Cara Mencegah Diabetes

cara mencegah diabetes melitusMencegah lebih baik daripada mengobati“. Kata-kata itu sangatlah tepat untuk mencegah penyakit apa saja, terutama untuk penyakit kronis seperti diabetes melitus. Mengingat penyakit diabetes ini membutuhkan pengobatan jangka panjang dan ketekunan pengidapnya dalam menjalani pengobatan tersebut, tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit pula.  Tujuan dari pengobatan tersebut tak lain ialah agar gula darah tetap terkontrol dan agar tidak terjadi komplikasi (baca juga Komplikasi Diabetes).

 

Oleh karena itu Pencegahan dabetes ini penting,  penting untuk setiap orang namun lebih penting lagi bagi yang memiliki resiko tinggi terhadap diabetes. Baiklah, tak perlu panjang lebar, berikut ini saya sajikan  “Cara Mencegah Diabetes“.

Perbanyak Aktifitas Fisik

Terdapat banyak manfaat dari aktivitas fisik secara teratur, diantaranya :

  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan gula darah
  • Meningkatkan kepekaan jaringan tubuh terhadap insulin –  membantu menjaga gula darah dalam rentang normal

Penelitian menunjukkan bahwa baik latihan aerobik dan latihan ketahanan dapat membantu mengendalikan diabetes, tapi manfaat terbesar berasal dari program fitness yang meliputi keduanya.

Banyak Makan Serat

Banyak makan serat dapat mencegah diabetes, karena manfaat dari konsumsi serat makanan, antara lain :

  • Mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah
  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Menjaga  berat badan, karena makan kaya serat membuat  rasa kenyang

Makanan tinggi serat termasuk buah-buahan, sayuran,  kacang-kacangan dan biji-bijian.

Konsumsi biji-bijian

Meskipun tidak jelas mengapa biji-bijian dapat mencegah diabetes, biji-bijian dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Banyak makanan yang terbuat dari biji-bijian yang sudah siap santap, termasuk aneka roti, produk pasta dan sereal.

Menurunkan berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan, pencegahan diabetes dapat bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kehilangan kilogram berat badan Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda. Dalam suatu studi, orang dewasa dengan kelebihan berat badan mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 persen untuk setiap kilogram (2,2 pon) dari berat badan yang hilang. Juga, mereka yang dapat menurunkan berat badan – setidaknya 5 sampai 10 persen dari berat badan awal – dan berolahraga secara teratur mengurangi risiko diabetes hampir 60 persen selama tiga tahun.

Diet sehat

Diet rendah karbohidrat, diet rendah gula atau diet lainnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan pada awalnya, tetapi untuk efek jangka panjang, efektivitasnya untuk mencegah diabetes tidak diketahui dengan pasti.

Kapan harus ke dokter ?

Jika Anda lebih tua dari usia 45 dan berat badan Anda normal, tanyakan kepada dokter apakah perlu pemeriksaan diabetes. The American Diabetes Association merekomendasikan skrining glukosa darah jika:

  • Usia 45 atau lebih tua dan kelebihan berat badan
  • Lebih muda dari usia 45 dan kelebihan berat badan dengan satu atau lebih faktor risiko tambahan untuk diabetes tipe 2 – seperti gaya hidup atau riwayat keluarga diabetes

Berkonsultasilah dengan dokter tentang pencegahan diabetes. Dia akan menghargai usaha Anda untuk menjaga tubuh agar terhindar dari diabetes, dan mungkin dokter akan menawarkan saran tambahan berdasarkan riwayat medis atau faktor-faktor lainnya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer