Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak, Efektif dan Aman

Saya yakin banyak sekali orang yang mengalami penyakit yang satu ini “Gusi Bengkak“. Karena tidak hanya di tempat praktek saja saya sering menjumpai namun tak kalah ramenya para netizen yang banyak mencari informasi tentang gusi bengkak ini. Kebanyakan dari mereka ingin mengetahui bagaimana cara mengobati gusi bengkak, karena memang keluhan ini sangat menganggu tapi banyak yang ogah untuk pergi ke dokter.

Baiklah para netizen sekalian, disini saya akan berbagi tips atau beberapa langkah cara mengobati gusi bengkak dengan cara alami. Kenapa alami? karena hanya cara inilah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah dan aman untuk dapat disebarluaskan di media online.

Langkah pertama: Temukan Penyebabnya

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, dengan mengetahui penyebabnya maka akan memudahkan kita dalam berusaha mengobatinya. Di antara penyebab gusi bengkak itu adalah peradangan atau infeksi (gingivitis), iritasi karena makanan, gigi berlubang, kekurangan nutrisi, dan kurangnya kebersihan gigi dan mulut. Lebih lanjut silahkan baca: Penyebab Gusi Bengkak.

Langkah Kedua : Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Karena kebanyakan gusi bengkak disebabkan oleh kebersihan gigi dan mulut yang kurang, seperti sisa-sisa makanan, plak, dan karang gigi, menjadi tempat perkembangbiakan kuman yang membuat gusi rentan meradang dan akhirnya bengkak. Kebersihan gigi dan mulut dapat dicapai dengan cara:

  • Gosok gigi minimal sehari 2 kali yakni setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Saat gusi bengkak, gunakanlah  yang lembut dan hindari terlalu kuat menggosok gigi.
  • Flossing atau membersihkan gigi dengan benang khusus gigi.
  • Berkumur-kumur setiap setelah makan untuk membuang sisa makanan pada gigi.

Langkah Ketiga : Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Ini merupakan cara alami mengobati gusi bengkak yang tergolong kuno namun hingga saat ini menjadi pengobatan yang efektif untuk meredakan gusi bengkak. air asin dapat membunuh bakteri serta menenagkan gusi yang bengkak. Lakukan dengan cara berikut:

  • Sediakan Air hangat 1 gelas
  • Tambahkan satu sendok teh garam dapur.
  • Aduk hingga rata
  • Gunakan untuk berkumur selama 1 menit teruatam terfokus pada gusi bengkak, ulangi 3-4 kali sehari.

Langkah keempat : Pilih Salah Satu Ramuan Berikut

  • Kantung Teh. Kantong teh atau teh celup ternyata merupakan cara yang cukup mudah namun terbukti dan teruji dapat mengobati gusi bengkak hanya dalam waktu singkat. Caranya celupkan kantung teh ke dalam air panas, nagkat lalu biarkan dingin, setelah itu tempelkan kantong teh pada gusi bengkak selama sekitar 5 menit. Menurut penelitian, asam tannic yang terdapat dalam kantong teh memiliki potensi untuk meringankan infeksi gusi dan iritasi yang menyebabkan gusi bengkak.
  • Madu. Madu memiliki sifat antiseptik dan antibakteri alami sehingga dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak akibat gingivitis. Oleskan madu secukupnya (jangan banyak-banyak karena rasa manis dapat membuat ngilu) pada gusi bengkak setelah Anda menyikat gigi.
  • Baking Soda. Sudah menjadi fakta bahwa baking soda bisa menetralisir sejumlah asam yang ada di dalam mulut. Atas dasar inilah , kita dapat mengurangi pembengkakan gusi, penyakit gusi dan kerusakan gigi dengan menggunakan baking soda. Larutkan baking soda ke dalam sedikit air hangat sehingga menjadi pasta. Pasta ini bisa diterapkan langsung pada gusi bengkak atau digunakan untuk menyikat gigi.

Langkah Kelima : Banyak Minum

Minum lebih banyak air putih, karena hal ini membilas gigi Anda dan membantu mencegah penumpukan plak. Ganti minuman manis, kopi, teh, dan alkohol dengan air putih sesering mungkin, setidaknya 8 gelas per hari.

Langkah Keenam : Komsumsi makanan kaya vitamin C dan D

Perbanyaklah makanan yang kaya akan vitamin C seperti lemon, jeruk, anggur, kiwi, mangga, pepaya dan stroberi. Vitamin C adalah antioksidan, yang dapat mempromosikan pertumbuhan jaringan ikat dan regenerasi tulang, serta dapat menjaga kesehatan gusi.

Selain itu, tingkatkan juga asupan vitamin D. Vitamin D memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak dan mencegah kekambuhan. Dapatkan vitamin D dengan cara berjemur di pagi hari setidaknya 15 sampai 20 menit dua kali seminggu dan makan makanan kaya vitamin D seperti ikan salmon, telur, dan minyak ikan cod.

Langkah Ketujuh : Mengurangi Stress

Menurut para ahli, stres dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Itulah kenapa bagi mereka yang stress akan rentan mengalami gusi bengkak karena tubuh kesulitan untuk melawan bakteri penyebab.

gusi bengkak

( ! ) Perhatian : Jika gusi bengkak dan teraba lunak seperti ada cairan didalamnya (lihat gambar di atas), maka segeralah periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan tindakan yang tepat, yaitu mengeluarkan nanah sampai bersih, agar sembuh dengan cepat dan tuntas.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer