit) untuk mendorong darah melalui arteri ke seluruh tubuh. Gaya ini menimbulkan tekanan pada arteri. Tekanan inilah yang tercatat sebagai angka atas atau disebut degan tekanan darah sistolik.

Baca juga: Detak Jantung Normal

Pada orang dewasa, tekanan darah sistolik normal adalah sama dengan atau lebih rendah dari 120 mmHg. Ketika didaptkan tekanan darah sistolik 120-139 mmHg itu artinya tekanan darah normal yang lebih tinggi dari nilai ideal (prehipertensi), kalau nilainya 140 atau diatasnya maka sudah masuk darah tinggi (hipertensi)

Angka Bawah (Tekanan Darah Diastol)

Angka bawah atau disebut juga dengan tekanan darah diastolik menunjukkan tekanan pada arteri saat jantung beristirahat di antara kontraksi. Tekanan darah diastolik normal adalah sama dengan atau lebih rendah dari 80 mmHg.

Tekanan darah diastolik antara 80 dan 89 adalah normal tetapi lebih tinggi dari ideal. Sedangkan tekanan darah diastolik yang nilainya 90 atau lebih maka dianggap hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal

Untuk memudahkan kita dalam mengingat dan mengetahui interpretasi dari hasil pemeriksaan tekanan darah yang kita lakukan, maka berikut ini kami sajikan tekanan darah normal, rendah, dan tinggi dalam bentuk tabel.

tabel tekanan darah normal

Informasi lebih lanjut silahkan baca:

Tips Agar Tekanan Darah Normal Terus

Lakukan Pemeriksaan Rutin

  • Jika saat ini tekanan darah normal (kurang dari 120/80 mmHg), maka lakukan pemeriksaan lagi setidaknya sekali setiap lima tahun. Namun, saat usia bertambah tekanan darah cenderung meningkat maka bisa lebih sering sesuai anjuran dokter.
  • Jika tekanan darah di atas normal sistolik antara 120 dan 139 atau tekanan darah diastolik antara 80 dan 89 mmHg, maka periksalah ulang setidaknya setahun sekali, atau lebih sering sesuai anjuran dokter.
  • Jika tekanan darah tinggi 140/90 mmHg atau lebih tinggi, maka konsultasilah dengan dokter karena biasanya dianjurkan minum obat darah tinggi.

mengukur tekanan darah normal

Tips Gaya Hidup Sehat Agar Tekanan Darah Normal

  • Olahraga. Olah raga akan membuat pembuluh darah lebih elastis dan memperkuat otot jantung, mengurangi stres, dan membantu menurunkan berat badan.
  • Jaga Berat Badan Ideal. Berat badan berlebih merupakan risiko darah tinggi, jadi kalau ingin tekanan darah normal terus maka jagalah berat bedan tetap ideal.
  • Makan sehat. Studi klinis menunjukkan bahwa diet tinggi buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, biji-bijian, unggas, ikan, dan kacang-kacangan dan menghindari lemak, daging merah, makanan asin dan gula berlebih dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Baca juga Pantangan Darah Tinggi.
  • Hindari rokok dan Alkohol. Ini adalah dua kebiasaan buruk yang dapat menganggu tekanan darah normal. Alkohol meningkatkan tekanan darah, Nikotin dalam asap rokok menyebabkan pembuluh darah mengerut dan meningkatkan tekanan darah.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer