Inilah Efek Bahaya Akibat Mandi Malam

Mungkin banyak yang menganggap bahwa mandi malam memiliki efek bahaya bagi kesehatan tubuh, ada yang takut terkena rematik, paru-paru basah, dan lain-lain, maka tak heran banyak orang tua yang melarang anaknya mandi di malam hari.

Namun, apakah benar bahaya mandi malam bagi kesehatan itu ada? kalau memang ada apa efek negatif yang ditimbulkannya? atau apakah justru bermanfaat? mari kita temukan jawabannya disini.

Kebanyakan orang salah memahami bahwa mandi malam berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mereka percaya bahwa ada beberapa penyakit yang timbul akibat mandi malam yang cukup terkenal adalah rematik dan paru-paru basah. Tetapi kenyataannya, mandi di malam hari sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Juga tidak ada bukti ilmiah bahwa mandi di malam hari berbahaya bagi tubuh.

bahaya mandi malam

ilustrasi mandi malam

Jadi kesimpulannya tidak ada efek bahaya bagi kesehatan akibat mandi malam. Justru malah banyak manfaatnya.

Diantara manfaatnya, mandi di malam hari membuat Anda santai dan bebas dari stres yang terakumulasi sepanjang hari, sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan segar saat bangun di pagi hari. Jadi tidak ada salahnya untuk mandi di malam hari, asalkan Anda tidak menderita penyakit tertentu, seperti demam, pilek atau flu.

Lebih Lengkap Berikut Manfaat Mandi Malam :

  • Membersihankan Tubuh. Seperti hal nya mandi di waktu yang lainnya, mandi malam juga bermanfaat membersihkan kulit. Hal ini akan menghilangkan kotoran dan racun dari kulit, membuat kita merasa bersih, segar dan wangi.
  • Menurunkan Tekanan Darah. Manfaat mandi malam yang belum banyak diketahui yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Hal ini akan membuat tubuh menjadi rileks dan mengembalikan kebugaran.
  • Otot menjadi rileks. Setelah hari hari yang ketat, atau setelah Anda berolahraga, otot tubuh bisa terasa tegang dan kaku. Mandi memiliki efek akan mengendurkan otot-otot tersebut, dan menenangkan rasa sakit pada tubuh.
  • Mengobati Insomnia. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, cobalah mandi dengan air hangat di malam hari dan setelah itu pergilah tidur, maka Anda akan lebih mudah memulai tidur dan bangun dalam kondisi yang segar. Itulah mengapa bayi-bayi sering kali tidur nyenyak setelah dimandikan.
  • Menenangkan. Selain memberi manfaat secara fisik dan mental, mandi juga bermanfaat bagi psikologis yang membuat seseorang terbebas (lupa) dari rasa cemas dan kekhawatiran.

Sekali lagi, bahaya mandi malam bisa dibilang tidak ada, justru akan memberikan manfaat rileks baik fisik maupun mental. Namun, agar manfaat seperti di atas bisa kita dapatkan, maka ikuti tips berikut ini.

  • Perhatikan Suhu Air. Jika sudah larut malam atau suhu udara lingkungan yang dingin, maka mandilah dengan air hangat. Biasanya, tubuh menerima suhu dengan perbedaan maksimum 5 derajat. Suhu tubuh normal manusia adalah 97 ° F (36 ° C). Pastikan air tidak terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Jika tujuan Anda ingin mendapatkan tidur yang nyenyak, maka mandilah hanya ketika Anda siap untuk pergi tidur.
  • Hindari mandi segera setelah latihan atau olahraga karena pori-pori di kulit sedang terbuka untuk mengeluarkan keringat. Oleh karena itu beristirahatlah terlebih dahulu setidaknya selama setengah jam, sehingga pori-pori menutup.

Mandi adalah cara alami untuk merevitalisasi tubuh dan pikiran. Jadi jangan takut terhadap bahaya mandi malam, karena memang tidak ada yang perlu ditakuti.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer