Cara Menghilangkan Ngorok atau Mendengkur

Tidur ngorok atau mendengkur merupakan masalah gangguan tidur yang umum tejadi, setidaknya hal ini mempengaruhi sekitar 40 persen pria dan 25 persen wanita. Banyak yang ingin tidur bebas tanpa terganggu dengan ngorok, untuk itu berbagai cara menghilangkan ngorok telah dilakukan, ada yang berhasil namun ada juga yang tidak berhasil.

Untuk dapat mengatasi dan menghilangkan tidur ngorok dengan tuntas, maka harus kita identifikasi terlebih dahulu apa penyebabnya. Lebih lanjut silahkan baca: Penyebab Tidur Ngorok Hal ini penting karena setiap masalah akan berbeda solusinya.

Tidur mendengkur lebih sering terjadi pada orang tua, berdasarkan data sekitar sepertiga dari mereka yang mendengkur berusia 55-84 tahun. Meskipun ini sering terjadi, bagaimanapun, mendengkur adalah gangguan tidur yang bisa menimbulkan konsekuensi medis dan sosial yang serius, maka harus diatasi.

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

Tidur Miring

Seseorang akan cendrung mendengkur ketika tidur dalam posisi terlentang, oleh karena itu tips pertama untuk mengatasi mendengkur adalah tidur dengan posisi miring.

cara menghilangkan ngorok

Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan, terutama gemuk pada daerah sekitar leher, akan menimbulkan tekanan pada jalan napas, sehingga saluran nafas menjadi sempit dan akibatnya terjadilah ngorok. Untuk itu berusaha mengurangi berat badan dapat mengatasi masalah seperti ini.

Hindari Alkohol dan Obat penenang

Alkohol dan pil tidur dapat menekan sistem saraf pusat dan mengendurkan otot-otot tenggorokan dan rahang, membuat mendengkur lebih mungkin. Zat-zat ini juga menyebabkan henti nafas saat tidur (sleep apnea), suatu kondisi berbahaya yang telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Jika Anda mengalami kesulitan tidur jangan gunakan obat tidur tanpa resep dokter.

Atasi Alergi pada Hidung

Alergi pernapasan kronis terutama pada hidung, bisa menyebabkan hidung tersumbat sehingga dapat menyebabkan ngorok, karena seseorang akan sendrung bernapas melalui mulut. Minum obat antihistamin sebelum tidur dapat membantu mengatasi hal ini. Jika hidung tersumbat, cobalah menggunakan semprotan saline atau humidifier. Lebih lanjut silahkan baca mengatasi hidung tersumbat.

Berhenti Merokok

Merokok bisa merusak sistem pernapasan dan diketahui dapat melemahkan otot-otot mulut bagian dalam dan saluran nafas sehingga mempermudah terjadinya tidur ngorok. Oleh karena salah satu cara menghilangkan ngorok adalah dengan berhenti merokok.

Tidur Teratur

Tidurlah dengan cukup dengan jadwal yang teratur, yaitu dengan cara pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Tinggikan Kepala

Tidur dengan kepala lebih tinggi akan mengurangi tekanan dan hambatan pada jalan nafas, sehingga pernafasan akan lebih lega.  Hal ini dapat dilakukan dengn tidur menggunakan bantal yang agak tinggi, tidak hanya untuk kepala tetapi juga bagian leher, hal ini untuk menghindari kepala menekuk pada leher yang malah akan membuat ngorok semakin hebat.

Periksa ke dokter untuk Mengatasi Ngorok

Sedang Hamil

Terkadang, mendengkur bisa terjadi pada wanita yang sedang hamil. Tidur ngorok mungkin terjadi karena berat badan naik dan karena perubahan hormon kehamilan menyebabkan otot-otot menjadi lebih lembek. Apapun penyebabnya, tidur ngorok saat hamil dapat membuat janin kekurangan oksigen. Oleh karena itu, bicarakan dengan dokter mengenai hal ini. Baca juga: Tanda-tanda kehamilan

Henti Nafas

Mendengkur berlebihan juga dapat disertai dengan sleep apnea, atau terjadinya henti nafas diantara jeda mendegkur. Hal ini ditandai dengan:

Bangun di malam hari karena tersedak atau nafas terengah-engah.

  • Tidak merasa segar saat bangun
  • Menjadi begitu lelah saat di siang hari
  • Bangun dengan sakit kepala
  • Mengalami kesulitan berkonsentrasi, mengingat, atau fokus
  • Teman satu ranjang Anda melihat bahwa pernapasan Anda berhenti saat tidur

Jika mengalami gejala dan tanda-tanda seperti di atas maka harus segera berobat ke dokter, bukan karena mendengkurnya tetapi karena bahaya pada sistem pernafasan dan kardiovaskular.

Baca juga: 10 Masalah Kesehatan Akibat Kurang Tidur

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menghilangkan ngorok atau mendengkur saat tidur. Semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer