Cara Ampuh Menghilangkan Varises dengan Cepat

Jika saat ini varises yang Anda miliki mulai menimbulkan masalah, baik pada penampilan kaki, ataupun masalah yang ditimbulkan akibat dari gejala varises, misalnya sering terasa lelah, rasa nyeri dan gatal, maka inilah waktunya untuk mengobati atau menghilangkan varises. Jangan tunda-tunda sebelum menjadi lebih parah!

Pengobatan varises memiliki tujuan untuk meringankan gejala, mencegah komplikasi, dan tentu saja memperbaiki penampilan. Mungkin telah banyak yang menawarkan produk pengobatan atau cara menghilangkan varises dengan cepat tanpa efek samping, namun apakah benar demikian, seperti yang dijanjikan, atau jangan-jangan malah menimbulkan bahaya yang tidak diharapkan.

Sebagai panduan umum, jika varises menyebabkan sedikit gejala, dokter mungkin hanya menyarankan perubahan gaya hidup. Bagi yang memiliki gejala varises yang lebih parah, mungkin dokter merekomendasikan satu atau lebih prosedur tindakan medis untuk mengobati atau menghilangkan varises pada kaki Anda. Sebagai contoh, prosedur atau tindakan medis dilakukan pada varises yang telah menimbulkan rasa sakit, bekuan darah, atau gangguan pada kulit.

varises

Secara lebih lengkap dan terperinci berikut Cara Menghilangkan Varises dengan efektif karena sudah teruji.

Perubahan gaya hidup

Walaupun pengobatan yang dilakukan dapat menghilangkan varises, tapi itu tidak bisa mencegah timbulnya varises yang baru. Maka dari itu perubahan gaya hidup mutlak diperlukan karena selain mencegah juga daoat mengurangi varises yang sudah ada dan mengurangi rasa sakit. Bahkan perubahan gaya hidup seringkali menjadi pengobatan yang pertama.

Berikut perubahan gaya hidup yang dapat Anda terapkan sehari-hari

  • Hindari berdiri atau duduk untuk waktu yang lama tanpa beristirahat atau pindah posisi. Ketika duduk, hindari menyilangkan kaki atau bersila. Posisikan kaki saat beristirahat, atau tidur pada posisi yang lebih tinggi dari dada.
  • Lakukan aktifitas fisik agar kaki bergerak dan menguatkan otot-otot kaki yang pada akhirnya akan melancarkan aliran darah balik ke jantung.
  • Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, usahakan untuk menurunkan berat badan. Ini juga akan meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena sebagai faktor risiko timbulnya varises.
  • Hindari memakai pakaian ketat, terutama yang ketat pada pinggang, pangkal paha (paha atas), dan kaki. Pakaian ketat dapat membuat varises lebih buruk karena efek bendungan yang menghambat aliran darah.
  • Hindari memakai sepatu hak tinggi dalam waktu yang lama. Sepatu bertumit rendah dapat membantu otot betis bekerja lebih optimal dalam membantu melancarkan aliran darah.
  • Dokter mungkin merekomendasikan stoking kompresi. Stoking atau kaus kaki khusus ini akan memberikan tekanan lembut pada kaki sehingga mencegah penumpukan darah di vena kaki.

Cara Menghilangkan Varises dengan Prosedur medis

Prosedur atau tindakan medis yang dilakukan akan dengan efektif menghilangkan varises atau menutupnya. Menghilangkan atau menutup varises biasanya tidak menimbulkan masalah dengan aliran darah karena darah bisa dialirkan melalui pembuluh darah lainnya.

Mengenai efek samping, yang paling sering muncul adalah memar, pembengkakan, perubahan warna kulit, dan nyeri ringan dan biasanya tidak berlangsung lama. Efek samping yang paling parah (jarang) dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, infeksi, pembekuan darah, dan jaringan parut.

Dokter akan memilihkan salah satu atau beberapa prosedur pengobatan varises yang sesuai dengan kondisi Anda, Berikut pilihan terapinya:

Skleroterapi

Skleroterapi yaitu tindakan medis yang menggunakan cairan kimia untuk menutup vena varises. Bahan kimia yang disuntikkan ke dalam vena akan menyebabkan iritasi dan jaringan parut di dalam pembuluh darah. Iritasi dan jaringan parut menyebabkan pembuluh darah menutup dan akhirnya varises pun menghilang dengan cepat.

Anda akan memerlukan beberapa kali penyuntikan, perawatan biasanya dilakukan setiap 4 sampai 6 minggu. Setelah dilakukan prosedur ini, kaki akan dibungkus perban elastis untuk membantu penyembuhan dan mengurangi pembengkakan.

Mikroskleroterapi

Mikroskleroterapi digunakan untuk mengobati spider veins dan varises yang sangat kecil. Bahan kimia cair dalam jumlah sedikit disuntikkan ke dalam vena menggunakan jarum yang sangat halus. Prosedur dan efeknya sama dengan cara di atas, hanya saja ini lebih kecil. Cara menghilangkan varises seperti ini cocok bagi Anda yang takut dengan suntikan.

Bedah Laser

Prosedur ini menggunakan energi cahaya dari laser yang ditembakkan ke varises. Sinar laser akan membuat pembuluh darah memudar. Operasi laser sebagian besar digunakan untuk mengobati varises yang lebih kecil. Tidak ada pemotongan atau injeksi bahan kimia yang terlibat.

Terapi Ablasi Endovenous

Ablasi Endovenous menggunakan laser atau gelombang radio untuk menciptakan panas yang bertujuan untuk menutup vena varises.

Dokter akan membuat sayatan kecil di kulit yang  dekat dengan vena yang mengalami varises. Kemudian tabung kecil yang disebut kateter dimasukkan ke dalam vena. Pada ujung kateter tersebut akan dipanaskan di dalam pembuluh darah dan menutupnya.

Saat dilakukan prosedur untuk menghilangkan varises ini  Anda tidak akan merasa sakit karena sebelum prosedur dilakukan dokter memberikan obat pati rasa di daerah sekitar vena. Pasien bisa pulang pada hari yang sama, tak perlu rawat inap.

Bedah Vena Endoskopi 

Dokter akan membuat sayatan kecil di kulit di dekat varises. Kemudian kamera kecil di ujung selang serabut optik kecil dimasukkan ke dalam pembuluh darah vena. Pada ujung kamera terdapat alat bedah yang digunakan untuk menutup pembuluh darah.

Operasi vena Endoskopi biasanya hanya digunakan dalam kasus-kasus varises yang parah, dimana telah timbul ulkus atau borok pada kulit. Penyembuhan setelah prosedur ini membutuhkan waktu sekitar 1 minggu.

Phlebectomy Ambulatory

Untuk menghilangkan varises dengan cara ini, dokter akan membuat sayatan kecil di kulit. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan varises vena yang paling dekat dengan permukaan kulit dan ukurannya masih kecil.

Vein Stripping dan Ligasi

Vein stripping dan ligasi biasanya dilakukan hanya untuk mengobati kasus varises yang parah. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengikat, menutup dan membuang vena melalui sayatan kecil pada kulit. Cara ini biasanya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan. Waktu pemulihan dari prosedur ini sekitar 1 sampai 4 minggu.

Itulah Berbagai Cara Menghilangkan Varises yang terbukti Ampuh dan masuk akal, kalau yang lain? 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer