Keputihan Berwarna Coklat – Penyebab dan Pengobatan

Seperti kita ketahui bahwa keputihan merupakan masalah kewanitaan yang sering dialami oleh kaum hawa. Keputihan merupakan keluarnya sekret atau cairan dari vagina yang biasanya memang berwarna putih. Namun demikian, ada juga yang mengalami keputihan berwarna coklat (harusnya sih disebut kecoklatan aja kali ya.. :D), wah ada apa ini?

Keputihan dalam bahasa medis disebut dengan leukorea terjadi bukan hanya karena penyakit namun justru kebanyakan merupakan hal normal yang terjadi pada wanita. Keputihan merupakan usaha yang dilakukan tubuh untuk menjaga kebersihan vagina dan menjaga agar lingkungan pada area tersebut agar tetap sehat.

keputihan normal atau penyakit keputihan

ilustrasi wanita keputihan

 

Interaksi antara hormon baik estrogen maupun progesteron berperan besar terhadap perubahan tubuh wanita selama siklus menstruasi. Sehingga tidak heran jika warna, tekstur ataupun jumlah keputihan yang keluar juga bergantung dari tahapan siklus menstruasi yang sedang terjadi. Keputihan bisa berwana putih susu (paling sering), keputihan warna coklat, kuning kehijauan, dan sebagainya tergantung dari penyebabnya. Berikut ini akan kita bahas kenapa keputihan berwarna coklat yang mungkin saat ini terjadi pada Anda.

Penyebab Keputihan Berwana Coklat

Kondisi-kondisi berikut ini bisa menjadi penyebab terjadinya keputihan berwarna coklat antara lain :

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat Muda

  • Kehamilan : Keputihan warna coklat (agak berwarna pink) bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan hal ini terjadi karena pada saat implantasi sel telur yang dibuahi pada rahim sedikit menimbulkan perdarahan sehingga keluar terlihat kecoklatan dan terkadang pink atau merah.
  • Pramenopause : Keadaan perimenopause (menjelang menopause) menjadi salah satu penyebab keputihan berwarna coklat, pink ataupun kekuningan.
  • Jaringan endometrium tua (akan terlepas) : pada wanita muda sesaat sebelum menstruasi akan mengeluarkan keputihan berwarna coklat akibat terlepasnya jaringan endometrium yang sudah tua ketika menstruasi.
  • Vaginitis atropi. yakni peradangan pada vagina dengan gejala yang muncul berupa keputihan warna coklat, perdarahan, nyeri ataupun gatal pada daerah vagina.
  • Polip uterus (rahim) : atau disebut juga dengan polip endometriosis yang merupakan massa abnormal atau tumor jinak pada rahim suatu ketika dapat menimbulkan gejala berupa menstruasi tak teratur, pendarahan dan terkadang terjadi keputihan warna coklat.
  • Infeksi menular seksual (IMS) : IMS pada tahap awal sering menimbulkan keluhan berupa keputihan yang berwarna kecoklatan.

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat Tua

Pengobatan Keputihan Berwarna Coklat

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keputihan warna coklat seperti kehamilan ataupun perdarahan implantasi tidak perlu diobati karena merupakan perubahan tubuh yang normal. Namun jika keluhan keputihan disertai dengan keluhan lain atau berlangsung lama maka kemungkinan ada penyebab lainnya sehingga harus dipastikan terlebih dahulu melalu pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan.

Jika sudah jelas bahwa penyebab keputihan yang berwarna coklat itu adalah penyakit maka cara mengobatinya juga akan tergantung dari penyakit yang mendasarinya. Misalnya jika keputihan berwarna coklat diakibat oleh:

  • Infeksi (IMS), maka diperlukan pengobatan dengan antibiotik atau obat lain yang sesuai dengan jenis bakteri penyebab infeksi.
  • Polip, maka terlebih dahulu mungkin dokter akan memberikan obat-obatan jika tidak berhasil prosedur bedah atau operasi mungkin diperlukan.
  • Kanker serviks, maka harus diobati dengan jenis terapi yang sesuai dengan stadium kanker, misalnya dengan jalan operasi, kemoterapi, terapi radiasi, ataupun kombinasi.

Sekian, informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer