Cara Alami Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Selain menjadi gatal, iritasi, dan berbekas, gigitan nyamuk juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, tidak hanya mempengaruhi kulit tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tentu Anda tak mau rugi dan ingin mengetahui bagaimana “cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan cepat” Jika demikian, simak terus artikel ini.

Kita bisa mengetahui dengan mudah bekas gigitan nyamuk pada kulit ketika kita melihat langsung ada nyamuk yang mengigit daerah tersebut sebelumnya. Namun, jika Anda tidak melihat dan tiba-tiba ada bentol di kulit maka Anda harus berusaha mengetahui penyebabnya.

bekas gigitan nyamuk

Bekas gigitan nyamuk pada bayi biasanya berupa bentol yang merah yang melebar, sedangkan pada orang dewasa berukuran lebih kecil, berwarna kemerahan dan menimbul seperti jerawat. Jika sudah berlangsung beberapa hari, maka bekas gigitan nyamuk bisa menghitam dan bisa mengganggu penampilan. Maka dari itu kita perlu menghilangkan bekas gigitan nyamuk ini, baik pada saat masih merah ataupun ketika sudah menghitam.

Baca: Bercak Merah pada Kulit? Ini Penyebab dan Penanganannya

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk dengan Efektif dan Aman

Ketika nyamuk menggigit atau menusuk kulit, bisa lebih dari sekedar menggigit. Sementara sebagian besar kasus hanya akan menjadi gangguan pada kulit yang dapat dengan mudah diatasi, namun ada risiko kesehatan potensial yang perlu kita waspadai. Jika Anda begitu sensitif (alergi) terhadap gigitan nyamuk, maka gigitan itu bisa menyebabkan rasa sakit, badan demam, sakit kepala, atau sakit badan sesudahnya.

Biduran bisa juga terjadi, serta pembengkakan kelenjar getah bening pada kasus sangat parah. Reaksi ini disebabkan oleh air liur nyamuk yang transfer ke tubuh ketika mengigit. Risiko kesehatan lain yang lebih berbahaya terkait dengan gigitan nyamuk adalah beberapa jenis penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. Penyakit ini termasuk demam berdarah, malaria, chikungunya, kaki gajah dan demam kuning.

Baca: Ciri-Ciri Nyamuk Demam Berdarah Disertai Gambar

Menghilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Ada banyak cara untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Pertama-tama, penting untuk menganinya segera mungkin. Semakin lama gigitan nyamuk tidak diobati, maka semakin besar kemungkinan untuk menyebabkan kerusakan lebih lanjut dan gatal-gatal yang lebih parah.

# Alkohol

Kita bisa menggunakan Alkohol, buatlah bola kapas lalu basahilah dengan alkohol selanjutnya oleskan bola kapas tersebut pada kulit segera setelah digigit nyamuk, cara ini cukup efektif untuk mencegah infeksi dan meringankan rasa gatal dengan cepat. Meskipun gatal, usahakan tidak menggaruk daerah kulit yang tergigit.

# Baking Soda

Ada beberapa cara alami untuk menghilangkan gatal akibat gigitan nyamuk. Sebagian besar barang yang diperlukan untuk tujuan ini dapat ditemukan di rumah. Baking soda adalah salah satu solusi yang paling efektif. Mulailah dengan mencampur baking soda dengan air hangat sehingga menjadi pasta. Gunakan kapas atau cutton buds untuk mengoleskan pasta tersebut di daerah gigitan. Tinggalkan pasta pada kulit selama beberapa menit sebelum mencucinya.

# Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah pilihan alami lain yang dapat mengurangi rasa gatal. Rendam bola kapas pada cuka sari apel sampai menjadi jenuh. Kemudian, ambil dan oleskan bola kapas pada kulit yang terkena gigitan. Pertahankan bola kapas sampai rasa gatal atau nyeri menghilang.

Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Memerah

Selain gatal, akan ada perubahan warna kulit menjadi kemerahan pada kulit bekas gigitan nyamuk. Kemerahan di sekitar gigitan akan segera terlihat Andapun sebaiknya bisa mengambil tindakan dengan cepat. Rasa panas dan pembengkakan juga bisa menyertai kemerahan ini. Masalah-masalah ini juga dapat diatasi dengan beberapa solusi sederhana.

# Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan solusi alami yang bisa mengatasi banyak masalah cedera, termasuk bekas gigitan nyamuk. Salah satu masalah kulit yang bisa diatasi oleh lidah buaya adalah rasa nyeri, gatal, dan peradangan yang ditandai dengan kemerahan pada kulit. Oleskan sedikit getah lidah buaya ke daerah gigitan. Sama seperti efek penyembuhan pada sengatan matahari, lidah buatan juga akan memberikan kenyamanan pada kulit yang telah menjadi merah dan bengkak akibat gigitan nyamuk.

# Madu

Madu merupakan zat alami yang bagus untuk menyingkirkan pembengkakan. Cara penggunaannya sama seperti yang lainnya, cukup oleskan pada daerah kulit yang terkena gigitan. Madu memiliki kemampuan penyembuhan alami yang membuatnya menjadi solusi yang bagus untuk menghilangkan pembengkakan dan nyeri. Kandungan anti inflamasi pada madu akan dapat mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan rasa gatal.

Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Menghitam

Bintik hitam bekas gigitan nyamuk bisa terjadi ketika tidak ditangani dengan benar sedari awal. Salah satunya yaitu ketika Anda tidak bisa menahan keinginan untuk menggaruk, garukan akan menimbulkan reaksi inflamasi yang lebih hebat sehingga ketika sembuh akan menimbulkan bekas berupa bintik-bintik kehitaman (hiperpigmentasi). Untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang telah menghitam seperti ini Anda bisa menggunakan prosuk pencerah, beberapa merekomendasikan menggunakan hydroquinone untuk memudarkan noda gelap pada kulit, tetapi ada potensi efek samping sehingga di sini lebih kami anjurkan untuk menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan alami untuk memudarkan noda gelap bekas gigitan nyamuk antara lain:

  • Vitamin E diterapkan untuk bekas gigitan nyamuk membantu mengurangi kemerahan, kehitaman dan membantu kulit lebih cepat sembuh.
  • Minyak biji rosehip membantu mengurangi perubahan warna dan meratakan warna kulit.
  • Licorice adalah antioksidan dan anti-inflamasi yang juga memiliki sifat pencerah kulit.
  • Minyak kelapa dapat memudarkan noda gelap pada kulit.
  • Tomat bermanfaat untuk mengelupas dan mencerahkan kulit.
  • Lemon dan limau bisa mencerahkan kulit secara alami .
  • Buah Pepaya membantu bintik-bintik gelap memudar dan meratakan warna kulit. Pepaya hijau dapat dicampur dengan lemon atau jeruk nipis untuk membantu meringankan bintik-bintik.

Bahan-bahan di atas digunakan langsung dengan cara di oles pada kulit yang terkena. Gunakanlah salah satu bahan saja, jangan menggunakan beberapa bahan dalam waktu yang sama (kecuali sudah diterangkan di atas) untuk menghindari reaksi yang tidak diinginkan.

Walau bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati, terlebih ketika gigitan nyamuk tidak hanya menimbulkan bekas pada kulit tetapi juga resiko penyakit yang lebih berbahaya seperti telah disebutkan di atas. Pencegahan bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan lotion anti nyamuk, menggunakan obat nyamuk bakar, elektrik atau spray pada ruangan, penggunaan kelambu saat tidur, dan membersihkan lingkungan agar tidak ada nyamuk yang bersarang.

Demikian tips menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer