10 Cara Ampuh Menghilangkan Batu Ginjal Tanpa Obat

Kebiasaan minum air putih yang kurang menjadi pemicu utama terjadinya batu ginjal, maka tak heran banyak sekali pengguna internet mencari informasi mengenai “obat batu ginjal” meskipun mengobati batu ginjal tidak harus menggunakan obat, ada banyak cara lain agar batu bisa hancur dan keluar dari ginjal.

Seseorang bisa memiliki batu ginjal karena berbagai alasan yang berbeda. Ada yang terjadi karena urine terkonsentrasi akibat kurang minum air putih, yang pada gilirannya membuat garam asam dan mineral bersatu membentuk batu. Batu-batu ini dapat mempengaruhi bagian-bagian yang berbeda dari sistem saluran kemih, mulai dari ginjal sampai kandung kemih. Oleh karena itu lebih tepat kita sebut sebagai batu saluran kemih, karena tidak melulu di ginjal.

obat batu ginjal

Anda mungkin menemukan beberapa bantuan agar batu ginjal bisa terbuang melewati saluran kemih, akan tetapi proses lewatnya batu ginjal itu sendiri bisa sangat menyakitkan. Upaya terbaik adalah bagaimana caranya mengobati batu ginjal tanpa menyebabkan rasa sakit dan kerusakan permanen pada saluran kemih.

Benarkah Anda Memiliki Batu Ginjal?

Sebelum mencoba metode apapun untuk menghancurkan dan mengeluarkan batu ginjal, Anda perlu memastikan apakah Anda memang benar-benar memiliki batu ginjal, batu saluran kemih, atau tidak. Meskipun seseorang memiliki batu ginjal, biasanya tidak mengalami gejala sampai batu itu mulai bergerak di dalam ginjal dan menemukan tempat sempit lalu mengiritasi. Terkadang batu ginjal masuk ke dalam ureter dan menyebabkan tanda-tanda dan gejala tertentu, seperti nyeri saat buang air kecil, rasa sakit di bagian punggung bagian samping, bawah tulang rusuk, dan air seni berwarna merah muda, coklat atau merah (kencing berdarah).

Rasa nyeri akan terasa cukup parah tapi biasanya datang secara bergelombang. Anda mungkin mulai buang air kecil lebih sering dan mengalami beberapa gejala lain seperti mual, urin keruh dan berbau busuk, menggigil dan demam, serta buang air kecil dalam jumlah sedikit pada suatu waktu. Sampai disini, Anda harus periksa ke dokter jika sakit sangat parah, melihat ada darah dalam urin, atau mengalami rasa sakit yang disertai demam dan menggigil.

Bagaimana Cara Mengobati Batu Ginjal?

Meskipun ada banyak metode pengobatan yang bisa digunakan untuk mengusir batu ginjal, tetapi pada prinsipnya adalah sama; pilihan pengobatan yang tepat akan tergantung pada ukuran batu. Penanganan sederhana di rumah tanpa menggunakan obat batu ginjal akan berhasil jika batu berukuran kurang dari 3 mm. Hanya 20% batu ginjal yang bisa diatasi dengan pengobatan rumah ketika memiliki ukuran setidaknya 8 mm. Perawatan medis profesional mutlak diperlukan untuk menyingkirkan batu yang berukuran lebih besar dari 1 cm.

# Obat Alami Batu Ginjal

mengobati batu ginjal

Berikut adalah beberapa pengobatan rumah yang efektif untuk menyingkirkan batu ginjal.

1. Banyak Minum

Banyak minum air putih akan membantu meluruhkan batu ginjal. Anda mungkin harus minum hingga 2,8 liter per hari untuk melihat hasilnya. Untuk mengetahui apakah Anda sudah cukup minum atau belum, maka coba perhatikan warna air seni, jika Anda melihat urin berwarna jernih, maka berarti Anda sudah banyak minum.

2. Gunakan Lemon

Sambil meningkatkan asupan air, Anda juga dapat menggunakan lemon sebagai campuran untuk membantu memecah batu ginjal. Jus lemon mengandung asam sitrat yang membantu memecah batu berbasis kalsium dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan bersama urin. Anda harus berusaha untuk mengkonsumsi sampai 125 ml jus lemon murni sehari.

3. Mengurangi Asupan Garam dan Protein

Batasi asupan garam dan daging yang kaya protein karena garam meningkatkan kalsium dalam urin, sedangkan protein akan meningkat oksalat, kalsium dan asam urat dalam urine. Protein daging mengandung banyak sulfur yang membuat masalah lebih buruk.

4. Konsumsi Serat Makanan

Sertakan sayuran segar dan biji-bijian pada menu makanan sehari-hari ketika Anda berusaha menghilangkan batu ginjal. Sebagian makanan kaya serat juga mengandung fitat yang mengurangi kristalisasi garam kalsium dan mencegah pembentukan batu ginjal. Tambahkan gandum, jagung, apel, berry, serta buah dan sayuran lainnya dalam makanan sehari-hari.

5. Hindari Soft Drinks

Ketika berusaha mengobati batu ginjal, maka Anda harus menghindari minuman ringan. Minuman berkafein juga akan memperburuk keadaan karena memiliki asam fosfat yang akan menambah pembentukan batu. Hindari kopi dan teh untuk melanggengkan tujuan ini.

6. Olahraga

Ketika berusaha mengobati batu ginjal, yang harus Anda lakukan adalah berolahraga ringan sampai sedang secara teratur. Hal ini akan membantu menjaga batu agar bergerak dan membuatnya lebih mudah untuk dibuang melalui air seni. Pastikan untuk tetap melakukan latihan ringan seperti berjalan untuk menghindari rasa sakit selama latihan. Ambil istirahat jika Anda mulai mengalami sakit akibat batu bergerak di dalam saluran kemih.

# Prosedur Medis untuk Menghilangkan Batu Ginjal

Ketika pengobatan rumah tidak bekerja dengan efektif dan Anda memiliki batu ginjal berukuran besar, maka tak ada cara lain yang menjamin selain menggunakan prosedur medis untuk menghilangkan batu ginjal. Dokter mungkin merekomendasikan pilihan pengobatan yang berbeda berdasarkan pertimbangan kondisi kesehatan dan ukuran batu.

1. Gelombang Suara Menghancurkan Batu Ginjal

Dokter melakukannya dengan prosedur yang disebut extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) dengan menggunakan gelombang suara yang dapat menciptakan getaran kuat untuk membantu memecah batu ginjal menjadi potongan-potongan kecil sehingga mudah di keluarkan melalui urin. Prosedur ini biasanya memakan waktu 45-60 menit.

Metode ini dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti memar di perut atau punggung, darah dalam urin, perdarahan di sekitar ginjal, dan sakit saat batu melewati saluran kemih.

2. Uteroscope

Untuk menghilangkan batu kecil di ureter atau ginjal, dokter dapat menggunakan tabung khusus berlampu tipis (ureteroscope) dilengkapi dengan kamera melalui uretra dan kandung kemih ke ureter.

Setelah uteroscope mencapai tempat dimana batu berada, peralatan khusus dapat menjerat batu atau memecahnya menjadi potongan-potongan kecil yang akan dikeluarkan kedalam urin. Dokter dapat menempatkan sebuah tabung kecil (stent) pada saluran kencing untuk meringankan pembengkakan dan mempromosikan penyembuhan. Diperlukan anestesi umum atau lokal selama prosedur ini.

3. Pembedahan

Dokter melakukannya melalui prosedur yang disebut nephrolithotomy perkutan dengan menggunakan teleskop kecil untuk melihat ginjal dan kemudian instrumen dimasukkan melalui sayatan di daerah pinggang untuk mengangkat batu. Prosedur ini dilakukan untuk mengangkat batu ginjal yang besar dan apabila ESWL tidak berhasil.

Selama pembedahan ini Anda akan berada di bawah anestesi umum (bius) dan mungkin harus tinggal di rumah sakit selama beberapa hari.

4. Mengobati Kondisi Penyebab

Selain pilihan terapi di atas, dokter juga akan mencari penyebab mengapa Anda memiliki batu ginjal. Misalnya, ini mungkin terjadi karena kelenjar paratiroid yang terlalu aktif yang meningkatkan kadar kalsium dan menghasilkan batu kalsium fosfat. Maka operasi kelenjar paratiroid dianjurkan dalam kasus ini untuk menjaga agar tak terbentuk lagi batu ginjal.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer