Tekanan Darah Tinggi – Definisi, Gejala, dan Penyebab

Definisi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi, disebut juga hipertensi, merupakan kondisi medis di mana tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Bagaimana tekanan darah tinggi bisa terjadi?
Tekanan darah ditentukan oleh dua faktor, yaitu jumlah (volume) darah yang dipompa jantung dan besarnya resistensi pembuluh darah arteri terhadap aliran darah. Artinya sesuai dengan hukum fisika, Semakin banyak darah yang dipompa jantung dan semakin sempitnya pembuluh darah arteri, maka tekanan darah akan semakin meningkat.

darah tinggi hipertensi

ilustarsi tensi darah

Ketika dilakukan pengukuran tekanan darah dan ternyata hasilnya tinggi, tidak serta merta orang tersebut divonis memiliki tekanan darah tinggi. Untuk menentukan atau mendiagnosis bahwa seseorang memiliki tekanan darah tinggi setidaknya telah dilakukan pemeriksaan tekanan darah (tensi) tiga kali pada waktu yang berbeda (setidaknya berjarak 5 menit) pada saat kondisi istirahat nyaman dengan hasil lebih dari atau sama dengan 140/90 mmHg.

Seseorang dapat memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) selama bertahun-tahun tanpa mengalami gejala apa-apa. Sehingga tak jarang seseorang diketahui memiliki darah tinggi secara tidak sengaja ketika periksa ke dokter karena penyakit yang lain. Oleh karena itu, kesadaran memeriksakan tekanan darah sangatlah penting untuk deteksi dini sekaligus mengontrol jika sudah memilki darah tinggi dan dalam masa pengobatan.

Tekanan darah tinggi biasanya berkembang selama bertahun-tahun, dan itu mempengaruhi hampir semua orang pada akhirnya. Untungnya, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah dideteksi. Dan setelah diketahui memiliki tekanan darah tinggi, maka dapat dilakukan pengobatan untuk mengontrolnya. Karena, tekanan darah tinggi yang dibiarkan tinggi terus alias tidak terkontrol, akan meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, termasuk serangan jantung dan stroke.

Gejala Tekanan Darah Tinggi

Kebanyakan orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak memiliki tanda-tanda atau gejala, bahkan jika ternyata setelah ditensi tekanan darahnya mencapai level tinggi yang berbahaya.

Meskipun begitu, beberapa orang dengan tekanan darah tinggi tahap awal mungkin mengalami sakit kepala, pusing atau mimisan, tanda-tanda dan gejala tersebut biasanya terjadi ketika tekanan darah tinggi sudah parah – bahkan pada tahap yang mengancam jiwa -.

Oleh karena itu periksalah tekanan darah (tensi) Anda secara rutin :

  • Untuk usia 18 tahun atau lebih periksa setiap dua tahun sekali.
  • Anak usia 3 tahun dan lebih biasanya diperiksa tekanan darahnya sebagai bagian dari checkup tahunan.
  • Bagi yang sudah terdeteksi memiliki tekanan darah tinggi pemeriksaan akan lebih sering sesuai dengan petunjuk dokter yang merawat anda.

Lebih lanjut, silahkan baca: Gejala Darah Tinggi

Penyebab tekanan darah tinggi

Penyebab tekanan darah tinggi sesuai dengan jenis tekanan darah tinggi itu sendiri, ada dua jenis tekanan darah tinggi (hipertensi).

Hipertensi primer (esensial)
Hipertensi primer merupakan jenis hipertensi terbanyak bagi orang dewasa, disebut primer atau esensial atau idiopatik karena penyebabnya tidak diketahui dan hipertensi jenis ini cenderung terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun.

Hipertensi sekunder
Pada Hipertensi sekunder ini, terjadinya tekanan darah tinggi disebabkan oleh kondisi atau penyakit yang mendasarinya. Hipertensi sekunder ini cenderung muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Berbagai kondisi dan obat-obatan yang dapat menyebabkan hipertensi sekunder, diantaranya:

  • Penyakit ginjal
  • Tumor kelenjar adrenal
  • Cacat tertentu dalam pembuluh darah sejak lahir (bawaan)
  • Obat-obat tertentu, seperti pil KB, obat flu, dekongestan, penghilang rasa sakit dan beberapa obat resep
  • Obat-obatan terlarang, seperti kokain dan amfetamin

Lebih lanjut silahkan baca: Penyebab Darah Tinggi

Itulah uraian singkat mengenai definisi, gejala, dan penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi, semoga bermanfaat.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer