9 Tips Mengatasi Bayi Susah Tidur

Ini sudah larut malam, tapi kenapa si kecil tak juga memejamkan matanya, padahal anggota keluarga yang lain sudah tidur dengan pulasnya. Persoalan bayi susah tidur tidak hanya membuat repot orang tuanya tetapi juga bisa merugikan kondisi kesehatan si kecil. Bagaimana mengatasi hal ini?

Kita memang harus mengupayakan langkah-langkah tepat mengatasi bayi susah tidur. Karena bagi bayi, tidur memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk merangsang tumbuh kembang. Sekitar 75% hormon pertumbuhan akan dikeluarkan pada saat bayi tertidur. Hormon pertumbuhan ini memiliki hubungan yang erat dengan kondisi fisik bayi karena hormon ini akan merangsang pertumbuhan jaringan, tulang, dan otak serta mengatur metabolisme tubuh bayi. Oleh karena itu tidur merupakan suatu hal yang sangat penting bagi bayi.

mengatasi bayi susah tidur

Adakalanya bayi mengalami kegelisahan dan kesulitan untuk tidur. Merupakan hal yang tidak mudah untuk dapat mengatasi hal ini karena ada banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Langkah awal yang harus dilakukan ibu untuk mengatasi bayi susah tidur adalah berusaha mencari penyebab mengapa bayi susah tidur tidur, dan kemudian mencoba untuk mengatasi penyebab tersebut. Dengan demikian upaya yang dilakukan bisa tepat sasaran.

Kenali Penyebab Bayi Susah Tidur

Berikut ini beberapa hal umum yang menjadi penyebab bayi susah tidur:

  • Bayi merasa lapar
  • Bayi merasa tubuhnya kotor (tidak segar)
  • Bayi merasa popok yang dipakainya basah
  • Bayi merasa tidak nyaman dengan pakaian yang dipakainya
  • Bayi merasa tidak nyaman denga keadaan kamarnya
  • Bayi mengalami gangguan kesehatan

Tips Ampuh Mengatasi Bayi Susah Tidur

Adapun cara yang dapat digunakan untuk mengatasi bayi susah tidur antara lain :

  1. Pada saat lapar, bayi akan terbangun dari tidurnya oleh karena itu berikan bayi susu dengan ASI atau susu formula agar bayi kembali tidur pulas setelah diberikan susu.
  2. Pada saat tubuhnya kotor atau lengket dengan keringat, bayi akan merasa tidak nyaman oleh karena itu basuh tubuh bayi dengan menggunakan kain / waslap yang telah dibasahi air hangat, kemudian oleskan minyak telon pada punggung dan perut bayi dan sapukan bedak pada tubuh bayi.
  3. Pada saat popok yang dipakainya basah karena pipis atau kotoran, bayi juga dapat terbangun dari tidurnya, oleh karena itu segera ganti popok bayi dengan yang baru agar bayi dapat merasa nyaman dan tidur dengan pulas.
  4. Pakaikan bayi pakaian dengan ukuran yang sesuai dengan badan bayi tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar, dan diutamakan pakaian yang terbuat dari bahan yang lembut dan dapat menyerap keringat.
  5. Aturlah kamar tidur bayi dengan tata pencahayaan dan ventilasi udara yang baik. Usahakan agar suhu kamar bayi tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin agar bayi dapat merasa nyaman di dalam kamar.
  6. Pada saat mengalami gangguan kesehatan bayi juga akan mengalami kesulitan tidur yang ditandai dengan gelisah, rewel yang disertai keluhan demam dan gumoh yang berlebihan, pada saat ini segera bawa bayi berobat ke dokter agar gangguan kesehatan yang dialami bayi dapat segera diobati.
  7. Pada saat mendekati Jam tidur sebaiknya jangan ajak bayi bermain, karena hal ini dapat memberi efek stimulasi yang menyenangkan pada hati si bayi sehingga akan membuat bayi susah tidur karena ingin main terus.
  8. Berilah belaian sayang dan senandung lembut pada saat mendekati jam tidur untuk dapat mengantar agar bayi cepat tertidur.
  9. Minimalkan suara bising di dekat bayi, karena suara bising kadang bisa membangunkan bayi yang sudah tidur dan bayi akan sulit untuk tidur kembali.

Hal yang tidak kalah penting bagi orang tua adalah usahakan untuk membiasakan bayi tidur lebih pendek pada siang hari agar bayi dapat tidur lebih lama pada malam harinya, sehingga bayi tidak merepotkan keluarga. Bayi akan cepat belajar untuk menyesuaikan diri, jadi bersikaplah dengan fleksibel dan santai pada saat bayi mengalami susah tidur, cari apa yang menjadi penyebabnya kemudian atasi penyebab tersebut sehingga bayi anda dapat tertidur dengan nyaman.

Demikian, semoga Anda berhasil mengatasi bayi susah tidur dan Anda pun juga bisa tidur nyenyak.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer