11 Tips Mudah Atasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Usai melahirkan bahkan hingga beberapa bulan setelahnya, kebanyakan ibu menjadi khawatir dengan kondisi rambutnya yang mudah rontok. “Bagaimana bila nanti rambut jadi botak”, begitu pikir mereka. Memang belum banyak yang tahu kalau rambut rontok setelah melahirkan merupakan hal yang normal dan sering terjadi.

Mengapa setelah melahirkan rambut menjadi rontok?

Bila tidak sedang dalam momen hamil atau menyusui, sebanyak 85-95% rambut di kepala biasanya berada dalam keadaan bertumbuh, sedangkan sisanya yang 5-15% masuk fase istirahat.

rambut rontok setelah melahirkan

Setelah masa istirahat selesai, maka 5-15% rambut tadi akan rontok dan diganti dengan rambut baru. Oleh sebab itu, bila seorang wanita mendapati rambutnya kerap rontok saat menyisir atau keramas, maka hal itu masih wajar. Hal ini disebabkan rata-rata rambut bisa rontok hingga 100 helai per harinya.

Akan tetapi hal tersebut sangat kontras selama masa kehamilan. Saat sedang mengandung, kadar hormon estrogen dalam tubuh seorang ibu akan naik dan ini membuat periode pertumbuhan rambut lebih lama dari biasanya. Jadinya hanya sedikit saja helaian rambut yang berada dalam masa istirahat sehingga rambut yang rontok menjadi lebih sedikit dari biasanya.

Namun setelah melahirkan, turunnya kadar estrogen membuat banyak folikel rambut memasuki masa istirahat. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa rambut kemudian banyak yang rontok.

Tips mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Dalam menghadapinya, kunci utama yang harus diingat setiap ibu adalah tidak perlu panik. Masa menyeramkan ini akan segera berlalu, dan rambut Anda bakal kembali tebal dalam 6-12 bulan pasca melahirkan. Anda mungkin tak bisa mencegah rontoknya rambut pada masa ini, oleh sebab itu terimalah dan mulailah bereksperimen dengan berbagai tips berikut.

1 | Cobalah gaya rambut baru

Tak sedikit wanita yang memutuskan berganti gaya rambut setelah melahirkan. Rupanya rambut rontok menjadi salah satu alasan mereka. Bila selama ini Anda selalu memiliki gaya rambut yang itu-itu saja, maka ini merupakan momen tepat untuk mencoba gaya rambut baru.

Rambut dengan potongan pendek dan model yang simple patut dicoba karena selain perawatannya lebih mudah dan tak memakan banyak waktu, helaiannya juga takkan mengganggu pancaindera bayi ketika Anda menggendongnya. Anda pun jadi punya waktu ekstra dalam merawat atau bermain dengan si kecil.

2 | Pilih shampo yang tepat

Jenis shampoo tertentu dapat menyebabkan rambut semakin rontok setelah melahirkan, maka harus dihindari. Agar rambut tampak lebih mengembang dan banyak, maka pilihlah shampoo yang memuat embel-embel penambah volume (volumizing). Dan saat keramas, hindari menggunakan air panas karena hanya akan membuat rambut lebih kering serta rapuh.

3 | Keringkan dengan blow dryer

Bila selama ini Anda selalu membiarkan rambut kering dengan sendirinya, maka tak mengapa bila sesekali Anda menggunakan bantuan blow dryer. Saat mengeringkannya, bentuk rambut melengkung ke dalam supaya tampilannya tampak lebih banyak. Dan pakailah sisir bergigi jarang saat merapikan rambut.

4 | Pilih produk yang tepat

Menggunakan produk yang tepat, katakanlah seperti volumizing mousse bisa memberi ilusi sehingga rambut tampak lebih banyak. Rambut juga bakal terlihat lebih banyak bila berkilau, oleh sebab itu selalu gunakan kondisioner atau cobalah glossing (sejenis perawatan yang membuat rambut mengilap).

5 | Tak ada salahnya mewarnai rambut

Selama masa kehamilan, Anda mungkin harus menahan diri untuk tidak mewarnai rambut. Namun hal itu tak perlu lagi sebab kini Anda dapat menambahkan highlight di bagian depan rambut sebagai kamuflase.

6 | Ganti belahan rambut

Jika selama ini Anda selalu membagi jatuhnya rambut dari bagian tengah, maka ubahlah sehingga belahannya berat sebelah agar rambut tampak lebih banyak. Jadi, meskipun rambut rontok setelah melahirkan, tetapi rambut terkesan tampak tebal seperti tidak ada kerontokan sama sekali.

7 | Tambahkan tekstur

Rambut dengan tekstur lurus bisa mempertegas penampakannya yang tipis. Untuk itu, Anda perlu menggunakan roller atau curler untuk menambahkan tekstur lebih bergelombang dan berisi pada rambut.

8 | Kenakan aksesori rambut

Bando, pita, bandana, dan pernak-pernik rambut lainnya merupakan aksesori yang tak hanya bisa mempercantik tampilan rambut. Keberadaan aksesori rambut juga dapat mengalihkan pandangan orang sehingga tidak terlalu berfokus pada tipisnya helaian mahkota Anda.

9 | Tingkatkan asupan vitamin dan mineral melalui buah

Menurut APA (American Pregnancy Association), seorang ibu yang baru melahirkan perlu mengonsumsi vitamin B, C, E, serta mineral zinc dan biotin. Semua itu tak hanya berguna bagi kesehatan namun bisa meminimalisir rambut rontok pasca melahirkan. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, sebaiknya ibu melibatkan buah dan sayur-sayuran sebagai solusinya. Namun bila memang ingin menggunakan cara pintas yaitu lewat suplemen, maka lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Asam penting lain yang dibutuhkan bila ingin rambut tetap sehat adalah omega-3, omega-6, dan omega-9. Untuk mendapatkannya, Anda dapat mengonsumsi flaxseed atau kapsul minyak ikan.

Baca juga: 8 Jenis Pantangan Makanan Setelah Melahirkan, Apa Sajakah Itu?

10 | Masker bir

Anda mungkin pantang menenggak minuman beralkohol sejenis bir, namun rambut mungkin sedang memerlukannya sekarang. Ragi yang terdapat dalam bir ternyata mengandung asam folat, riboflavin, serta biotin, dan semuanya itu dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan rambut. Bonusnya, setelah mencuci rambut dengan bir, rambut akan lebih kuat dan terlihat berkilau.

11 | Khasiat minyak almond dan kastor

Bila tak memungkinkan bagi Anda untuk memanfaatkan bir, maka pilih minyak almond atau kastor sebagai gantinya. Minyak almond tak hanya kaya akan asam lemak jenuh dan tak jenuh, namun juga vitamin E. Anda tinggal memijat rambut dengan minyak almond hangat 2-3 kali sehari.

Sementara bila Anda lebih memilih minyak kastor yang kaya asam risinoleat dan omega-6 untuk merangsang tumbuhnya rambut, cukup pijat seminggu sekali. Campur minyak kastor hangat dengan minyak almond atau kelapa sebelum dipakai untuk memijat kulit kepala.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Itulah alasan kenapa rambut rontok setelah melahirkan dan bagaimana cara mengatasinya, semoga informasi ini bermanfaat. Salam Sehat!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer