13 Cara Menghilangkan Mata Panda

Keberadaan lingkar hitam atau kantung mata memang bisa membuat penampilan seseorang terlihat lebih tua daripada yang seharusnya. Dan pasti tak ada seorangpun di dunia ini yang menginginkan hal tersebut. Oleh sebab itu, pada bahasan kali ini kita akan menyimak bersama beberapa cara menghilangkan mata panda atau lingkar hitam di sekitar mata tersebut.

Sebelum beranjak pada solusinya, tentu kita mesti memahami dahulu apa yang menyebabkan munculnya mata panda. Kebanyakan kita berpikir bahwa kurang tidur merupakan tersangka utamanya. Hal ini tidak salah sepenuhnya, namun ternyata bukan hanya itu saja penyebab membengkaknya area di bawah mata tersebut. Kondisi lain seperti alergi musiman, eksema, posisi tidur telungkup, merokok, obat-obatan, serta konsumsi alkohol juga dapat jadi pemicunya.

cara menghilangkan mata panda

Kebiasaan buruk atau pola hidup yang kurang tepat bisa menyebabkan jaringan kulit di sekitar mata melemah sehingga ketika cairan berkumpul di bawah indera penglihatan kita maka kondisinya akan membengkak. Untungnya, dengan mengubah kebiasaan dan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat mencegah munculnya mata panda.

Baca juga: Menghilangkan Kantung Mata dan Mencegahnya Datang Kembali

Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Panda?

Berikut beberapa cara untuk menghilangkan mata panda

  1. Segera atasi alergi yang timbul
  2. Kurangi garam
  3. Rutin berolahraga
  4. Atur posisi tidur
  5. Cobalah neti pot
  6. Hapus makeup sebelum tidur
  7. Batasi atau hindari konsumsi alkohol
  8. Berhenti merokok
  9. Gunakan kompres dingin…dan timun
  10. Lindungi wajah dari sinar matahari
  11. Pakai concealer yang mengandung mineral
  12. Pilih krim mata yang alami
  13. Tambahkan asupan kolagen saat makan

Ingin tahu lebih detail soal masing-masing caranya? Simak yang berikut ini.

  1. Segera atasi alergi yang timbul

Seseorang yang memiliki alergi terhadap kondisi atau makanan tertentu pasti waspada dengan hal-hal tersebut. Selain sedapat mungkin menjauhi penyebab alergi, Anda juga boleh membekali diri dengan obat anti-alergi alami seperti minyak esensial misalnya.

  1. Kurangi garam

Di samping erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi, sodium ternyata juga bisa menahan air dalam tubuh sehingga memicu munculnya bengkak. Dan area sekitar mata merupakan salah satu sasarannya. Oleh sebab itu, batasi penggunaan bumbu asin tersebut, dan pilihlah jenis yang benar-benar murni saja.

Hindari pula mengonsumsi terlalu banyak makanan asin seperti pizza, sup, keripik, dan lain sebagainya. Sebaliknya pilihlah sayuran segar seperti seledri misalnya, karena sayur ini dapat membantu mengikis keinginan tubuh akan makanan yang rasanya asin.

  1. Rutin berolahraga

Selain baik untuk kesehatan dan sirkulasi darah, olahraga juga bisa membuat seseorang tetap bugar dan awet muda. Ketika peredaran darah lancar, maka kulit akan tampak lebih merona. Untuk area mata, Anda bisa melakukan beberapa latihan wajah.

Cara mudahnya adalah dengan memijat wajah dengan tekanan ringan dari jari-jari tangan. Beberapa posisi yoga seperti shoulder stands serta back bends juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke wajah sehingga meminimkan timbunan lemak atau cairan di area tersebut.

  1. Atur posisi tidur

Tidur dengan posisi terlentang dapat mencegah gravitasi bumi memicu penimbunan cairan di sekitar mata. Untuk mencegah masalah ini dan sekaligus menghilangkan mata panda, maka Anda juga boleh menambahkan beberapa bantal di kepala saat tidur, asal itu tak sampai mengganggu kualitas tidur. Karena kembali lagi kepada tersangka utamanya, bila Anda sampai kurang tidur, maka itu juga bisa memicu munculnya lingkar hitam pada mata.

  1. Cobalah neti pot

Anda pasti tak asing lagi dengan istilah neti pot. Cara pengobatan kuno ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan mata panda. Teko kecil yang biasanya diisi dengan air garam ini memang sering digunakan untuk mengeluarkan uap lembab berlebih pada sinus, yang biasanya disebabkan alergi, demam, atau infeksi. Saat pertama kali melakukannya mungkin akan terasa aneh, namun setelah itu Anda akan merasa lebih bersih dan segar.

  1. Hapus makeup sebelum tidur

Membiarkan makeup tetap menghiasi mata selagi tidur bisa membuatnya iritasi bahkan bengkak. Karena itu, selalu hapus makeup di wajah sampai bersih sebelum kepala menyentuh bantal.

  1. Batasi atau hindari konsumsi alkohol

Alkohol dapat memicu dehidrasi pada tubuh dan kulit, serta menyebabkan area lunak sekitar mata tampak cekung dan gelap. Selain itu, alkohol juga bisa membuat mata tampak lelah.

Bila memang ingin minum, maka batasi hanya 1 gelas setiap harinya, dan jangan lupa perbanyak minum air putih. Bagaimanapun juga air putih bisa membuat tubuh segar dan kulit juga tetap bersinar.

  1. Berhenti merokok

Merokok tak hanya buruk bagi kesehatan jantung, namun juga dapat membuat kulit tampak kering. Jaringan kulit di wajah dan seluruh tubuh juga jadi melemah karena jahatnya batangan rokok tersebut. Hal ini dikarenakan bahan-bahan kimia yang terkandung dalam rokok beracun sehingga bisa mengiritasi penampilan. Kulit wajah tak hanya cepat berkerut namun mata juga jadi dipenuhi lingkar hitam.

Oleh sebab itu untuk dapat berhasil menghilangkan mata panda, berhentilah merokok mulai sekarang. Kalau saat ini masih susah buat Anda untuk berhenti merokok, maka cobalah rokok elektronik sebagai gantinya.

  1. Gunakan kompres dingin…dan timun

Saat mata sudah membengkak, maka kurangilah dengan menaruh kompres dingin. Anda dapat memanfaatkan potongan timun, atau bekas kantong teh yang didinginkan.

  1. Lindungi wajah dari sinar matahari

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari bisa membuat kulit dehidrasi dan berkerut. Oleh sebab untuk menghilangkan mata panda, maka selain menggunakan kacamata hitam atau topi, selalu oleshkan sunscreen pada wajah.

  1. Pakai concealer yang mengandung mineral

Anda dapat menyamarkan mata panda dengan concealer. Selain memilih yang menggunakan mineral sebagai bahan dasarnya, Anda juga perlu tahu cara memakainya. Tepuk-tepuk perlahan concealer dengan jari di sekitar area mata, jangan digosok karena bisa memicu iritasi. Dan tak perlu menggunakan terlalu banyak pula karena justru akan membuat lingkar hitam serta kerut semakin kentara.

  1. Pilih krim mata yang alami

Semakin bertambah usia, maka produksi kolagen dalam tubuh seseorang kian menurun dan inilah salah satu alasan munculnya kantung  mata dan mata panda. Oleh sebab itu, kita perlu menambahkan pelembab. Memilih produk yang alami itu lebih baik ketimbang yang dipadati bahan kimia. Anda bisa memanfaatkan minyak rosehip, lavender, atau lemon, dan aloe vera.

  1. Tambahkan asupan kolagen saat makan

Kolagen yang banyak terdapat pada otot, tulang, kulit, serta daging bisa membuat kulit kuat serta elastis. Untuk itu, jangan segan mengonsumsi kaldu tulang ayam atau suplemen kolagen bila perlu.

Kita sudah menyimak beberapa cara menghilangkan mata panda, dan kini saatnya untuk mempraktikkannya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer