Cara Ampuh Menurunkan Demam

Demam adalah respon tubuh sebagai cara untuk melawan infeksi yang sedang terjadi. Demam ditandai dengan kenaikan suhu tubuh di atas nilai normal atau bisa dikatakan badan panas. Banyak yang takut ketika badan panas terjadi, sehingga banyak yang berupaya bagaimana cara menurunkan demam dengan cepat dan aman.

Demam biasanya merupakan tanda dari adanya suatu penyakit atau sesuatu yang abnormal yang sedang terjadi dalam tubuh dan sistem imun sedang melawannya. Selain kenaikan suhu tubuh, demam sering juga disertai dengan gejala yang lain seperti sakit kepala, badan pegal-pegal, kedinginan, dan lemah.

Demam tidak harus segera diturunkan, namun ketika itu menimbulkan ketidaknyamanan terutama pada anak-anak, maka diperlukan langkah-langkah atau upaya untuk menurunkan demam. Baca juga: Anak Demam

Cara Menurunkan Demam dengan Obat

Demam dapat diturunkan secara efektif dengan minum obat demam yang banyak tersedia di toko obat atau apotek, artinya obat-obatan berikut dapat diperoleh tanpa resep dokter.

Parasetamol

Paracetamol atau Acetaminophen adalah obat yang sering digunakan bahkan diresepkan untuk menurunkan demam dan menghilangkan rasa sakit. Acetaminophen bekerja dengan cara mempengaruhi pusat rasa sakit untuk menurunkan suhu ketika naik. Dosis rata-rata untuk orang dewasa adalah 325-650 mg setiap 4 jam, tidak boleh lebih dari 4 gram per hari. Dosis parasetamol sebagai obat demam anak bervariasi sesuai dengan berat badan dan usianya. Obat demam ini juga aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat yang tergolong dalam anti-inflamasi non-steroid. Ibuprofen bekerja dengan menghentikan tubuh untuk memproduksi hormon yang menyebabkan rasa sakit. Hal ini paling efektif untuk pengobatan rasa sakit atau nyeri ringan hingga sedang, seperti kram menstruasi termasuk menurunkan demam. Obat ini harus selalu diminum dengan makanan (setelah makan) untuk mencegah sakit perut.

Aspirin

Aspirin adalah salah satu obat populer untuk menurukan demam dan meredakan nyeri. Aspirin bekerja dengan efektif menghalangi produksi hormon yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Efeknya bertahan paling lama dibandingkan dengan obat lain yang sejenis. Aspirin harus selalu diminum setelah makan. Obat ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak.

cara menurunkan demam

Cara Alami Menurunkan Demam

Meskipun demam biasanya akan hilang dalam satu atau dua hari, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Hal yang harus dipertimbangkan dalam mengatasi demam yaitu selain menurunkannya kita juga harus menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Berikut adalah beberapa pengobatan alami untuk menurunkan demam.

Banyak Minum

Bila Anda memiliki demam, tubuh Anda kehilangan cairan melalui keringat. Oleh karena itu, Anda harus mencoba untuk mengganti cairan yang hilang sebanyak mungkin untuk mencegah dehidrasi. Minum banyak air atau makan buah-buahan dan sayuran seperti semangka dan mentimun juga harus membantu.

Mandi Hangat

Anda secara alami dan efektif dapat mengurangi demam dengan cara mandi air hangat. Terutama pada anak, lebih baik gunakan lap atau handuk bersih kemudian mandikan dengan cara mengelapnya saja. lebih lanjut silahkan baca: Cara Mengatasi Demam pada Anak

 

Mengonsumsi Teh Herbal

Beberapa tumbuhan berguna dalam mengurangi demam dan mendorong Anda untuk berkeringat. Hal ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi teh herbal hangat diminum seperlunya, mungkin 3 kali sehari, dan akan lebih baik ditambahkan madu.

cara menurunkan demam

Kompres Hangat

Sebuah suhu tubuh tinggi dapat diturunkan dengan menerapkan kompres hangat. Rendam kain handuk bersih dalam air hangat. Kemudian peras dan terapkan pada dahi atau dada. Ketika kain telah dingin atau sesuai suhu tubuh, celupkan lagi ke dalam air hangat, lalu ulangi.

Kaus Kaki Basah dan Kering

Sebuah laporan dari University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa mengenakan kaus kaki basah saat tidur dapat membantu menurunkan demam. Rendam sepasang kaus kaki tipis dalam air dingin, peras lalu pakailah. Selama tahap ini, pakailah sepasang kaus kaki kering tebal di sisi luarnya. Saat Anda tidur, tubuh Anda akan memproduksi darah ekstra dan cairan limfatik untuk memerangi basah pada kaki. Ini juga akan membangun sistem kekebalan tubuh. Selalu jaga Kebersihan Kaki.

Peringatan!! Meskipun mengalami menggigil atau ber keringat dingin saat demam, tidak baik membungkus diri dalam selimut hangat atau mengenakan pakaian tebal. Gunakanlah pakain satu lapis agar suhu tubuh bisa turun dengan cepat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer