Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah, Terbukti Efektif!

Bibir kering dan pecah-pecah akan membuat seseorang merasa tidak nyaman, disamping itu juga dapat mengganggu penampilan sehingga membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi kurang percaya diri. Oleh karena itu, ketahuilah cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang akan saya bahas nanti.

Namun sebelumnya perlu Anda ketahui apa saja penyebab bibir kering itu, sehingga akan memudahkan kita untuk mengatasi dan mencegahnya. Berbeda dengan kulit lainnya, bibirĀ  tidak memiliki kelenjar minyak. Karena alasan inilah bibir lebih mudah kering dan jika parah menjadi pecah-pecah. Hilangnya kelembaban pada kulit bibir akan menyebabkan bibir kering bahkan pecah-pecah. Hal ini bisa terjadi karena paparan sinar matahari, udara kering atau karena kebiasaan menjilati bibir. Kurang lebih itulah beberapa penyebab bibir kering.

obat bibir kering

Ketika terjadi Bibir pecah-pecah, bisa kita lihat pada celah-celah terlihat merah dan menyakitkan bahkan jika parah bisa sampai berdarah. Oleh karena itu, inilah cara sederhana untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Gunakan Lip Balm
Salah satu cara melindungi bibir dari udara kering dan panas adalah dengan menggunakan lip balm. Selain bisa mencegah, lip balm juga dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Gunakan Madu
Sebagai alternatif lip balm, Anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Karena madu merupakan pelembab alami yang juga memiliki sifat anti bakteri. Oleskan madu murni pada bibir beberapa kali sehari.

Hindari Menjilat Bibir
Ketika bibir kering, kebanyakan orang akan membasahinya dengan air liur dengan cara menjilat bibir atau memasukkan ke dalam mulut, mungkin ini sudah naluri. Namun tahukah Anda, air liur atau saliva akan menguap dengan cepat, justru akan meninggalkan bibir yang lebih kering daripada sebelumnya dan malah akan memperparah bibir pecah-pecah.

Pastikan Tubuh tidak Kekurangan Cairan
Bibir kering merupakan salah satu tanda dehidrasi atau kekurangan cairan, oleh karena itu cukupilah kebutuhan cairan dengan banyak minum terlebih jika anda sering berkeringat atau ketika cuaca panas. Selain menjaga kesehatan tubuh, minum yang cukup juga dapat mengatasi dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi
Kekurangan vitamin B, zat besi atau asam lemak esensial dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah terutama pada sudut bibir. Tapi ingat, sebelum minum suplemen multivitamin / mineral berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

Hindari Kebiasaan Menggigit Bibir
Mengigit bibir akan menyebabkan trauma yang dapat merusak lapisan pelindung bibir, akibatnya bibir akan mudah kering bahkan pecah-pecah.

Jangan Bernafas Lewat Mulut
Bernafas lewat mulut akan mempercepat pengeringan bibir, jika parah bisa sampai pecah-pecah. Jadi sebisa mungkin bernafaslah lewat hidung untuk mencegah agar bibir tidak kering.

Hindari Alergen
Alergen atau zat yang menyebabkan timbulnya reaksi alergi harus dihindari khusus bagi mereka yang rentan, seperti pewarna atau pewangi pada produk kosmetik.

Jika masalah bibir kering dan pecah-pecah tidak kunjung teratasi, hubungi dokter, karena pada kasus yang jarang bibir pecah-pecah disebabkan oleh penyakit tertentu.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer