Mencegah Penuaan Dini, Mengatasi Penyebabnya

Seiring dengan bertambahnya usia tubuh akan mengalami proses penuaan, jaringan elastin dan kolagen pada kulit mulai melemah sehingga elastisitas kulit terlihat berkurang dan muncul tanda – tanda penuaan, seperti keriput. Namun penuaan tidak hanya terjadi pada usia tua, usia muda pun ternyata sudah dapat mengalami proses penuaan.

Penuaan dini merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses penuaan yang terjadi sebelem waktunya. Seseorang dikatakan mengalami penuaan dini apabila ketika dia terlihat lebih tua daripada usia yang sebenarnya. kulit manusai bisa mengalami tanda penuaan dini sejak berusia 22 atau 23 tahun. Pada usia ini, tanda penuaan dini yang dapat muncul antara lain adanya garis halus pada wajah yang dimulai dari sekitar area mata dan mulut serta muncul pula bintik – bintik bewarna coklat pada area sekitar wajah.

penuaan dini

Cermati Penyebab Penuaan Dini

Penuaan dini sebenarnya terjadi karena faktor perilaku manusia , berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab penuaan dini :

  1. Paparan sinar matahari langsung : berdasarkan penelitian para ahli sinar matahari terdiri atas dua spektrum ultraviolet, yaitu sinar UVA dan siar UVB. Sinar UVA dapat merusak elastisistas dan kelembapan kulit sehingga muncul garis halus, kerutan dan kulit terasa kering. Sinar UVB dapat meningkatkan produksi melanin sehingga pada kulit terbentuk bintik – bintik hitam dan warna kulit menjadi lebih gelap.
  2. Merokok : rokok megandung banyak zat – zat beracun yang dapat merusak jaringan tubuh dan menghambat peredaran darah ke sekitar wajah, sehingga dapat mempercepat terbentuknya keriput juga membuat wajah terlihat kusam.
  3. Minuman beralkohol : alkohol memiliki sifat diuretik yaitu mampu menarik cairan dari tubuh dan membuangnya bersama urin. Minum alkohol berlebihan akan menyebabkan dehidarasi dan kulit tampak kering dan kusam.
  4. Pola makan buruk : makanan yang mengadung banyak lemak trans, makanan yang mengandung karbohidrat olahan, dan terlalu banyak gula seperti makanan cepat saji, kentang goreng, daging berlemak, kue manis dalam jumlah berlebihan akan merusak kolagen pada kulit.
  5. Stress : Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa stres yang disebabkan oleh hal-hal seperti: depresi berkepanjangan, sering mengurung diri, pengangguran jangka panjang, kecemasan dan sebagainya dapat mempercepat proses penuaan dengan cara memperpendek panjang setiap untai DNA pada sel-sel tubuh.

Cara Mengatasi dan Mencegah Penuaan Dini

Mengalami proses penuaan merupakan suatu hal yang alami dan pasti dialami, namun mengalami penuaan dini bukan merupakan hal alami dan sebaiknya harus dicegah mulai sejak dini. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini yaitu dengan :

  1. Menghindari paparan sinar matahari langsung : sebaiknya gunakan payung, topi, kacamata hitam, pakaian panjang dan tabir surya SPF 15 pada saat beraktivitas di ruang terbuka
  2. Berhenti merokok dan berhenti minum alkohol : mulai sejak dini segera berhenti merokok dan berhenti minum alkohol, karena manfaatnya lebih sedikit daripada penyakitnya.
  3. Meminum banyak air putih : air putih dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi da dapat membantu mebuag racun dari dalam tubuh, oleh karena itu minumlah air putih sebayak 8 gelas sehari untuk mencegah kulit kering.
  4. Konsumsi buah tinggi antioksidan : antioksidan bermanfaat bagi tubuh untuk melawan radikal bebas yang berasal dari pola makan buruk, dan berbagai asap dan polusi udara. Sumber antioksidan dapat diperoleh dari buah delima, buah naga, dan buah – buahan lain yang umumnya bewarna merah
  5. Konsumsi sayuran hijau : sayuran hijau seperti sawi dan bayam banyak mengandung zat lutein yang juga berfungsi sebagai antioksidan
  6. Konsumsi madu : Madu banyak mengandung protein dan vitamin yang dapat memberikan nutrisi untuk peremajaan sel kulit
  7. Melakukan olahraga teratur : dengan berolahraga aliran darah akan menjadi lancar, sel – sel tubuh menjadi aktif beregenerasi dan melalui olahraga kotoran dan racun dari dalam tubuh juga dapat terbuang bersama keringat.
  8. Kelola stress: Ketika ada banyak beban pikiran atau stress berusahalah untuk tetap tenang, mungkin hal-hal positif seperti berkebun, jalan-jalan, membaca majalah, ibadah khusuk, dapat membantu Anda mengurangi stress sehingga menjadi hal yang penting untuk mencegah penuaan dini.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer