Mengatasi Nyeri Pinggang Tanpa Obat

Mengatasi nyeri pinggang tanpa obatMengatasi Nyeri pinggang tanpa obat – Nyeri pinggang sering merupakan tanda cedera atau terdapat beberapa masalah mendasar yang berkaitan dengan tulang belakang baik tulang nya, otot, dan jaringan lunak lainnya. Nyeri Pinggang ini bisa mengganggu pekerjaan Anda, rutinitas, dan kegiatan sehari-hari. Bahkan dapat mempengaruhi gaya hidup normal, saat Anda tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan rekreasi karena sakit.

Untungnya, sakit pinggang ini biasanya tidak berlangsung lama. Sebagian besar Nyeri pinggang berakhir atau hilang dalam beberapa hari sampai beberapa minggu dan jarang bertahan lebih dari tiga bulan. Namun, apabila sakit pinggang berlangsung lama, maka diajurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Dalam kebanyakan kasus, metode manajemen nyeri tertentu dapat digunakan untuk mencapai kesembuhan nyeri. Pengobatan dapat berkisar dari obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, terapi pijat dan obat tradisional seperti akupunktur dan yoga.

Penggunaan obat untuk mengatasi nyeri pinggang sah-sah saja, namun ada baiknya penggunaan obat ini jangan terlalu sering mengingat sebagian besar obat penghilang rasa nyeri memiliki efek samping yang kurang bagus bagi lambung.

Berikut adalah beberapa metode yang populer digunakan untuk menghilangkan rasa sakit atau nyeri pinggang tanpa obat :

Latihan dan Olah Raga

Olahraga teratur mengurangi nyeri pinggang dengan memperkuat dan peregangan otot-otot yang mendukung tulang belakang dan membantu mencegah cedera di kemudian hari.

Untuk mengatasi rasa sakit pinggang, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Berjalan jarak pendek
  • Stretch dan melakukan latihan fleksibilitas
  • Gunakan sepeda stasioner
  • Berenang

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan juga bisa menjadi pereda nyeri pinggang. Hal ini karena kelebihan berat badan dapat membuat sakit piggang menjadi memburuk. Semakin badan anda berat maka pinggang akan bekerja ekstra untuk menyokong berat badan tersebut akibatnya pinggang menjadi nyeri.

Kompres

Setelah trauma, dianjurkan menggunakan kompres es di atas area cedera. Lakukan kompres es ini sampai 20 menit beberapa kali setiap hari. Jika masih masih terasa nyeri setelah dua sampai tiga hari, gunakan kompress hangat. Kompres hangat ini akan membantu mengendurkan otot-otot dan meningkatkan aliran darah, mempercepat pemulihan.

Terapi Fisik

Kadang-kadang, istirahat dan olahraga, merupakan cara yang biasa dipakai mengatasi nyeri pinggang, akan tetapi mungkin tidak menghasilkan hasil yang diinginkan. Meski begitu, rasa sakit masih dapat diobati tanpa operasi. Terapi fisik manual adalah metode pengobatan nyeri pinggang bawah yang menggunakan jenis khusus dari terapi fisik untuk meredakan nyeri.

Terapi fisik menggunakan teknik yang berbeda, seperti Ultrasound, stimulasi listrik, cryotherapy, pijat, olahraga, dan panas untuk meringankan kejang otot, meningkatkan fleksibilitas, memperkuat otot, mengurangi rasa sakit, dan mempercepat proses penyembuhan.

 Terapi Pijat

Penelitian telah menunjukkan bahwa terapi pijat lebih efektif daripada chiropractic dan akupunktur untuk menghilangkan rasa sakit karena kejang otot termasuk nyeri pinggang. Manfaat dari terapi pijat termasuk perbaikan sirkulasi, yang membantu meringankan nyeri otot, relaksasi otot, yang membantu otot-otot bergerak tanpa rasa sakit, dan meningkatkan endorfin  (hormon yang dihasilkan tubuh sebagai penghilang rasa sakit alami).

Mandi air hangat

Air hangat dapat mengurangi sakit pinggang dengan cara mengendurkan otot, membuat otot menjadi rileks dan melancarkan aliran darah sehingga nyeri pinggang akan segera pulih.

Lebih lanjut silahkan baca : Cara Ampuh Mengatasi Sakit Pinggang

2 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer