Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat yang saat ini Anda alami, tentu menjadi penderitaan tersendiri, yang ini mampet yang ini enggak..! apalagi waktu tidur, miring ke kiri hidung sebelah kiri mampet, miring ke kanan hidung sebelah kanan mampet, waduh.. bisa gak bisa tidur dibuatnya. Ingin tahu, bagaimana cara menghilangkan hidung tersumbat?

Sebelum kita masuk ke pokok bahasan “cara menghilangkan hidung tersumbat“, maka kita harus pahami terlebih dahulu apa si sebenarnya yang terjadi ketika hidung kita tersumbat? mungkin sebagian besar berfikir bahwa hidung mampet terjadi akibat sumbatan oleh lendir atau ingus pada hidung. Sebenarnya tidak demikian, hidung tersumbat terjadi akibat adanya peradangan dan pelebaran pada pembuluh darah di lapisan mukosa hidung sedangkan ingus hanyalah faktor pelengkapnya saja. Makanya ini juga dipengaruhi oleh gravitasi (darah=cairan, sifatnya?), sudah terjawab kan? kenapa pas tidur miring ke kiri yang kesumbat hidung sebelah kiri dan sebaliknya.

Dengan konsep yang demikian, maka kita akan mudah melakukan cara untuk menghilangkan hidung tersumbat, sebagai berikut:

Tinggikan Kepala

Saat tidur, posisikan kepala lebih tinggi dari dada, atau dengan kata lain tidur setengah duduk dengan mangganjal kepala menggunakan beberapa bantal.

Jangan Sering Keluarkan Ingus

Bukannya tidak boleh, tapi jangan berlebihan. Mencoba mengeluarkan ingus dengan kuat ketika hidung tersumbat, padahal tidak ada ingus, malah akan membuat hidung makin tersumbat. Meniup kencang berulang kali akan membuat membran halus di dalam lubang hidung akan lebih meradang, dan tak jarang bisa sampai mengeluarkan ingus berdarah. Jadi bijaklah dalam mengeluarkan ingus.

cara menghilangkkan hidung tersumbat

Mandi Air Hangat

Ketika mandi air hangat, maka otomatis kita akan menghirup uap hangat, seperti humidifier, uap dari mandi air hangat akan membantu menipiskan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Akibatnya, pernapasan akan menjadi lebih lega dan kembali normal, setidaknya untuk waktu yang singkat.

Menghirup Uap Air Panas

Untuk menghilangkan hidung tersumbat, kita juga bisa mendapatkan efek yang sama seperti di atas dengan menghirup langsung uap dari air panas yang kita sediakan di sebuah tempat seperti baskom atau panci. Ketika melakukan ini, gunakanlah kain atau handuk di kepala seperti ketika melindungi kepala dari rintik hujan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan jumlah uap air yang bisa terhirup, agar tidak mudah lolos.

Kompres Hangat

Dengan cara kerja yang sama dengan menghirup uap hangat, kompres hangat juga akan membantu membuka hidung yang tersumbat, tapi ini bekerja dari luar. Caranya: rendam handuk di air hangat. Peras air dari handuk, kemudian letakkan pada wajah, terutama di daerah hidung dan dahi. Rasa hangat dapat memberikan kenyamanan dan dapat membantu meringankan peradangan pada hidung. Ulangi ini sesering yang diperlukan.

Gunakan Larutan Saline

Kita bisa memperoleh larutan saline beserta semprotan khusus untuk hidung di apotek. Jika tidak ada, kita bisa menggunakan larutan yang terdiri dari air putih hangat dicampur garam. Gunakan semprotan saline dan teteskan pada rongga hidung untuk meningkatkan kelembaban dalam hidung. Hal ini akan membantu mengencerkan lendir, yang mengurangi peradangan pembuluh darah sehingga akan dapat menghilangkan hidung tersumbat. Jika masih bingung bagaimana cara menggunakannya, bicarakan dengan apoteker setempat.

Banyak Minum

Ketika hidung tersumbat, kita usahakan agar ingus dapat mengalir keluar dengan lancar. Hal ini akan tercapai ketika kita banyak minum, baik itu air putih, minuman olahraga, teh, sup, bahkan jus buah. Jika kita cukup cairan, maka itu akan membantu mengencerkan lendir di hidung, dengan demikian akan menurunkan tekanan atau sumbatan dalam hidung dan mendorong cairan keluar dari hidung. Dangann cara ini hidung tersumbat akan cepat teratasi.

Di samping itu, jika hidung tersumbat disertai dengan sakit tenggorokan (radang tenggorokan), teh hangat dan sup juga akan membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Makan Pedas

Jika rongga hidung terasa ada ingus yang kental dan lengket, maka cobalah untuk makan makanan yang sedikit pedas dibanding bisanya. Setelah itu minumlah air yang banyak, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Obat Oles dan Inhaler

Menggunakan obat oles seperti minyak kayu putih atau balsam dan penggunaan inhaler yang mengandung mentol, eucalyptus, dan atau kamper dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat ketika uapnya terhirup.

  • Gosokkan pada leher depan atau dada jika akan tidur. Hal ini cukup dekat dengan hidung sehingga akan mudah terhirup, tetapi tidak begitu dekat dengan mata sehingga menghindari iritasi mata atau pedih di mata.
  • Jika tidak akan tidur, bisa di teteskan pada sapu tangan lalu dihirup atau mengoleskannya pada kulit antara bibir atas dan hidung, namun jangan sekali-kali mengoleskannya pada rongga hidung.

Minum Obat Flu (Dekongestan)

Obat dekongestan berfungsi melegakan hidung tersumbat, tersedia dalam bentuk pil dan semprot. Zat aktif yang digunakan termasuk Pseduoefedrin, Phenylpropanolamine, dsb. Cara kerja obat ini dalam menghilangkan hidung tersumbat yaitu dengan mengencilkan pembuluh darah, sehingga sumbatan hidung akibat pelebaran pembuluh darah dapat dihilangkan. Namun, obat ini memiliki efek samping meningkatkan tekanan darah, jadi jangan minum obat yang berupa pil apabila memiliki hipertensi, namun masih dapat menggunakan sediaan semprot yang hanya memiliki efek lokal (hidung saja).

Penggunaan obat ini tidak boleh lebih dari 3 hari tanpa pengawasan oleh dokter.

Obat Antialergi

Salah satu penyebab hidung tersumbat adalah alergi, jadi dengan minum obat anti alergi seperti antihistamin (contohnya CTM, interhistin, ctirizine) dan steroid (contohnya dexamethasone), maka akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada hidung, yang dapat mengatasi hidung tersumbat. Apalagi jika dikombinasikan dengan dekongestan, pasti ini menjadi cara yang cespleng untuk menghilangkan hidung tersumbat.

Tapi ingat, antihistamin memiliki efek samping mengantuk. Jadi jangan minum obat ini apabila akan melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Sebagai penutup, gunakanlah cara-cara alami terlebih dahulu seperti di atas, jika ternyata belum berhasil juga maka boleh saja menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan hidung tersumbat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer