Cara Sehat Mengurangi Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi berat badan, mungkin banyak yang menggunakan cara-cara instan yang cenderung berefek bahaya bagi tubuh, celakanya cara itupun tidak juga efektif menurunkan berat badan. Duh! rugi dua kali dong.

Namun, jangan berputus asa dulu karena ada cara mengurangi berat badan dengan cepat tetapi tetap memperhatikan aspek kesehatan sehingga tidak menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh bahkan membuat tubuh tambah sehat. Bagaimana caranya? simak tips sehat menurunkan berat badan berikut ini:

Kurangi Asupan Gula dan Tepung

Cara pertama yaitu kurangi asupan karbohidrat yang bersumber dari gula dan tepung beserta produk yang terbuat darinya. Karena makanan-makanan itu sangat erat kaitannya dengan penambahan berat badan bahkan obesitas dan penyakit metabolik seperti diabetes melitus.

Disamping itu makanan yang tinggi gula juga akan meningkatkan kadar insulin, hormon yang memiliki efek penimbunan energi pada jaringan tubuh seperti pembentukan massa lemak yang dapat membuat seseorang gemuk berat badan naik.

Oleh karena itu, dengan mengurangi asupan gula kita akan dapat mengurangi berat badan dengan menurunkan kadar insulin sehingga lemak-lemak dalam tubuh akan dengan mudah di bakar menjadi energi.

mengurangi berat badan

Terus kalau lapar bagaimana? Carilah sumber karbohidrat yang lebih lama dicerna dan mengandung kalori yang tidak seberapa. Seperti disebutkan dibawah ini.

Perbanyak Makan Sayuran dan Buah

Dengan menghindari gula dan tepung bukan berarti kita sama sekali meninggalkan karbohidrat. Hanya saja kita menggunakan sumber karbohidrat yang lebih lama dicerna dan mengandung kalori yang tidak seberapa.

Dengan cara ini kita dapat menurunkan berat badan tanpa harus menderita rasa lapar bahkan nafsu makan dapat  kita tekan. Sumber yang dimaksud adalah syuran dan buah. Buah dan sayuran yang baik dikonsumsi untuk tujuan ini antara lain:

  • Sayuran: Brokoli, kembang kolm bayam, kubis, selada, timun, seledri.
  • Buah: Apel, Mangga, Jeruk, Anggur, Stroberi, dan Sebagainya

Penuhi Kebutuhan Protein dan Lemak

Disamping karbohidrat, protein dan lemak mutlak diperlukan oleh tubuh agar fungsi-fungsi sel dan sistem tubuh berjalan dengan baik sehingga kita dapat mengurangi berat badan tanpa mengganggu fungsi normal tubuh kita.

Sumber-sumber protein antara lain:

  • Daging : Daging sapi, ayam, kambing, dll,
  • Ikan dan Seafood
  • Telur

Sumber-sumber lemak antara lain:

  • Minyak Kelapa
  • Mentega
  • Minyak Zaitun

Jangan takut makan lemak atau minyak alami, karena studi baru menunjukkan bahwa lemak jenuh tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Olah Raga (Exercise)

Jika asupan sudah kita atur sedemikian rupa, sekarang gilirannya untuk mengatur pengeluaran dengan baik untuk membakar lemak dalam tubuh.

Lakukan oleh raga 3-4 kali dalam seminggu. Jenis olah raga terbaik adalah angkat beban dengan pergi ke gym dengan tahapan: pemanasan, angkat beban, dan peregangan. Jika tidak suka gym olahraga cardio juga bagus contohnya lari, berenang, jogging, dan jalan.

Cara ini sangat bagus untuk mengurangi berat badan yaitu dengan mengurangi lemak dalam tubuh dan untungnya lagi terbentuk massa otot yang kuat sehingga akan menyehatkan tubuh.

Di atas adalah tips utama mengurangi berat badan, ada beberapa tips lain dan banyak juga yang berhasil menurunkan berat badan dengan cara berikut:

  • Minum Kopi dan Teh. Sering meminum kopi dan teh akan dapat meningkatkan meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Gunakan Piring Kecil. Studi menunjukkan bahwa seseorang otomatis akan makan lebih sedikit ketika menggunakan piring yang kecil.
  • Tidur yang Cukup. Kurang tidur erat kaitannya dengan nafsu makan berlebih sehingga dapat meningkatkan berat badan bahkan obesitas. Oleh karena itu tidur yang cukup itu penting.
  • Kurangi Stress. Jika sering mengalami stress maka hormon kortisol akan meningkat yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut (baca: Perut Buncit).

Itulah beberapa langkah yang dapat di tempuh untuk dapat mengurangi berat badan Anda hingga mencapai berat yang ideal. Semoga berhasil!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer