Obat Batuk Anak yang Cocok dan Aman

Jangan menganggap bahwa semua batuk pada anak itu berbahaya, sebenarnya batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh guna menyingkirkan dahak atau lendir sebagai hasil dari iritasi di saluran pernapasan. Tapi jika itu terjadi berlebihan, maka perlu diatasi agar tidak menimbulkan penderitaan, salah satunya dengan obat batuk anak yang cocok dan aman.

Ingat! Batuk akan membantu mengusir lendir dan mencegah sel-sel mati agar tidak menetap di dalam paru-paru. Apakah batuk berbahaya atau tidak, tergantung pada penyebabnya. Batuk bisa disebabkan oleh penyakit pilek, flu yang biasanya ringan atau bisa juga merupakan gejala dari penyakit lebih serius seperti asma, pneumonia, batuk rejan, TBC, dan bronkitis.

Pada kasus yang ringan seperti pada contoh penyakit di atas, maka kita tidak memerlukan obat batuk anak yang khusus, melainkan cukup dengan perawatan sederhana di rumah. Sedangkan pada kasus yang berat, tentu harus diperiksakan ke dokter, karena hanya dokter yang sebaiknya merekomendasikan obat batuk untuk anak Anda. Jangan sekali-kali memberi anak obat batuk yang Anda beli tanpa petunjuk dari dokter, ini bisa berbahaya.

Mengobati Batuk Anak Secara Alami di Rumah

Untuk dapat menerapkan pengobatan batuk untuk anak Anda di rumah, ada beberapa persyaratan, yaitu:

  • Anak tidak mengalami demam tinggi
  • Batuk belum sampai dua minggu
  • Anak tidak mengalami sesak nafas

Jika tidak memenuhi syarat di atas, jangan hanya menerapkan tips di bawah ini, melainkan harus juga diperiksakan ke dokter.

batuk anak dan obatnya

Tips Mengatasi Batuk Anak

Anjurkan untuk Istirahat

Kurangi waktu bermain atau apapun yang membuat anak lelah. Istirahat sangat perlu agar tubuh mampu untuk meremajakan dan mengembalikan kesehatan lebih optimal. Beri kesempatan untuk tidur siang, karena mungkin anak lebih banyak terbangun di malam hari karena batuk.

Beri Minuman Hangat

Beri anak minum dengan cairan yang hangat. Saat tubuh terserang penyakit, maka sangat memerlukan cairan agar terhindar dari dehidrasi. Tubuh juga membutuhkan cairan karena begitu banyak energi yang dikeluarkan untuk memerangi infeksi atau virus, jadi penting untuk memberikan anak banyak minum. Cairan dapat berupa air putih, teh, susu, dan kuah kaldu yang dapat menenangkan tenggorokan. Rasa hangat akan meningkatkan aliran darah dan mempercepat penyembuhan batuk pada anak.

Pada kasus batuk berdahak anak, cairan adalah yang terpenting untuk mengencerkan dahak dan mempercepat penyembuhan. Ini lebih aman daripada obat-obatan, lebih baik dan efektif. Lebih lanjut silahkan baca: Obat Batuk Berdahak untuk Anak

Gosok-gosok

Gosoklah eucalyptus, minyak kayu putih, atau balsam di dada anak sebelum tidur siang dan tidur malam. Uap Eucalyptus akan membantu melegakan dan membersihkan saluran pernapasan, mengurangi hidung mampet, meningkatkan sirkulasi, dan merupakan aromaterapi yang bisa menjadi obat batuk untuk anak.

Madu

Berikan satu atau dua sendok teh madu sebelum tidur siang atau tidur malam jika anak berusia di atas satu tahun. Jika anak di bawah usia satu tahun, jangan memberikan madu kepadanya, karena beberapa madu mengandung spora botulisme yang pada anak-anak di atas satu tahun dan orang dewasa aman-aman saja, tetapi berbahaya bagi bayi di bawah 1 tahun. Lebih lanjut silahkan baca: Madu, obat batuk anak alami.

Kesimpulan

  • Batuk merupakan mekanisme normal untuk mengusir lendir dan iritasi
  • Jangan asal memberi obat batuk untuk anak, lebih baik pakai cara alami seperti di atas
  • Tidak ada bukti, obat batuk yang dijual bebas efektif menyembuhkan batuk anak, bahkan beberapa berbahaya. Lebih lanjut silahkan baca: Obat batuk Anak yang aman
  • Obat batuk berdahak anak terbaik adalah cairan, seperti di atas.
  • Madu sangat efektif meredakan batuk dan aman untuk anak di atas satu tahun.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer