Telapak Tangan Gatal? Ini Penyebab dan Solusinya

Gatal di telapak tangan merupakan gejala umum yang menandakan adanya gangguan pada tangan itu sendiri ataupun gangguan tubuh yang berefek keseluruhan. Kebanyakan mereka yang mengalami telapak tangan gatal, sering kali dapat diatasi dengan salep atau krim obat gatal.

Sayangnya, ada beberapa kasus telapak tangan gatal terus berlanjut dalam waktu yang sangat lama dan serius sehingga begitu mengganggu aktifitas sehari-hari. Jika hal ini terjadi, langkah terbaik adalah memeriksakannya ke dokter untuk ditentukan apa penyebabnya sehingga pengobatan nantinya dapat efektif.

Penyebab Telapak Tangan Gatal

Berbagai faktor atau kondisi medis dapat menjadi penyebab gatal pada telapak tangan, berikut beberapa masalah yang dimaksud.

Eksim – Penyakit ini cukup terkenal sebagai penyebab telapak tangan gatal, kaki, dan kulit lainnya. Eksim yang menyebabkan gatal pada telapak tangan dikenal dengan istilah dyshidrosis atau dermatitis palmoplantar. Gatal memburuk pada malam hari dan selama kondisi cuaca hangat.

Dermatitis Kontak – ini merupakan salah satu subclass eksim yang ditandai dengan kulit bersisik, kasar, tebal, sangat gatal, dan ruam kulit memerah. Penyebab dermatitis kontak dikaitkan dengan beda atau zat-zat tertentu yang sifatnya dapat mengiritasi kulit, misalnya semen, deterjen, dan zat-zat kimia tertentu.

gatal pada telapak tangan

Carpal Tunnel Syndrome – Kondisi ini disebabkan oleh kompresi saraf median, mungkin akibat terlalu banyak mengetik, menulis, dan kegiatan lain yang membutuhkan penggunaan jari-jari dan tangan. Gejala yang dominan adalah nyeri terkadang disertai dengan mati rasa, telapak tangan gatal, terkadang juga pada jari-jari.

Alergi – Beberapa orang yang memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu. Alergi yang sering terjadi biasanya terhadap susu, telur, kacang, makanan laut, dan kedelai. Tidak hanya pada telapak tangan, reaksi alergi berupa gatal juga dapat terjadi seluruh tubuh dan tak jarang disertai dengan pembengkakan.

Primary Biliary Sirosis – Kondisi ini menyebabkan pruritus atau gatal-gatal pada kulit. Bahkan jika penyakit ini belum berkembang, salah satu dari tanda-tanda yang paling awal adalah gatal di telapak tangan dan juga telapak kaki. Tingkat keparahan gatal berfluktuasi karena dapat menyerang kapan saja siang ataupun malam. Gatal yang terjadi pada kondisi ini disebabkan oleh asam empedu yang beredar bebas dalam aliran darah, hal ini terjadi karena adanya masalah pada sistem saluran empedu.

Systemic Lupus Erythematosus (SLE) – SLE atau penyakit lupus adalah gangguan autoimun, yang berarti sistem pertahanan tubuh malah menyerang atau membunuh sel-sel sehat tubuh itu sendiri. Tanda-tanda dan gejala penyakit lupus termasuk lesi dan kemerahan pada telapak tangan. Ruam bisa menjadi sangat gatal, sehingga sangat tidak nyaman bagi mereka yang mengalami telapak tangan gatal.

Pengobatan Gatal Pada Telapak Tangan

Cara mengatasi atau mengobati telapak tangan gatal idealnya disesuaikan dengan penyebabnya. Tantangannya adalah perlu waktu yang relatif panjang untuk dapat mendiagnosis kondisi atau penyakit penyebab gatal yang tepat.

Berikut pengobatan telapak tangan gatal sesuai dengan penyebabnya:

Alergi, Pengobatan terbaik adalah mencegah atau menghindari paparan zat yang menyebabkan alergi. Antihistamin dan steroid biasanya diperlukan untuk mengatasi telapak tangan gatal karena alergi selain itu juga sebagai obat gatal untuk penyakit lainnya.

Carpal tunnel syndrome, Karena pada kondisi ini saraf mengalami himpitan atau saraf kejepit maka pilihan pengobatan dapat berupa bedah dan/atau non-bedah. NSAID (ibuprofen dan aspirin) dan kortikosteroid seperti prednison merupakan obat yang dapat meringankan tekanan saraf dan mengontrol gejala telapak tangan gatal sampai batas tertentu. Akupunktur dan pengobatan alternatif lainnya telah terbukti untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi tangan.

Mengobati Eksim. Dermatitis kontak dan Eksim, dapat diatasi dengan cara merawat kulit dengan baik dan penerapan emolien yang meringankan pembengkakan dan reaksi alergi. Antibiotik, antihistamin, dan steroid secara bersama-sama digunakan untuk meredakan telapak tangan gatal dan gatal-gatal karena eksim. Pada dermatitis kontak sangat penting untuk menghindari zat penyebab.

Penyakit Lupus, meskipun penyakit ini tak dapat disembuhkan, namun gejala yang ditimbulkannya masih bisa dikelola dengan menggunakan obat penekan kekebalan tubuh seperti siklofosfamid dan kortikosteroid.

Primary biliary cirrhosis, obat yang bernama asam ursodeoxycholic dapat membantu menghambat perkembangan penyakit. Untuk mengatasi gatal, antihistamin adalah obat terbaik yang dapat digunakan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer