Cara Menghilangkan Varises, Efektif dan Aman

Kali ini kita akan sama-sama belajar bagaimana cara menghilangkan varises dengan cara yang aman dan efektif, namun seperti biasa mari kita berkenalan lebih jauh terlebih dahulu dengan penyakit varises ini, mulai dari definisi, penyebab, baru kemudian pengobatannya.

Varises merupakan pembuluh darah vena yang membesar dan berkeriput atau berkelok-kelok. Semua pembuluh darah vena yang berfungsi mengembalikan darah ke jantung ini bisa menjadi varises, tapi yang paling sering terkena yaitu vena pada kaki maka timbullah varises kaki. Hal ini bisa terjadi karena aktifitas berdiri dan berjalan tegak yang lama akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena pada tubuh bagian bawah.

Lebih dalam tentang penyakit ini baca: Varises

Tanda dan gejala utama dari varises adalah munculnya pembuluh darah vena yang berawarna kebiruan yang terlihat sangat jelas, melebar dan berkelok-kelok. Penderita juga mengkin mengalami rasa sakit, bengkak, berat, dan nyeri di kaki. Dalam beberapa kasus, terjadi pembengkakan, perubahan warna, atau borok di sekitar pergelangan kaki.

varises

Bagi kebanyakan orang, varises merupakan gangguan ringan yang hanya mengganggu secara kosmetika, namun varises ini dapat berpotensi menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan bahkan bisa berubah menjadi kondisi yang serius, maka harus ditangani dengan benar.

Penyebab Varises

Kita tahu bahwa pembuluh darah kita ada 2 macam yaitu Arteri dan Vena. Arteri membawa darah dari jantung ke seluruh jaringan tubuh. Sedangkan Vena kebalikannya, yaitu mengembalikan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Untuk mengembalikan darah ke jantung, vena yang ada di kaki harus bekerja melawan gravitasi. Untungnya vena terletak berdekatan dengan otot, maka kontraksi otot kaki juga memiliki peran sebagai pompa yang membantu fungsi vena ini. Vena memiliki katup kecil yang dapat terbuka ketika darah menuju jantung dan kemudian menutup agar darah tak kembali lagi.

Beikut, hal-hal yang menjadi Penyebab Varises yang menganggu mekanisme normal di atas, antara lain:

  • Umur. Ketika seseorang bertambah tua, pembuluh darah dapat kehilangan elastisitas sehingga mudah meregangkan. Katup vena juga dapat menjadi lemah, sehingga darah yang harusnya bergerak menuju jantung dapat mengalir mundur. Oleh karena itu tekanan pada pembuluh darah vena menjadi tinggi sehingga dapat meregang, membesar dan menjadi varises.
  • Kehamilan. Kehamilan meningkatkan volume darah, tetapi mengurangi aliran darah dari kaki ke panggul. Perubahan sirkulasi ini dirancang untuk mendukung pertumbuhan janin, tetapi dapat menghasilkan efek samping yang tidak menguntungkan yakni pembuluh darah membesar di kaki. Perubahan hormon selama kehamilan juga mungkin memainkan peran. Varises yang berkembang selama kehamilan umumnya membaik tanpa perawatan medis dalam waktu tiga bulan setelah melahirkan.
  • Menopause, serta estrogen dan progesteron pada KB hormonal (pil, suntik, dan implan), dapat melemahkan katup vena dan mengubah sirkulasi kaki.

Cara Menghilangkan Varises

Untuk menghilangkan varises, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sendiri di Rumah dan cara pengobatan yang dilakukan oleh dokter, sebaiknya lakukan keduanya agar dapat efektif menghilangkan varises yang sedang Anda alami.

Pengobatan Varises Di Rumah

Cara berikut ini, selain akan meringankan varises juga dapat mencegah agar seseorang tidak terkena varises. Berikut caranya:

  • Latihan. Berjalan adalah cara bagus untuk mendorong sirkulasi darah di kaki, namun jangan pula berlebihan.
  • Perhatikan berat badan dan makanan. Jaga berat badan agar tetap ideal, karena kegemukan akan meningkatkan risiko terkena varises. Selain itu ikuti diet rendah garam untuk mencegah pembengkakan yang disebabkan oleh retensi cairan. Apakah berat badanmu ideal? periksa dengan kalkulator berat badan
  • Hindari sepatu berhak tinggi. Sepatu bertumit rendah akan memberikan otot betis kerja yang lebih optimal. Disamping itu, jangan memakai pakaian ketat di pinggang, kaki atau pangkal paha.
  • Tinggikan kaki. Untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi gaya gravitasi pada vena kaki, angkatlah kaki ke atas setiap kali beristirahat sambil berbaring, sedemikian rupa sehingga kaki lebih tinggi dari jantung.
  • Kurangi waktu duduk atau berdiri. Ketika Anda duduk atau berdiri, maka selingilah dengan bergerak setidaknya setiap 30 menit.

Pengobatan Varises Oleh Dokter

  • Obat atau suplemen untuk meringankan varises
  • Asam lemak omega-3 1.000 mg per hari
  • Vitamin K 60mg dua kali sehari
  • Ginkgo biloba 120 mg dua kali sehari
  • Menggunakan stoking kompresi atau Stocking VarisesSatocking yang digunakan untuk terapi varises ini berfungsi menekan pembuluh darah vena dan otot-otot kaki disekitarnya yang akan melancarkan aliran darah sehingga volume darah tidak tertahan pada pembuluh darah vena.

    Ketika membeli stocking di apotek, pastikan ukurannya cocok. Oleh karena itu dengan menggunakan pita pengukur, Anda atau apoteker dapat mengukur kaki untuk memastikan bahwa stocking varises yang Anda pilih memeiliki ukuran yang tepat dan cocok sesuai dengan tabel ukuran yang tertera pada paket stocking.

Terapi varises yang ampuh, jika tak kunjung sembuh dengan prosedur sebelumnya, terkhusus pada varises yang berat.

  • Sclerotherapy
  • Operasi Laser
  • Prosedur Kateter
  • Vein stripping
  • Ambulatory phlebectomy
  • Operasi vena endoskopik

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan varises mulai dari cara sederhana yang dapat anda lakukan sampai pada tindakan operasi untuk varises yang berat. Sekian, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer