Tenggorokan Gatal? Ini Penyebab dan Obatnya

Tenggorokan gatal didefiniskan sebagai sensasi gatal yang menjengkelkan di tenggorokan yang sering terjadi sebagai salah satu gejala dari infeksi saluran pernapasan atas dan faringitis (radang tenggorokan). Gatal pada tenggorokan biasanya sembuh dalam beberapa hari dengan perawatan suportif di rumah.

Tenggorokan gatal merupakan gejala dan biasanya disertai dengan beberapa gejala lain seperti demam, nyeri di tenggorokan, kesulitan menelan, nyeri saat menelan, batuk, dan lain-lain. Tenggorokan gatal sering kali terjadi pada radang tenggorokan, infeksi saluran pernapasan atas dan alergi. Mengetahui penyebab tenggorokan gatal akan memudahkan kita untuk mengatasinya dan dapat menuntun dokter untuk memilihkan obat tenggorokan gatal yang tepat.

Penyebab Tenggorokan Gatal

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa  gatal di tenggorokan adalah gejala yang dapat disebabkan oleh berbagai penyakit. Beberapa penyebab yang sering menyebabkan tenggorokan gatal antara lain:

Infeksi

Infeksi adalah salah satu penyebab tenggorokan gatal yang paling umum. Terutama infeksi saluran pernapasan atas. Gejala lain juga dapat terjadi bersamaan seperti sakit tenggorokan atau faringitis. Tenggorokan gatal bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Infeksi bakteri (radang tenggorokan, dll) dan infeksi virus (pilek, flu, dll) dapat terjadi pada orang sehat, namun, infeksi jamur biasanya terjadi pada orang dengan sistem imun yang lemah misalnya pada orang dengan AIDS, kemoterapi anti-kanker, penggunaan steroid berkepanjangan, diabetes mellitus, penerima transplantasi organ, dan lain-lain.

Alergi

Alergi terhadap makanan tertelan atau minuman atau partikel yang terhirup juga merupakan penyebab tenggorokan gatal yang tak kalah sering. Tenggorokan gatal karena alergi biasanya mudah dibedakan dari penyebab lainnya, yaitu memiliki ciri khas gejala muncul ketika terpepar dengan zat yang menyebabkan alergi (alergen). Gejalanya dapat berlanjut lebih lama dan lebih sering disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, hidung meler, mata berair, dan lain-lain.

Iritasi

Iritasi oleh zat kimia (bahan kimia industri, dll) dan polusi udara dapat menyebabkan iritasi lokal dan mengakibatkan gatal di tenggorokan. Asap rokok (baik perokok aktif maupun pasif ) juga dapat mengalami iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan tenggorokan gatal.

Sering Bernyanyi

Ketegangan yang berlebihan pada laring (pita suara) dapat terjadi karena berteriak atau bernyanyi berkepanjangan. Hal ini juga bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal.

tenggorokan gatal

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Pada penyakit ini terjadi refluk atau asam lambung yang naik ke asa sampai tenggorokan menyebabkan rasa panas di dada heartburns dan leher, kadang-kadang juga dapat menyebabkan tenggorokan gatal karena refluks asam sampai ke tenggorokan.

Penyebab lainnya

Ada banyak kondisi lain yang dapat mengakibatkan gatal di tenggorokan. Namun, ini adalah penyebab yang cukup langka. Contohnya: Pneumonia, Bronchitis, sindrom Sjögren, tumor ganas di tenggorokan, trauma pada tenggorokan, muntah, dan lain-lain.

Obat Tenggorokan Gatal

Pengobatan gatal tenggorokan akan tergantung pada penyebabnya. Biasanya, gatal tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi (pilek, flu, radang tenggorokan, dll) akan sembuh secara spontan dalam beberapa hari.

Cara Mengobati Tenggorokan Gatal di Rumah

Untuk mengatasi tenggorokan gatal, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah, antara lain:

  • Kumur dengan air garam hangat
  • Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi
  • Menghirup uap air (dari vaporizer atau uap air panas)
  • Permen atau tablet hisap pelega tenggorokan dapat memberikan efek menenangkan dan mangatasi tenggorokan gatal.

Perawatan Medis: Obat Tenggorokan Gatal

Obat Anti-antihistamin seperti cetirizine sangat efektif dalam mengurangi gejala tenggorokan gatal, terutama apabila penyebabnya adalah alergi. Infeksi virus (pilek, flu) tidak memerlukan obat khusus dan ingatlah bahwa antibiotik hanya diperlukan ketika penyebabnya adalah infeksi bakteri (harus diperiksa dokter dulu). Obat NSAID (seperti ibuprofen dan asetaminofen) terkadang juga diperlukan apabila disertai dengan gejala demam dan/atau sakit tenggorokan. Apabila disertai batuk maka minumlah obat batuk kering atau obat batuk berdahak.

Jika sudah melakukan perawatan seperti di atas namun tenggorokan gatal masih saja mengganggu maka kami anjurkan untuk memeriksakannya ke dokter. Sekian, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer