Cara Mencegah Sakit Mata, Agar Tidak Tertular

Ketika melihat orang lain sedang mengalami sakit mata, biasanya kita merasa ketakutan jangan-jangan sakit mata bisa menular pada kita, maka tak heran sikap kita pada waktu itu berusaha menghindari bahkan menjauhinya. Lantas sebenarnya bagaimana cara mencegah sakit mata agar kita tidak tertular, atau mungkin jangan sampai kita yang memulai sakit mata tanpa ada yang menulari.

Pembaca yang budiman, sebenarnya tidak semua sakit mata itu menular. Hal ini terkait dengan penyebabnya, sakit mata atau konjunctivitis yang menular yaitu yang disebabkan infeksi virus (viral conjunctivitis) dan infeksi bakteri (bacterial conjunctivitis) sedangkan sakit mata karena alergi dan iritasi tidak menular. Seperti telah saya tulis sebelumnya di Sakit Mata (conjunctivitis).

Lalu bagaimana kita mengetahui sakit mata yang dialami seseorang itu merupakan infeksi virus atau bakteri yang sangat menular?

Viral conjunctivitis memiliki ciri-ciri mata berair, gatal, kepekaan terhadap cahaya. Satu atau kedua mata dapat terpengaruh. Sangat menular, dapat menyebar melalui batuk dan bersin.

Sedangkan Konjungtivitis bakteri memiliki ciri-ciri cairan mata kental / lengket, berwarna kuning atau kuning-kehijauan di sudut mata (belekan). Dalam beberapa kasus, kotoran mata ini bisa menjadi cukup banyak sehingga menyebabkan kelopak mata lengket dan susah dibuka ketika bangun tidur. Satu atau kedua mata dapat terpengaruh. Menular (biasanya melalui kontak langsung dengan tangan yang terinfeksi atau sesuatu yang telah menyentuh mata).

Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Sakit Mata Tersebut?

Sekarang kita sudah tahu ciri-ciri sakit mata yang dapat menular. Nah, tinggal bagaimana kita melakukan cara untuk mencegah jangan sampai kita atau anggota keluarga terkena sakit mata ini.

Berikut adalah 7 tindakan pencegahan sederhana yang dapat kita lakukan yang secara signifikan dapat mengurangi risiko terkena sakit mata konjunctivitis:

  1. Jangan pernah berbagi (menggunakan bersama-sama) barang pribadi seperti waslap, handuk tangan atau tissu dengan penderita.
  2. Untuk penderita, tutuplah hidung dan mulut saat batuk atau bersin, dan hindari menggosok atau menyentuh mata.
  3. Jangan (pernah) berbagi lensa kontak dengan orang lain.
  4. Mencuci tangan dapat mencegah penularan sakit mata. Jadi cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah menyentuh area mata.
  5. Cuci tangan, terutama setelah menghabiskan waktu di sekolah atau di tempat-tempat umum lainnya.
  6. Sering membersihkan permukaan perabot atau alat rumah tangga yang sering digunakan bersama seperti remote, telepon, pegangan pintu, keran air, dan lain-lain dengan menggunakan pembersih antiseptik yang tepat.
  7. Saat berenang, pakailah kacamata renang untuk melindungi mata diri dari bakteri dan mikroorganisme lainnya dalam air yang dapat menyebabkan konjungtivitis.

Langkah pencegahan jika dilakukan dengan benar akan efektif mencegah penularan sakit mata konjunctivtis bakteri dan virus, salam sehat selalu.

1 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer