Cara Menyembuhkan Mata Minus atau Rabun Jauh Paling Manjur

Mungkin banyak yang menawarkan berbagai macam obat untuk mengobati mata minus, baik berupa ramuan herbal ataupun terapi fisik. Namun tahukah Anda, hingga saat ini belum ditemukan cara yang benar-benar efektif untuk menyembuhkan mata minus selain yang  akan saya jelaskan di bawah ini.

Oleh karena itu, pesan saya: janganlah kita membuang-buang waktu dan bahkan materi untuk melakukan hal-hal yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Memang mata minus akan membuat siapa saja menjadi terganggu aktifitas hariannya yang berhubungan dengan penggunaan indra penglihatan. Namun, jangan mentang-mentang kita ingin menyembuhkan mata minus lalu tidak mempelajari terlebih dahulu hakikat serta keamanan dari terapi yang akan dijalani.

Dalam hal ini sangat saya anjurkan untuk memahami konsep mata minus atau rabun jauh atau myopia. Sebagai berikut :

mengobati mata minusPerhatikan gambar di atas, bayangan jatuh di depan retina. Padahal seharusnya (pada orang normal) bayangan jatuh tepat pada retina. Hal ini dapat disebabkan oleh bola mata yang memanjang, kornea yang terlelau melengkung, atau lensa yang terlalu cembung.

Jika kondisinya seperti ini, maka diperlukan koreksi dengan lensa cekung (minus) sehingga disebut mata minus. Atau dengan cara menipiskan korena dengan laser (LASIK) yang akan dijelaskan nanti.

Perlu kita sepakati bersama, bahwa tujuan dari mengobati rabun jauh (mata minus) adalah untuk membantu cahaya fokus pada retina melalui cara yang logis yaitu penggunaan lensa korektif atau bedah refraktif.

Lensa korektif

Lensa korektif digunakan untuk mengoreksi jatuhnya cahaya akibat peningkatan kelengkungan kornea atau peningkatan panjang mata. Jenis lensa korektif meliputi:

Kacamata. Kacamata tersedia dalam berbagai macam gaya dan mudah digunakan. Kacamata dapat memperbaiki sejumlah masalah penglihatan sekaligus, seperti miopia dan Silindris. Di toko optik Anda dapat melakukan pemeriksaan serta penyesuaian ukuran visus kacamata yang sesuai untuk Anda. Kacamata bisa menjadi solusi mata minus termudah dan paling ekonomis.

Lensa kontak. Lensa kontak juga tersedia dalam berbagai macam ada yang keras, lunak, sekali pakai, Rigid gas permeabel (RGP) dan bifocal. Konsultasikan dengan dokter mata apakah Anda boleh memakai lensa kontak atau tidak dan jenis mana yang sesuai untuk mata Anda.

Bedah refraktif

Menyembuhkan mata minus dengan cara operasi bertujuan untuk mengoreksi rabun jauh dengan membentuk kembali kelengkungan kornea. Metode bedah refraktif meliputi:

  • Laser-assisted in-situ keratomileusis (LASIK). LASIK adalah prosedur operasi mata menggunakan laser. Dokter mata membuat flap dengan sayatan sangat tipis pada permukaan korena mata namun tidak sampai memotong habis yakni menyisakan salah satu tepi sebagai engsel seperti cover buku, lalu di buka. Kemudian akan dilakukan penipisan dari tengah korena yang disesuaikan dengan kondisi minus masing-masing paisen. Setelah itu sayatan pertama yang seperti cover itu ditutupkan kembali.
  • Laser-assisted subepithelial keratomileusis (LASEK). Sama seperti LASIK di atas namun flap yang dibuat lebih tipis lagi yang hanya setebal lapisan epitel. Dokter bedah Anda akan menggunakan laser untuk membentuk kembali lapisan luar kornea dan meratakan kelengkungan dan kemudian reposisi flap epitel. Agar mempercepat penyembuhan, setelah dilakukan prosedur akan digunakan perban lensa kontak selama beberapa hari.
  • Photorefractive keratectomy (PRK). Prosedur ini mirip dengan LASEK, namun disini dokter mata menghilangkan epitel tanpa membuat flap. Kornea akan menyembuh kembali secara alami, sesuai dengan bentuk kornea yang baru. Seperti Lasek, PRK memerlukan penggunaan lensa kontak perban mengikuti prosedur.
  • Intraocular lens (IOL) implant. Operasi tidak dilakukan pada kornea melainkan pada lensa mata yaitu menanamkan lensa buatan pada mata, di depan lensa alami mata. Ini menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki mata minus sedang hingga berat. Namun, IOL implant saat ini tidak dianggap sebagai pilihan pengobatan utama.

Semua operasi mata untuk menyembuhkan mata minus seperti di atas memiliki beberapa tingkat risiko; kemungkinan komplikasi dari prosedur mata ini meliputi infeksi, jaringan parut kornea, penglihatan kabur, kehilangan penglihatan dan penyimpangan visual, seperti melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu di malam hari. Oleh karena itu selalu diskusikan potensi risiko dengan dokter.

Hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu menyembuhkan mata minus (rabun jauh) dan menjaga kesehatan mata adalah sebegai berikut:

  • Cek Kesehatan Rutin. Penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, bisa mempengaruhi penglihatan jika penyakit tersebut tidak diobati dengan tepat.
  • Kenali gejala gangguan pada mata. Periksalah segera ke dokter mata apabila tiba-tiba kehilangan penglihatan pada satu mata, penglihatan kabur atau kabur tiba-tiba, kilatan cahaya, bintik-bintik hitam, atau lingkaran cahaya atau seperti melihat pelangi di sekeliling mata.
  • Gunakan Kacamata minus yang tepat.
  • Gunakan pencahayaan yang baik dan cukup terang saat membaca atau melihat objek yang kecil-kecil.
  • Lindungi Mata dari sinar matahari. Pakailah kacamata hitam yang dapat menghalangi radiasi sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Hal ini sangat penting jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di bawah sinar matahari.
  • Makan makanan yang sehat. Menjaga pola makan yang sehat yang meliputi banyak buah-buahan dan sayuran, yang telah ditunjukkan untuk meningkatkan kesehatan mata. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin A dan beta karoten, seperti wortel. Dianjurkan juga makan sayuran hijau dan ikan yang baik juga unruk kesehatan mata.
  • Jangan merokok. Merokok Membunuhmu! Lebih tepat lagi membunuh secara pelan-pelan termasuk memiliki efek buruk terhadap kesehatan mata kita.

Mata adalah jendela dunia, maka kita harus menjaganya. Apabila sudah terlanjur mengalami mata minus maka mengatasi atau mengobtinya akan sangat penting untuk segera dilakukan. Jika ada yang mau berbagi pengalaman tentang cara menyembuhkan mata minus silahkan tinggalkan komentar, siapa tahu dapat bermanfaat bagi orang lain. Sekian dari saya, semoga bermnafaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer