Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Medis

Untuk rambut rontok yang Anda alami, mungkin Anda telah melakukan berbagai macam cara mengatasi rambut rontok, akan tetapi belum juga berhasil.

Memang pada beberapa jenis rambut rontok, ada yang tidak memerlukan pengobatan sudah dapat teratasi. Namun pada kondisi tertentu, perawatan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut atau mengurangi rambut rontok.

Baiklah disini akan saya bahas cara mengatasi rambut rontok secara medis. Mulai dari penggunaan obat oles untuk mengatasi rambut rontok, obat minum untuk mengatasi rambut rontok, sampai operasi.

Pengunaan Obat untuk Mengatasi rambut Rontok
Jika rambut rontok yang dialami oleh seseorang disebabkan oleh penyakit yang mendasari, maka memerlukan pengobatan untuk penyakit tersebut. Dalam hal ini mungkin termasuk obat untuk mengurangi peradangan dan menekan sistem kekebalan tubuh, seperti prednison. Tapi, sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter.

Adapun obat-obat yang tergolong efektif untuk mengatasi rambut rontok antara lain :

Minoxidil (Rogaine).

Minoxidil berbentuk cairan yang dijual bebas di pasaran. Minoxidil ini digunakan dengan cara digosokkan ke kulit kepala sebanyak dua kali sehari. Beberapa orang yang telah menggunakan minoxidil membutikan bahwa minoxidil dapat meningkatkan pertumbuhan kembali rambut yang rontok dan dapat mengurangi rambut rontok. Biasanya memakan waktu sekitar 12 minggu untuk pertumbuhan rambut yang baru.  Minoxidil tersedia dalam larutan 2 persen dan larutan 5 persen. Efek samping minoxidil diantaranya iritasi kulit kepala dan pertumbuhan rambut pada daerah yang tidak diinginkan, kadang-kadang pada kulit yang berdekatan dengan dahi atau wajah.

Finasteride (Propecia).

cara medis mengatasi rambut rontok yang ampuh

Merupakan obat yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengobati kebotakan pada pria yang diminum setiap hari dalam bentuk pil. Banyak pria yang meminum finasteride mengalami perlambatan rambut rontok, dan beberapa  menunjukkan pertumbuhan rambut baru. Efek samping yang jarang dari finasteride termasuk gairah seks dan fungsi seksual yang berkurang. Efek samping lain Finasteride, namun jarang terjadi yakni pertumbuhan kanker prostat. Finasteride ini harus dihindari oleh wanita usia subur.

Operasi
Operasi ditujukan untuk rambut rontok yang sampai menimbulkan kebotakan yang permanen, dan hanya bagian atas kepala yang dipengaruhi. Prosedur operasi untuk mengatasi kebotakan secara umum sebagai berikut :
Membuang bagian kulit kepala yang botak kemudian ditutup dengan kulit kepala yang berambut dari bagian lain dari kepala.

Prosedur operasi untuk mengobati kebotakan biayanya mahal dan bisa menyakitkan. Risiko yang mungkin terjadi yaitu infeksi dan jaringan parut.

Memakai Wig
Jika anda tidak ingin menggunakan obat-obatan ataupun operasi, solusi lain yang dapat dipertimbangkan agar anda tetap percaya diri yakni memakai wig atau rambut palsu yang dapat digunakan untuk menutupi rambut rontok (botak) baik permanen atau sementara. Apalagi sekarang sudah banyak tersedia rambut palsu dengan kualitas baik sehingga tampak asli.

Sekian, cara mengatasi rambut rontok secara medis, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer