Tulang Ekor Sakit : Penyebab dan Pengobatan

Rasa sakit pada tulang ekor atau tulang ekor sakit merupakan sebuah sensasi rasa sakit yang terjadi pada tulang coccygeus atau tulang ekor yang terletak di daerah bokong bagian tengah. Tak jarang rasa sakit bisa menjalar ke pinggang atau daerah lain yang berdekatan.

Ketika tulang ekor sakit, biasanya itu akan terasa lebih buruk saat melakukan kegiatan tertentu, seperti duduk, naik dari duduk ke posisi berdiri atau saat berdiri lama. Buang air besar dan berhubungan juga bisa menjadi begitu sakit. Khusus pada wanita, sakit pada tulang ekor juga dapat membuat menstruasi tidak nyaman.

Kenapa tulang ekor bisa sakit? ada banyak kondisi yang membuat tulang ekor sakit seperti terjadinya trauma duduk terlalu lama, duduk pada permukaan yang keras atau sempit, perubahan struktur sendi karena faktor usia, atau terjadi setelah melahirkan pervagina.

Penyebab Tulang Ekor Sakit

Mengetahui penyebab dari suatu penyakit akan memudahkan kita dalam melakukan penanganan, perawatan, sekaligus pencegahan agar jangan sampai terjadi lagi.

tulang ekor sakit

Ada banyak kondisi yang berbeda yang dapat menyebabkan tulang ekor sakit. Walupun tak jarang, penyebab pasti dari rasa sakit itu tidak diketahui (idiopathic). Adapun penyebab tulang ekor sakit yang telah diketahui meliputi:

Trauma. Cedera pada tulang ekor adalah penyebab tulang ekor sakit yang paling sering. Cedera pada tulang ekor dapat menyebabkan memar, patah tulang, atau dislokasi tulang ekor. Hal ini bisa terjadi karena:

  • Duduk dengan kuat atau terjatuh pada posisi duduk pada permukaan yang keras.
  • Pukulan langsung ke tulang ekor, misalnya saat olah raga.
  • Tulang ekor bisa terluka atau patah saat melahirkan.
  • Tekanan atau gesekan berulang terhadap tulang ekor, seperti saat bersepeda

Penyebab lain yang kurang umum termasuk taji tulang, kompresi akar saraf (saraf kejepit), infeksi lokal, dan tumor.

Pengobatan Tulang Ekor Sakit

Sakit pada tulang ekor atau disebut juga coccydynia atau coccygodynia, biasanya bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Walu demikian ada beberapa upaya untuk mengurangi rasa sakit dengan cara:

  • Bersandar ke depan sambil duduk
  • Duduk di atas bantal berbentuk donat
  • Terapkan kompress es atau hangat pada daerah tulang ekor yang sakit
  • Mimun obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti acetaminophen (Parasetamol), ibuprofen atau aspirin

Jika sudah seperti itu tapi tulang ekor tetap sakit (coccydynia kronis), maka konsultasikan dengan dokter untk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta pengobatan yang disesuaikan.

Kemungkinan pengobatan untuk sakit tulang ekor kronis meliputi:

  • Fisioterapi. Seorang ahli terapi fisik akan menunjukkan cara melakukan teknik relaksasi dasar panggul, seperti bernapas dalam-dalam dan latihan seperti saat buang air kecil atau buang air besar.
  • Pemijatan Manipulasi. Memijat otot yang melekat pada tulang ekor yang mungkin membantu meringankan rasa sakit.
  • Obat. Suntikan bius lokal ke tulang ekor yang bisa menghilangkan rasa sakit selama beberapa minggu. Antidepresan tertentu atau obat anti-epilepsi biasanya juga dapat mengurangi rasa sakit tulang ekor.
  • Bedah. Pilihan ini biasanya hanya dianjurkan ketika semua pengobatan tulang ekor sakit lainnya tak berhasil.

Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai setiap keluhan yang membuat Anda tak nyaman dan Andapun mengkhawatirkannya, terkhusus dalam masalah tulang ekor sakit.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer