Menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif

Banyak sekali cara-cara menghilangkan jerawat, namun karena begitu banyaknya seseorang yang mempunyai jerawat terkadang bingung harus menerapkan cara menghilangkan jerawat yang mana. Ada juga yang mencobanya satu persatu tanpa ragu. Tapi, sebaiknya anda jangan coba-coba, pakai cara yang pasti-pasti aja agar hasilnya pun memuaskan.

Prinsip mengobati atau menghilangkan jerawat secara cepat dan efektif antara lain :

  • mengurangi produksi minyak pada wajah
  • mempercepat pergantian sel kulit
  • melawan infeksi bakteri
  • mengurangi peradangan

Terapi yang digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif dengan prinsip tersebut, diantaranya :

Krim jerawat yang dijual bebas.
Pilih krim jerawat yang mengandung bahan aktif benzoil peroksida, sulfur, resorsinol, asam salisilat atau belerang. Produk ini dapat membantu menghilangkan jerawat yang ringan karena dapat mengeringkan minyak, membunuh bakteri dan mempromosikan pengelupasan sel-sel kulit mati. efek samping awal yang dapat timbul berupa iritasi kulit, kulit kering dan mengelupas – tapi sering membaik setelah bulan pertama pemakaian.

Krim jerawat resep dokter.
Jika jerawat Anda tidak merespon dengan Krim jerawat yang dijual bebas, pertimbangkan untuk periksa ke dokter kulit untuk mendapatkan resep krim penghilang jerawat. contoh-contoh krim penghilang jerawat yang diresepkan dan berasal dari vitamin antara lain : Tretinoin (Vitacid, Avita, Retin-A, dsb), adapalen (Differin) dan tazarotene (Tazorac, Avage). berfungsi mempercepat pergantian sel kulit dan mencegah penyumbatan folikel rambut. Terkadang krim antibiotik juga diresepkan yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Biasanya, kombinasi dari produk tersebut diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal. Seperti : benzoil peroksida dengan antibiotik, contohnya benzoil peroksida dan klindamisin (Benzaclin, Duac), benzoil peroksida dan eritromisin (Benzamycin). Dapson gel (Aczone) merupakan obat jerawat baru yang sangat efektif dalam mengobati peradangan jerawat. Krim penghilang jerawat tersebut dapat menyebabkan efek samping pada kulit, seperti rasa panas, kemerahan, atau mengelupas. Dokter akan merekomendasikan langkah-langkah untuk meminimalkan efek samping, termasuk menggunakan dosis secara bertahap, mencuci wajah setelah memakai krim atau beralih ke obat lain.

Antibiotik.
Untuk jerawat sedang sampai berat, diperlukan terapi dengan antibiotik oral (obat minum) untuk melawan bakteri dan peradangan. Dalam kebanyakan kasus, antibiotik oral digunakan bersama-sama dengan krim antibiotik. Studi telah menemukan bahwa menggunakan benzoil peroksida topikal bersama dengan antibiotik oral dapat mengurangi risiko mengembangkan resistensi antibiotik. Antibiotik dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit perut, pusing atau perubahan warna kulit. Obat ini juga meningkatkan sensitivitas kulit Anda terhadap matahari dan dapat mengurangi efektivitas kontrasepsi oral.

Isotretinoin.
Untuk jerawat jenis kista yang dalam, antibiotik saja mungkin tidak cukup. Isotretinoin (Amnesteem, Claravis, Sotret) adalah obat kuat yang tersedia untuk jaringan parut jerawat kistik atau jerawat yang tidak merespon pengobatan lain. Obat ini disediakan untuk mengobati jerawat yang paling parah. Isotretinoin ini sangat efektif, tetapi orang-orang yang menggunakannya membutuhkan pemantauan ketat dari dokter kulit karena kemungkinan efek samping yang dapat ditimbulkannya. Efek samping Isotretinoin diantaranya cacat lahir, sehingga  isotretionin tidak aman untuk wanita hamil atau wanita yang dapat menjadi hamil selama pengobatan atau dalam beberapa minggu setelah pengobatan. Isotretinoin juga dapat menyebabkan efek samping – seperti mata kering, mulut, bibir, hidung dan kulit, serta gatal, mimisan, nyeri otot, sensitivitas matahari. Obat ini juga dapat meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah dan dapat meningkatkan kadar enzim hati.

Terapi Laser dan sinar.

cara menghilangkan jerawat sebelum dan sesudah terapi laser

sebelum dan sesudah terapi laser

Terapi berbasis Laser dan sinar dapat mencapai lapisan kulit yang lebih dalam tanpa merugikan permukaan kulit. Terapi laser dianggap dapat merusak kelenjar minyak (sebaceous), sehingga mengurangi produksi lemak. Terapi ini juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi munculnya bekas luka. sedangkan terapi sinar berfungsi untuk melawan infeksi bakteri.

Sekian, cara Menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif dan setelah Anda berhasil namun terdapat bekas jerawat maka lakukanlah cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami.

Baca Juga:

Tulis Komentar / Konsultasi tentang Menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif

Loading Facebook Comments ...

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer