Mengobati Sakit Telinga dengan 5 Cara Efektif dan Aman

Coba ingat-ingat kenapa saat ini Anda mengalami sakit telinga, apa penyebabnya? Mungkin sebagian telah mengetahui penyebabnya. Namun banyak juga yang masih bingung kenapa telinga bisa sakit. Apalagi sakit telinga pada anak yang hanya bisa menangis tanpa diketahui dengan jelas apa penyebabnya.

Apapun penyebabnya, tentu saat ini Anda sedang membutuhkan obat sakit telinga yang dapat membantu meringankan keluhan saat ini. Namun kita harus selalu memperhatikan keefektifan dan keamanan, apalagi ini menyangkut kesehatan kita.

obat sakit telinga

Sekilas kita juga perlu mengetahui beberapa penyebab sakit telinga antara lain Gigi berlubang, infeksi sinus, kotoran telinga, infeksi telinga luar dan tengah, dan tonsilitis. Jika kita perhatikan tidak hanya masalah pada telinga saja yang menyebabkan sakit telinga. Masalah pada telinga yang paling sering menyebabkan sakit adalah otitis media akut (OMA) atau infeksi telinga bagian tengah menyusul berikutnya infeksi telinga bagian luar atau otitis eksterna yang sering kali disebabkan oleh mengorek telinga terlalu kuat atau kotoran telinga yang mengeras.

 

Pengobatan sakit telinga terbaik adalah mengatasi masalah yang menyebabkannya itu. Namun apabila anda belum mengetahui penyebabnya berikut cara mengobati sakit telinga yang dapat Anda lakukan di rumah dengan aman dan efektif sebagai pertolongan pertama.

5 Cara Mengobati Sakit Telinga

Analgetik (penghilang Rasa Sakit)

Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen dan asetaminofen dapat digunakan untuk meredakan telinga sakit. Obat tersebut aman digunakan dengan atau tanpa antibiotik, pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis pada label.

Kompres hangat

Kompres hangat pada telinga yang sakit dapat membantu meredakan rasa sakit. Gunakan cara ini seperlunya yang dapat diulang 4-5 kali sehari dengan durasi masing-masing 15 menit.

Minyak Hangat

Konon minyak makan hangat (atau yang lebih baik adalah minyak zaitun) dapat meredakan rasa sakit di telinga, namun tidak ada bukti ilmiah yang mendasarinya. Tapi hal ini dapat dicoba, beberapa tetes minyak hangat pada telinga aman dilakukan dan bisa cukup efektif mengatasi sakit telinga.

Menciptakan Suasana Nyaman

Tips ini cocok untuk mengatasi sakit telinga pada anak. Buatlah mereka nyaman dengan mengalihkan pikirannya dari rasa sakit. Contoh sederhananya yaitu dengan cara memutarkan film favorit mereka, membawa pulang buku mewarnai kesukaannya, atau dengan menemukan hal-hal lain yang dapat membuatnya fokus pada hal itu.

Periksakan ke dokter

Selanjutnya adalah memeriksakan ke dokter, hal ini penting untuk memastikan masalah apa yang sedang Anda alami sehingga telinga menjadi sakit. Dengan mengetahui penyebabnya, maka obat sakit telinga yang diberikan akan tepat guna dan tentunya akan mempercepat penyembuhan.

Berikut obat sakit telinga yang akan dokter berikan:

Otitis Eksterna (Infeksi Telinga Bagian Luar)

  • Dokter akan memberi obat tetes telinga yang dapat digunakan dalam 7-10 hari.
  • Obat tetes telinga itu mengandung antibiotik untuk membasmi kuman dan terkadang steroid untuk mengurangi bengkak dan peradangan.
  • Di samping obat tetes dokter juga terkadang memberikan antibiotik oral (minum) dan penghilang rasa sakit.
  • Liang telinga harus tetap kering selama pengobatan. Earplug atau kapas berbentuk bola kecil dapat digunakan digunakan untuk menutupi liang telinga selama mandi agar air tidak masuk ke telinga.

Otitis Media Akut (Infeksi Telinga Bagian Tengah)

  • Dokter biasanya meresepkan antibiotik oral dengan segera terutama otitis media pada orang dewasa.
  • Sedangkan pada anak-anak, observasi dan memberi rasa nyaman dengan menghilangkan rasa sakit adalah yang paling utama, dan jika gejala sembuh dalam waktu 2-3 hari, maka tidak perlu antibiotik. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan pendekatan dua-langkah ini tergantung pada usia anak, kepastian diagnosis, tingkat keparahan penyakit, dan kemampuan anak serta keluarga untuk memiliki akses dalam menindaklanjuti perawatan.

2 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer