Berbagai Penyebab Gigi Kuning

Kebanyakan orang bangga dan senang hati menunjukkan gigi putih mengkilat  yang dimilikinya ketika mereka tersenyum. Tapi sebaliknya banyak juga orang yang menderita, lantaran warna giginya yang tidak putih, kabanyakan karena gigi berwarna kuning, sehingga ketika tersenyum tidak PeDe, ada yang mencoba menyembunyikannya dengan menutup mulutnya dengan tangan ada juga yang tersenyum tapi hanya dibibir saja alias tidak mau menunjukkan giginya. Jangan anggap remeh masalah ini ya.. karena ini sangat mengganggu anda dalam bersosialisasi.

gigi kuning, penyebab gigi kuning

Senyuman ’emas’ si gigi kuning

Jangan berputus asa, masalah gigi kuning dapat teratasi. Untungnya, saat ini banyak pilihan pengobatan yang tersedia untuk mengobati perubahan warna gigi, khususnya gigi kuning. Akan tetapi alangkah lebih baik kita memahami dulu apa saja yang bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Beberapa penyebab gigi kuning yang paling umum diantaranya: kebersihan gigi yang kurang baik, makanan dan minuman tertentu, genetika, merokok, obat-obatan tertentu, dan usia.

Tidak rajin gosok gigi merupakan penyebab paling sering perubahan warna gigi menjadi kuning. Makanan dan minuman tertentu, seperti apel, kentang, kopi, anggur merah, dan teh juga dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Mengurangi atau menghilangkan makanan dan minuman tersebut dapat membantu memulihkan gigi seseorang menjadi gigi yang putih alami.

Genetika atau keturunan juga mungkin memainkan peran dalam perubahan warna gigi, jika orang tua seseorang, paman, bibi, atau saudara kandung, memiliki perubahan warna gigi, ia akan lebih cenderung untuk memiliki masalah ini. Sayangnya, ini adalah sesuatu yang tidak dapat dikendalikan/diobati.

Merokok adalah penyebab utama perubahan warna gigi karena mengandung bahan kimia tar dan lainnya yang mengubah warna gigi menjadi kuning kecoklatan. Jika merokok merupakan penyebab dari perubahan warna gigi seseorang, maka ia harus segera berhenti merokok.

Obat-obat tertentu, seperti antibiotik tetrasiklin, juga dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Jika itu terjadi, seseorang harus berkonsultasi dengan dokter.

Proses penuaan alami juga dapat mengubah warna gigi seseorang. Ini juga sesuatu yang tidak dapat dikendalikan/diobati.

Gigi Kuning juga dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup sederhana. Menyikat gigi, flossing, menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan gigi kuning, dan tidak merokok dapat secara drastis meningkatkan manisnya senyum seseorang.

Jika ternyata perubahan gaya hidup tidak berhasil, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter gigi  karena ada berbagai pilihan pengobatan yang tersedia.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer