Manfaat Tidur Siang dan Cara Mendapatkannya

Ingatkah Anda, dulu ketika kecil orang tua selalu menganjurkan kita untuk tidur siang, sampai-sampai bisa dimarahi kalau kita tidak menurutinya padahal ketika itu kita sedang asyik bermain. Sebegitu pentingkah tidur siang ini, lalu sebenarnya apa manfaat tidur siang bagi tubuh kita? Mungkin orang tua punya alasan baik dibalik itu semua.

Kebanyakan orang menggunakan waktu malam hari untuk tidur dan siang hari untuk bekerja. Oleh karena itu bagi beberapa orang yang sibuk bekerja mungkin tidak memiliki waktu untuk tidur siang, namun tahukah Anda sebenarnya tidur siang dalam waktu yang tak lama memiliki banyak manfaat bagi kesehatan otak dan tubuh kita. Tidak hanya omong kosong karena banyak penelitian telah membuktikannya.

manfaat tidur siang

kucing aja bobok siang, masak kamu enggak?

Berikut ini akan saya rangkumkan beberapa manfaat tidur siang yang penting untuk kesehatan dan penting untuk diketahui:

Meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas

seseorang yang menyempatkan diri tidur siang, terutama setelah malam harinya kurang tidur, maka ia akan merasa lebih waspada dan energik serta kewaspadaan akan meningkat setelah terbangun dari tidur siang. Para ilmuwan bahkan telah membuktikan bahwa  tidur siang selama 20 menit sekitar delapan jam setelah Anda terbangun dari tidur malam akan menghasilkan lebih banyak stamina daripada tidur 20 menit di pagi hari.

Peningkatan memori dan belajar

Pada sebuah studi mahasiswa ditantang untuk mendeteksi perubahan halus dalam gambar selama empat sesi tes yang berbeda pada hari yang sama. Peserta ditingkatkan pada tugas sepanjang sesi pertama. Kecepatan dan ketepatan siswa kemudian mendatar selama sesi kedua. Nilai dari peserta yang tidak tidur siang mengalami penurunan selama dua sesi terakhir. Sebaliknya, peserta yang tidur siang 20 menit setelah menyelesaikan sesi latihan kedua tidak menunjukkan penurunan kinerja pada sesi berikutnya. Terlebih lagi, bagi peserta yang tidur siang selama 1 jam kinerjanya semakin cepat dan lebih akurat dalam sesi ketiga dan keempat.

Mengurangi stres

Tidur siang dapat menurunkan kadar hormon stres menjadi lebih rendah, sehingga bermanfaat membuat seseorang menjadi lebih rileks dan menurunkan stress. Ambillah waktu istirahat siang setiap hari, menemukan tempat yang tenang, nyaman dan tidur siang. Bahkan tidur siang singkat bermanfaat membuat Anda merasa segar, refresh, dan lebih fokus.

Meningkatkan fungsi kognitif

Dalam penelitian terbaru, para peneliti di NASA menunjukkan bahwa manfaat tidur siang 30 menit dapat meningkatkan kemampuan kognitif sekitar 40 persen! Pengujian dilakukan pada seribu relawan membuktikan bahwa mereka yang terus bekerja tanpa istirahat, memiliki skor lebih rendah dalam tes kecerdasan seperti tes IQ. Lebih penting lagi, kapasitas mereka untuk bekerja dan menghafal menurun dibandingkan dengan mereka yang tidur siang setelah makan siang.

Meningkatkan kreativitas

Istirahat dan relaksasi tidak hanya penting untuk kesehatan tubuh, namun juga membuat orang menjadi lebih kreatif . Orang-orang cenderung lebih imajinatif setelah tidur malam yang baik. Ahli lainnya setuju bahwa tidur siang dapat menyebabkan ide-ide yang lebih baik nantinya. Kekuatan tidur siang memungkinkan otak untuk membuat asosiasi longgar yang diperlukan untuk wawasan kreatif dan membuka jalan bagi ledakan segar ide-ide baru.

Menyehatkan Jantung

Manfaat tidur siang yang belum banyak diketahui yaitu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, terutama pada pria muda yang sehat. Hal ini ditunjukkan pada hasil penelitian dimana para peneliti mempelajari 23.681 orang yang tinggal di Yunani yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung koroner, stroke atau kanker. Bagi mereka yang tidur siang selama 30 menit minimal tiga kali dalam seminggu memiliki resiko 37 % lebih rendah terhadap kematian akibat penyakit jantung dibanding mereka yang tidak tidur siang.

Kesehatan yang lebih baik

Secara umum tidur siang memilik manfaat menjaga fungsi jantung, perawatan hormonal, dan perbaikan sel, sehingga memberikan kita kesehatan yang lebih baiak kata Dr Sara Mednick yang berada di garis depan penelitian tidur siang.

Lalu bagaimana  cara mendapatkan manfaat tidur siang yang baik tersebut?

Tidur siang yang benar akan memberi manfaat yang baik bagi tubuh kita caranya adalah sebagai berikut:

  • Hindari mengkonsumsi kafein serta makanan yang kaya akan lemak dan gula, yang dapat  membuat susah tidur.
  • Sebaliknya, dalam satu atau dua jam sebelum tidur siang, konsumsilah makanan tinggi kalsium dan protein, yang memudahkan tidur. Baca: Sumber Protein
  • Cobalah untuk tidur siang sebelum makan siang atau setelah makan siang.
  • Cari tempat yang bersih, tenang, dan nyaman diamana tidak akan ada yang mengganggu Anda dan sebaiknya di ruangan yang minim cahaya.
  • Ingat bahwa suhu tubuh akan turun saat Anda tertidur. Maka naikkanlah suhu ruangan atau mengenakan selimut.
  • Setelah Anda santai dan dalam posisi tidur, jangan lupa atur alarm untuk durasi yang diinginkan.
  • Tidur siang harus pendek untuk menghasilkan efektivitas maksimum. Lebih dari empat puluh lima menit, efek menguntungkan dari tidur siang menghilang dan oleh karena itu disarankan untuk tidur siang selama 15-35 menit.

Demikianlah cara mendapatkan manfaat tidur siang yang baik untuk kesehatan otak dan tubuh kita.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer