Vertigo Sentral

Vertigo ada dua macam yaitu vertigo sentral dan vertigo perifer, yang membedakan keduanya adalah fokus atau letak gangguan organ yang menjadi penyebab vertigo itu sendiri. Karena letak gangguannya berbeda maka secara gejala dan tanda-tanda yang muncul dapat dibedakan antar keduanya.

Vertigo sentral biasanya disebabkan oleh gangguan di batang otak atau di serebelum. Untuk menentukan apakah gangguan berada di batang otak. kita selidiki apakah terdapat gejala lain yang khas bagi gangguan di batang otak, misalnya diplopia (pandangan dobel), parestesia (kesemutan), perubahan sensibilitas dan fungsi motorik. Banyak penderita yang mengeluhkan rasa lemah. Kita perlu membedakan antara kelemahan umum dengan kelemahan yang disebabkan oleh gangguan di batang otak.

vertigo sentral

ilustrasi vertigo

Gangguan atau disfungsi serebelum kadang-kadang sulit ditentukan. Misalnya stroke serebelar gejalanya dapat menyerupai gangguan vestibular perifer. Perlu dicari gejala gangguan serebelar lainnya, seperti gangguan koordinasi. Penderita gangguan serebelar mungkin mempunyai kesulitan dalam melaksanakan gerak supinasi dan pronasi tangannya secara berturut-turut (dysdiadochokinesia).

Cara membedakan vertigo sentral dan vertigo perifer salah satunya melalui percobaan tunjuk-hidung. Pada Vertigo Sentral, Percobaan tunjuk-hidung (penderita disuruh menunjuk jari pemeriksa dan kemudian setelah itu menunjuk hidungnya berulang-ulang) dilakukannya dengan buruk dan terlihat adanya ataksia. Penderita vertigo jenis perifer dapat melakukan percobaan tunjuk hidung secara normal.

Gangguan berjalan dapat dijumpai pada kelainan sentral dan juga pada gangguan vestibular jenis perifer. Dengan demikian gangguan berjalan tidak dapat digunakan sebagai pembeda antara vertigo sentral dari vertigo perifer.

Neoplasma tumbuhnya lambat, dengan demikian gangguan fungsi vestibular yang diakibatkannya perjalanannya lambat. Biasanya manifestasinya ialah gangguan keseimbangan.

Penyebab vaskular atau pebuluh darah lebih sering ditemukan pada vertigo sentral, mencakup insufisiensi vaskular berulang, TIA dan stroke.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer