Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak

Ada banyak alasan kenapa seseorang mengalami gusi bengkak, misalnya karena infeksi, iritasi makanan, kerusakan pada gigi, kekurangan gizi, dan masalah mulut lainnya.

Mengetahui penyebabnya akan memudahkan kita dalam mengobati gusi bengkak, dan tidak cukup sampai disitu, karena kita juga bisa melakukan langkah pencegahan agar masalah gusi bengkak tak muncul lagi di kemudian hari.

Bagaimana Cara Mengobati Gusi Bengkak?

Ada banyak cara atau langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi gusi bengkak, agar lebih sistematis berikut kami sajikan poin per poin:

Ketahui Penyebabnya

Seperti telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa masalah gusi bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal sehingga harus ditentukan terlebih dahulu apa penyebabnya agar kita dapat mengobatinya dengan tepat, beberapa contoh adalah sebagai berikut:

  • Teknik Menyikat Gigi yang salah. Menyikat gigi adalah hal yang penting, karena salah satu penyebab gusi bengkak adalah adanya plak dan karang gigi yang menyebabkan peradangan pada gusi, namun jika cara menyikat tidak tepat seperti terlalu kuat, menyikat berlebihan, atau menggunakan sikat yang kasar, maka malah membuat gusi menjadi bengkak.
  • Gingivitis dan Periodontitis. Gingivitis adalah peradangan pada gusi yang disebabkan oleh infeksi, sedangkan periodontitis adalah infeksi pada struktur pendukung gigi yang bisa menyebabkan gigi koyak hingga lepas. Semua menimbulkan pembengkakan pada gusi, gusi bernanah, dan terkadang disertai dengan badan demam.
  • Sariawan. Gusi juga bisa mengalami sariawan, di mana terdapat borok atau ulkus dan menimbulkan pembengkakan.
  • Merokok. Merokok dan menggunakan produk tembakau lainnya juga bisa membuat gusi sakit dan bengkak.
  • Hormon. Gusi bengkak juga bisa disebablan oleh masalah hormon pada masa pubertas, menstruasi, kehamilan dan menopause.
mengobati gusi bengkak

Peridontitis dengan gusi bengkak bernanah didalamnya (abses)

Mengobati Rasa Sakit Akibat Gusi Bengkak

Minum Obat Pereda Nyeri

Cara cepat mengatasi rasa sakit akibat gusi bengkak adalah dengan meminum obat penghilang rasa sakit yang banyak tersedia di apotek ataupun toko obat. Contohnya parasetamol, ibuprofen, dan aspirin. Pastikan tidak ada kontraindikasi.

Kompress

Rasa sakit juga dapat diatasi dengan cara menggunakan kompress air dingin atau es batu yang dihaluskan, kemudian bungkus dengan kain lalu tempelkan pada pipi tepat di mana gusi bengkak berada. Ini merupakan cara alami untuk meredakan rasa sakit.

Berkumur dengan Air Garam

Memang ini merupakan cara mengobati gusi bengkak yang tergolong kuno, namun hingga saat ini cara ini terbukti efektif. Larutan garam memiliki aktifitas antibakteri dan menenangkan peradangan. Cara membuatnya pun mudah; sediakan air hangat 1 cangkir, tambahkan 1 sendok teh garam dapur lalu aduk hingga rata; Gunakan larutan asin ini untuk berkumur selama 30-60 detik beberapa kali sehari, pastikan bagian gusi yang bengkak terkena larutan ini.

Larutan ini juga berfungsi mengatasi radang tenggorokan dan sariawan.

Gunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah salah satu pengobatan alami untuk gusi bengkak yang telah terbukti efektif dalam mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan. Cukup oleskan minyak cengkeh sedikit langsung ke gusi yang bengkak tiga kali sehari. Atau, Anda dapat menempatkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam secangkir air lalu digunakan untuk berkumur. Minyak cengkeh dapat ditemukan di sebagian besar toko obat dan toko makanan kesehatan.

mengobati gusi bengkak

ilustrasi gusi bengkak

Perawatan Sederhana untuk Mengatasi dan Mencegah Gusi Bengkak

Gunakan Sikat Gigi yang Lembut

Menyikat gigi akan menghilangkan plak dari mulut, sehingga membantu memerangi penyakit gusi dan kerusakan gigi. Bahkan, hampir semua masalah kesehatan mulut dapat dicegah dengan kebersihan gigi yang konsisten dan menyeluruh. Anda harus menyikat gigi setidaknya sekali di pagi hari dan sekali di malam hari, dan setelah makan siang jika mungkin. Pada saat gusi meradang gunakanlah bulu sikat yang lembut sehingga tidak menimbulkan trauma pada gusi yang akan memperparah kondisi.

Flossing

Ini sebenarnya harus dilakukan setiap hari, namun banyak diabaikan, flossing adalah prosedur membesihkan kotoran atau sisa makanan pada sela-sela gigi dengan menggunakan benang. Fungsinya untuk menjangkau daerah yang tidak dicapai oleh sikat gigi. Gunakanlah benang yang halus dan secara perlahan agar tidak memperparah gusi bengkak.

Makanan Bergizi

Pastikan bahwa makanan sehari-hari bervariasi dan kaya akan vitamin C, kalsium dan Asam folat. Kekurangan gizi dapat menyebabkan peradangan gusi. Secara khusus, penting sekali mendapatkan cukup vitamin C, kalsium asam folat setiap hari. Karena fakta menunjukkan bahwa vitamin C dan Asam folat aktif berkontribusi membangun gusi sehat dan mencegah radang gusi, sementara itu telah terbukti bahwa orang yang kekurangan kalsium jauh lebih rentan terkena penyakit gusi.

Hindari Penyebab Iritasi

Untuk lebih efektif dalam mengobati gusi bengkak, maka hindarilah zat-zat makanan yang akan memperburuk pembengkakan, seperti produk tembakau (rokok atau nginang) dan alkohol. Selain itu, obat kumur yang keras – yang biasanya digunakan untuk membasmi kuman mulut – benar-benar dapat memperburuk gusi bengkak, sehingga Anda juga harus berhenti memakianya untuk sementara waktu. Makanan lainnya berupa kerupuk, keripik, makanan keras, pedas, dan sebagainya sebaiknya juga dihindari.

Minum banyak air

Minum banyak air akan membantu mengusir sisa makanan dan bakteri dari mulut, sehingga dapat membatasi pembentukan plak berlebihan. Selain itu, air minum akan merangsang produksi air liur, yang secara alami dapat membantu membunuh bakteri.

Hindari Stress

Kelelahan dan stress dapat menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh dan membuat seseorang menjadi rentan terkena gusi bengkak, jadi cobalah untuk mendapatkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap malam. Anda juga harus menghindari stres sebanyak mungkin, stres menyebabkan tubuh melepaskan zat kimia yang dikenal sebagai kortisol, yang telah dikaitkan dengan radang gusi dan masalah lain pada tubuh.

Ke Dokter Gigi

Gusi bengkak sering berkaitan dengan masalah gigi yang lebih parah seperti periodontitis yang disebabkan oleh penumpukan plak, kuman dan kerusakan gigi, jadi jika gusi bengkak dan tak kunjung membaik ketika sudah dilakukan perawatan sederhana, maka Anda harus membuat janji dengan dokter gigi. Dokter gigi akan dapat tahu persis apa yang terjadi di mulut Anda dan merekomendasikan pengobatan yang tepat. Bahkan jika gigi dan gusi tampak benar-benar sehat, tetap saja menjadi hal yang penting untuk berkunjung ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun.

Itulah berbagai cara mengobati gusi bengkak yang efektif dan aman, sebagian besarnya dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Namun dalam beberapa kasus Anda harus segera pergi ke dokter ketika gusi bengkak bernanah, disertai demam, tidak kunjung sembuh, dan kondisi berat lainnya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer