Tenggorokan Kering? Inilah Penyebab & Obatnya

Siapapun pasti pernah mengalami tenggorokan kering, baik yang disebabkan oleh perubahan cuaca panas ataupun akibat kehausan tanpa minum, tapi apabila kekeringan pada tenggorokan terjadi terus menerus dalam waktu lama (kronis), maka bisa kita curigai jangan-jangan ada penyakit serius di balik keluhan tersebut.

Gejala lain yang bisa menyertai tenggorokan kering termasuk batuk, pegal-pegal di seluruh tubuh, hidung meler (pilek), mencret, mual, muntah dan demam. Hal ini akan tergantung pada penyebab tenggorokan kering yang mendasarinya, dan mengetahui hal ini sangatlah penting karena akan menentukan pengobatan yang tepat nantinya.

tenggorokan kering mediskus

Apa Penyebab Tenggorokan kering?

1. Cuaca Panas & Udara Kering

Tenggorokan kering sering terjadi akibat kondisi lingkungan yang kering atau akibat paparan udara panas saat musim kemarau melanda. Kedua situasi ini dapat menyebabkan tenggorokan kering dan gersang. Tubuhpun akan mudah mengelami dehidrasi lantaran penguapan cairan tubuh akibat suhu lingkungan yang tinggi.

2. Makanan / Minuman

Segala sesuatu yang kita makan atau minum selalu melawati tenggorokan. Oleh sebab itu, perhatikanlah apakah ada zat-zat makanan tertentu yang menyebabkan tenggorokan kering. Hal ini sering terjadi ketika seseorang mengonsumsi zat diuretik seperti kafein (kopi, teh) dan alkohol. Zat-zat ini menyebabkan tubuh kehilangan sejumlah cairan dengan cara meningkatkan frekuensi atau volume buang air kecil dan secara tidak langsung ini akan membuat tenggorokan menjadi kering.

3. Iritasi

Iritasi yang terjadi pada tenggorokan juga memberikan sensai rasa tenggorokan kering. Paparan udara kering dapat mengiritasi selaput lendir pada tenggorokan dan menyebabkan hilangnya air. Iritasi juga bisa disebabkan oleh paparan asap rokok, debu dan polusi udara lainnya. Orang yang mengalami hal ini biasanya merasakan tenggorokan kering lebih buruk di pagi hari.

4. Obstructive Sleep Apnea

Tenggorokan kering juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit yang mendasari seperti Obstructive Sleep Apnea, yang merupakan sejenis gangguan tidur yang ditandai dengan terhentinya napas karena sumbatan dalam saluran udara, seseorang yang mengalaminya akan mendengkur saat tidur.

5. Masalah Amandel 

Masalah pada amandel yang berupa infeksi, tumor, abses atau kanker dapat menyebebakan pembengkakan amandel, amandel yang membengkak ini akan menghalangi air liur untuk membasahi tenggorokan, sehingga menyebabkan kekeringan di tenggorokan.

6. Kondisi Medis yang Lebih Serius

Tenggorokan kering juga dapat terjadi akibat berbagai penyakit lain seperti alergi, demam, dan radang tenggorokan.

  • Seseorang yang menderita demam atau alergi juga akan mengalami gejala lain berupa bersin, pilek dan post nasal drip.
  • Demikian pula, seseorang yang menderita radang tenggorokan juga akan mengalami batuk kering, suara serak dan sakit pada tenggorokan terpisah dari kekeringan di tenggorokan.
  • Tenggorokan kering juga dapat terjadi sebagai akibat dari kanker kelenjar ludah (kelenjar yang mengeluarkan air liur dan membuat tenggorokan lembab).

Lanjut baca: Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan

Apa Obat Tenggorokan kering?

1. Teh Herbal

Teh herbal seperti chamomile, sage, akar licorice dan eucalyptus memiliki efek menenangkan tenggorokan. Sehingga patut dicoba untuk meredakan tenggorokan kering.

2. Minum Air Hangat

Sal satu cara mengobati tenggorokan kering yang paling sederhana adalah dengan minum air hangat, baik air putih ataupun secangkir teh hijau atau teh chamomile. Kedua teh ini sangat baik untuk menenangkan kekeringan dan iritasi di tenggorokan. Jika tenggorokan kering juga disertai dengan batuk, penambahan sejumlah kecil madu dan jus lemon dalam teh tersebut akan memberikan hasil yang sangat baik.

3. Apple Cider Vinegar (Cuka apel)

Berkumur adalah cara terbaik untuk mengobati tenggorokan kering dangatal. Anda dapat mencampur satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas air dan berkumurlah sampai tenggorokan. Ramuan ini akan membantu membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit tenggorokan kering. Untuk lebih meningkatkan keampuhannya, tambahkan juga madu secukupnya.

4. Gunakan Pelembap Udara

Ketika tenggorokan Anda kering yang disebabkan oleh udara kering, maka solusi terbaik adalah dengan menggunakan humidifier di ruangan yang Anda tempati. Anda dapat menggunakan humidifier di ruangan seperlunya pada siang hari ataupun di kamar saat tidur di malam hari.

5. Banyak Minum

Menjaga agar tubuh terhidrasi dengan baik juga merupakan pendekatan yang baik untuk mengatasi tenggorokan kering. Air minum bertindak sebagai pelumas dan melembabkan tenggorokan. Anda harus minum setidaknya 8 gelas air setiap hari.

6. Berkumur dengan Air Garam

Salah satu cara terbaik lainnya untuk mengobati tenggorokan kering dan teriritasi adalah dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Berkumurlah dua kali sehari selama 30-60 detik. Awalnya memang tidak terasa enak karena asin, tapi setelahnya akan enak karena Anda terbebas dari keluhan yang menyiksa sebelumnya.

7. Bernapas dengan benar

Tenggorokan kering sering terjadi pada orang-orang yang bernapas melalui mulut saat tidur. Berlatih teknik pernapasan yang tepat setelah berkonsultasi dengan dokter ahli tidur penting dalam mengurangi gejala tenggorokan kering pada individu tersebut.

8. Hindari Kafein dan Makanan Penyebab Iritasi Sumber

Untuk mencegah tenggorokan kering Anda harus menghindari minuman yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk kondisi. Selain itu, paparan iritan seperti asap rokok, polusi dan asap kimia juga harus dihindari sebisa mungkin.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer