Telapak Tangan Gatal

Memang kejadiannya lebih jarang dibanding dengan gatal pada anggota tubuh lainnya, telapak tangan gatal bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi ada yang ringan sebatas iritasi tetapi ada juga kondisi berat seperti masalah pada liver. Artikel ini akan menjelaskan penyebab utama gatal pada telapak tangan dan langkah mudah mengatasinya.

Telapak tangan adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif. Telapak tangan juga merupakan area yang paling sering digunakan untuk menyentuh sesuatu dan hal-hal lainnya, jadi jika telapak tangan gatal, maka hal itu erat kaitannya dengan cara Anda melakukan kegiatan sehari-hari. Telapak tangan gatal mungkin saja bukanlah suatu penyakit, bisa disebabkan oleh beberapa faktor atau bisa juga disebabkan oleh penyakit.

telapak tangan gatal

Untuk dapat mengatasi telapak tangan gatal dengan tuntas, maka sangat perlu untuk mengetahui penyebab telapak tangan gatal itu sendiri. Berikut ini adalah 5 penyebab utama kenapa telapak tangan menjadi gatal dan tips sederhana mengatasinya.

Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Mengatasinya

Biliary Sirosis

Sirosis saluran empedu atau biasa disebut dengan sirosis hepatis, rupa-rupanya dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit atau dikenal dengan istilah pruritus. Bahkan ketika sirosis belum benar-benar terjadi, salah satu gejala awal gangguan pada fungsi liver adalah telapak tangan gatal dan telapak kaki gatal. Keparahan gatal dapat bervariasi dan dapat terjadi tiba-tiba di siang hari atau di malam hari. Gatal tersebut disebabkan oleh asam empedu bebas yang ada dalam aliran darah.

Bagaimana cara mengatasinya?

Kita atasi penyebabnya dan rasa gatal yang muncul; mengobati sirosis bilier dengan asam ursodeoxycholic, obat ini diberikan untuk menunda perkembangan penyakit hati lebih lanjut. Untuk mengatasi rasa gatal, bisa digunakan antihistamin. Ingatlah bahwa kondisi ini termasuk berat dan perlu perawatan dokter.

Carpal Tunnel Syndrome

Terjadi akibat kompresi atau jepitan pada saraf medianus. Kondisi ini terjadi karena terlalu banyak menulis, mengetik dan kegiatan lain yang membutuhkan penggunaan tangan dan jari. Gejala utama Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah nyeri, rasa baal, terkadang kesemutan pada telapak tangan dan jari-jari di samping itu bisa juga menyebabkan rasa gatal yang pada telapak tangan.

Bagaimana mengatasinya?

Obat-obatan, terapi konservatif dan prosedur bedah adalah beberapa pilihan pengobatan yang umumnya digunakan untuk mengatasi CTS. Obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen dan kortikosteroid dapat menenangkan saraf dan tentunya mengurangi telapak tangan gatal. Dalam prosedur pembedahan, jaringan yang menyebabkan tekanan pada saraf medianus akan dihilangkan.

Alergi Makanan

Telapak tangan gatal dapat terjadi karena alergi makanan. Beberapa orang bisa memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan. Telur, kacang, susu, kedelai dan makanan laut adalah beberapa jenis makanan yang sering menjadi penyebab alergi. Alergi makanan dapat menimbulkan gejala di seluruh anggota tubuh, tetapi gejala pada kulit adalah gejala yang paling terlihat dari alergi makanan. Gatal pada telapak tangan dan telapak kaki merupakan salah satu gejala awal alergi makanan.

Bagaimana cara mengatainya?

Mengobati alergi makanan yang menyebabkan telapak tangan gatal dilakukan dengan cara menghindari jenis-jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi. Antihistamin biasanya diresepkan untuk mengobati telapak tangan gatal yang kronis (berlangsung lama) dan reaksi anafilaksis yang parah.

Eksim

Eksim adalah gangguan kulit yang luas yang memiliki banyak subtipe yang biasanya ditandai dengan telapak tangan gatal. Salah satu jenis eksim adalah dyshidrosis atau palmoplantar dermatitis inilah yang sering menyebabkan telapak tangan dan telapak kaki gatal. Gatal akan semakin memburuk selama musim hangat atau selama malam hari.

Subtipe eksim lainnya yaitu dermatitis atopik. Dermatitis atopik ditandai dengan kulit bersisik, gatal dan ruam kemerahan. Kondisi ini terkait dengan alergi dan intoleransi histamin.

Bagaiamana Mengatasi Eksim?

Sebagian besar jenis eksim tidak memiliki pengobatan yang tepat. Penanganan hanya berhasil meringankan gejala, terutama gatal. Antihistamin, antibiotik dan steroid digunakan untuk mengobati telapak tangan gatal yang disebabkan oleh eksim. Untuk dermatitis atopik, terapkanlah perawatan kulit yang baik dan menggunakan emolien (semacam pelembab) untuk mengurangi rasa gatal.

Lupus Eritematosus Sistemik (SLE)

Penyakit Lupus atau SLE adalah gangguan autoimun. Pada gangguan autoimun, sistem pertahanan tubuh malah menyerang sel-sel tubuh sehat itu sendiri. Gejala penyakit lupus dapat mencakup beberapa lesi dan kemerahan pada telapak tangan dan tentu saja terasa gatal. Ruam yang disebabkan oleh SLE benar-benar membuat tidak nyaman, terutama bagi mereka yang mengalami telapak tangan gatal.

Bagaimana Pengobatannya?

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang benar-benar menyembuhkan penyakit lupus, tetapi kondisi ini dapat dikelola dengan mengambil menggunakan beberapa obat penekan kekebalan tubuh seperti kortikosteroid dan siklofosfamid.

Jadi jangan anggap remeh ketika Anda mengalami telapak tangan gatal, karena sebagian penyebabnya adalah penyakit-penyakit serius yang perlu penanganan dokter. Periksakan ke dokter apabila setelah melakukan penanganan sederhana, tetapi telapak tangan masih tetap gatal.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer