25 Manfaat Air Hangat Bagi Tubuh dan Kesehatan

Saat bangun tidur, kebanyakan orang akan memulai harinya dengan minum segelas air, teh, atau kopi. Namun air putih yang dikonsumsi itu biasanya disajikan dalam keadaan dingin dan bukannya hangat. Meski rasa air hangat tidak enak di lidah, namun siapa yang dapat menduga kalau manfaat air hangat begitu besar bagi tubuh kita.

manfaat air hangat

16 Manfaat Minum Air Hangat

Lantas apa sajakah khasiat yang bisa kita petik bila rutin minum air hangat? Berikut daftar manfaat minum air hangat:

  1. Membantu menurunkan berat badan
  2. Mendetoksifikasi tubuh
  3. Memperlancar proses pencernaan
  4. Menghilangkan mual
  5. Mencegah penuaan dini
  6. Meredakan gejala demam dan batuk
  7. Melegakan gatal ditenggorokan
  8. Meringankan rasa sakit
  9. Menghidrasi usai berolahraga
  10. Meningkatkan kualitas tidur
  11. Melancarkan sirkulasi darah
  12. Melindungi tubuh dari infeksi
  13. Menjauhkan penyakit
  14. Menepis rasa dingin, menghangatkan tubuh
  15. Membangkitkan semangat
  16. Menghilangkan rasa kantuk

Penjelasan setiap poin di atas adalah sebagai berikut:

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat air hangat yang pertama ini tentu merupakan berita gembira buat Anda yang berencana diet ketat. Minum air hangat tak hanya dapat menaikkan suhu tubuh sehingga mempercepat metabolisme, namun cairan ini juga bebas kalori.

  1. Mendetoksifikasi tubuh

Tak banyak orang tahu bahwa air hangat merupakan ramuan ajaib yang dapat mengeluarkan toksin atau racun melalui urin dan keringat dari tubuh. Anda boleh menambahkan perasan lemon atau madu untuk penambah rasa yang menyehatkan.

  1. Memperlancar proses pencernaan

Minum air hangat selama makan dapat membantu mempercepat proses cerna. Selain itu, minum air hangat saat perut masih kosong juga bisa meningkatkan pergerakan lambung dan mencegah konstipasi.

Baca juga: Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih

  1. Mencegah penuaan dini

Selain mempermudah keluarnya toksin dari dalam tubuh, manfaat air hangat juga dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga menjauhkan gejala penuaan dini seperti kulit kering, berkerut, dan bernoda hitam.

  1. Meredakan gejala demam dan batuk

Air yang masuk dalam tubuh dapat mengencerkan dahak sekaligus melegakan pernafasan. Rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan juga bisa mereda lantaran minum air hangat.

  1. Menjauhkan penyakit

Mendidihkan air bisa membunuh kuman penyakit yang terdapat di dalamnya sehingga beragam penyakit pun bisa dihindari. Apalagi diminum selagi hangat, maka akan mendapatkan manfaat air hangat lainnya seperti yang kita bahas di sini.

  1. Menghidrasi usai berolahraga

Pasca berolahraga, tubuh perlu terhidrasi ulang. Namun tak hanya menghidrasi, air hangat juga bisa mengembalikan vitamin dan mineral yang hilang dari tubuh dengan cara mempertahankan keseimbangan elektrokemikal. Di samping itu, minum air hangat pasca latihan mampu mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Menyeruput air hangat selama makan malam atau sebelum tidur, tak hanya dapat melancarkan pencernaan, namun juga membersihkan tubuh dari toksin. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih rileks dan cepat terlelap. Tak hanya itu, Anda takkan mudah lapar saat tengah malam tiba dan bakal merasa lebih segar keesokan harinya.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Saat segelas air hangat mengalir masuk dalam tubuh, timbunan lemak dan toksin akan terkikis dan dikeluarkan dari tubuh. Selain meningkatkan peredaran darah, resiko penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah akan berkurang.

  1. Melindungi tubuh dari infeksi

Tak hanya sel kulit yang mendapat manfaat air hangat, namun juga bisa mendetoksifikasi permukaan kulit. Bila wajah berjerawat atau kulit kepala berketombe, minumlah sedikitnya 8 gelas air hangat setiap harinya agar pori-pori tak lagi tersumbat.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

9 Manfaat Mandi Air Hangat

Air hangat tak hanya berguna saat dikonsumsi saja, namun bila dipakai untuk mandi, Anda bisa memperoleh beberapa keuntungan sebagai berikut:

  1. Meringankan rasa sakit
  2. Membunuh kuman penyakit
  3. Mencegah insomnia
  4. Meredakan stres
  5. Menurunkan kadar gula dalam darah
  6. Melancarkan peredaran darah
  7. Menurunkan tekanan darah
  8. Meredakan sakit kepala
  9. Melembabkan kulit

Untuk lebih detailnya, baca uraian berikut ini.

  1. Meringankan rasa sakit

Suhu hangat dari air mampu menenangkan otot tubuh karena sirkulasi darah jadi meningkat. Selain diminum, Anda juga bisa menggunakan air panas yang disimpan dalam wadah tertentu sebagai kompres untuk meredakan kram atau otot kejang. Dan bagi para wanita yang kerap menderita kram perut saat haid, maka jangan ragu meredakan rasa sakitnya melalui kompres sejenis.

  1. Membunuh kuman penyakit

Mandi dengan air hangat bisa membantu membunuh kuman penyakit yang menempel di tubuh. Selain itu, air hangat juga dapat membantu menjaga kebersihan organ intim.

  1. Mencegah insomnia

Anda yang kerap mengalami insomnia perlu membuktikan khasiat mandi dengan air hangat yang juga dapat memperbaiki mood.

  1. Meredakan stres

Berkenaan dengan manfaat air hangat sebelumnya, mandi air hangat tak hanya menenangkan otot kaku, namun juga menghilangkan stres sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa mandi air hangat mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga ideal bagi para penderita diabetes. Anda dapat berendam dalam air panas selama 20-30 menit sebanyak 3 kali seminggu agar gula darah menurun hingga 13%.

  1. Melancarkan peredaran darah

Merendam tubuh dalam air hangat sebenarnya merupakan salah satu jenis olahraga yang diperlukan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan air mampu memberikan tekanan secara fisik pada tubuh.

  1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat mandi air hangat bisa menurunkan tekanan darah karena detak jantung jadi lebih cepat. Meski demikian, bagi Anda yang bermasalah dengan jantung, tak ada salahnya berkonsultasi lebih dulu ke dokter untuk masalah ini.

  1. Meredakan sakit kepala

Kebanyakan sakit kepala disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah di area tersebut. Oleh sebab itu agar peredaran darah lebih lancar, maka jangan segan mandi dengan air hangat.

  1. Melembabkan kulit

Manfaat air hangat yang terakhir adalah mampu mengunci kelembaban kulit sehingga bertahan lebih lama.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer