Penyebab Ketiak Basah dan Cara Mengatasinya

Siapa yang tidak mengenal istilah burket (bubur ketiak) atau istilah basket (basah ketiak), ya itulah istilah-istilah yang digunakan untuk menyebutkan “ketiak basah” yang memang sudah populer sejak beberapa tahun yang lalu, bahkan menjadi momok tersendiri bagi beberapa orang. Kita perlu mengetahui apa penyebab ketiak basah sehingga memudahkan kita dalam melakukan langkah untuk mengatasinya dengan tuntas.

Meskipun ketiak basah tidak memiliki dampak terhadap kesehatan, tetapi masalah yang ditimbulkannya ternyata cukup untuk mengganggu penampilan dan interaksi interpersonal. Dimana seseorang yang memiliki masalah ini menjadi minder, tidak percaya diri sehingga membatasi gerak dan cakupan pergaulan.

cara mengatasi ketiak basah

Bagaimana bisa terjadi ketiak basah?

Ketahuilah bahwa ketiak basah terjadi karena adanya produksi keringat yang berlebihan pada area yang lembab seperti ketiak. Keringat sebenarnya merupakan proses alami tubuh untuk mengatur suhu tubuh. Keringat dapat membantu mendinginkan tubuh yang kepanasan dengan cara menguapkannya ke permukaan kulit. Lalu mengapa keringat paling sering tampak di daerah ketiak? hal ini dikarenakan ketiak memiliki kelenjar apokrin yang sangat baik dalam memproduksi keringat. Keringat tersebut mengandung protein dan asam lemak yang menyebabkan timbulnya warna kekuningan di daerah ketiak. Apabila protein dan asam lemak ini di metabolisme oleh bakteri, maka mulailah timbul aroma yang kurang sedap untuk dihirup.

Kenali 7 Penyebab Ketiak Basah

Agar kita dapat mengetahui dan mengatasi ketiak basah dengan lebih efisien maka kita harus mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Penyebab ketiak basah antara satu orang dengan orang lain dapat berbeda. Berikut ada beberapa penyebab yang dipercaya menjadi penyebab timbulnya ketiak basah, silahkan dicermati dan disesuaikan dengan kondisi Anda.

  1. Kafein. Konsumsi kopi yang mengandung kafein dapat merangsang sistem saraf pusat untuk mengaktifkan kelenjar keringat, maka semakin banyak kafein yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak pula produksi keringat.
  2. Makanan Panas. Konsumsi makanan dan minuman panas dapat meningkatkan suhu tubuh anda dan akhirnya membuat anda berkeringat lebih banyak.
  3. Makanan Pedas. Konsumsi makanan pedas pada beberapa orang dapat menimbulkan peningkatan produksi keringat, karena otak beraksi terhadap capsaicin dalam cabe yang bersifat panas sehingga mengaktifkan kelenjar keringat.
  4. Faktor Pakaian. Pakaian yang terbuat dari kain sintesis seperti polyester dan akrilik dapat mencegah keringat menguap sehingga memicu tubuh mengeluarkan keringat yang lebih banyak.
  5. Alkohol. Konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah pada tubuh yang dapat meningkatkan suhu tubuh, kemudian otak akan mengirimkan sinyal untuk mendinginkan tubuh dengan mengaktifkan kelenjar keringat.
  6. Asap Rokok. Merokok yang mengandung nikotin dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah serta suhu tubuh yang semuanya dapat memicu keringat.
  7. Obat-Obatan. Beberapa jenis obat dapat membuat produksi keringat lebih banyak seperti obat tekanan darah, antidepresan, obat anti-inflamasi, dan beberapa obat diabetes.

Baca: Ketiak Gatal? Ketahui Penyebab dan Obatnya

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Ketiak basah ini memang merupakan masalah yang dapat mengganggu penampilan. Masalah ketiak basah ini dapat diatasi dengan beberapa langkah berikut ini:

1 | Menggunakan Bahan Alami

Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi ketiak basah :

  • Lidah Buaya dapat diminum setiap hari setidaknya ½ cangkir untuk membantu meredakan produksi keringat berlebih pada area ketiak.
  • Tomat dapat ditumbuk kemudian diusapkan pada ketiak untuk membantu mengurangi bau yang timbul akibat keringat
  • Cuka Putih dan Cuka Apel dapat menghambat laju pertumbuhan bakteri pada kulit yang menghasilkan bau tak sedap pada ketiak. Oleskan cuka pada kedua ketiak Anda secara merata menggunakan kapas, didiamkan 30 menit kemudian bersihkan dengan air.
  • Lemon mampu meminimalisir keringat basah dan mengembalikan kecerahan pada ketiak yang bewarna haitam karena jarang dibersihkan dan keseringan lembab. Air perasan lemon dioleskan sama seperti cuka apel dan cuka putih
  • Baking soda dapat mengurangi produksi keringat berlebih pada area ketiak. Campurkan dengan air secukupnya, lalu oleskan pada ketiak dan diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

2 |  Menggunakan Antiperspirant

Antiperspirant lebih tepat digunakan untuk mengatasi masalah ketiak basah, karena antiperspirant bekerja menghambat produksi keringat di ketiak.

3 | Menggunakan Pakaian Serat Alami

Gunakan pakaian berbahan katun, wol, rami, atau sutra, karena memiliki serat yang dapat membuat kulit terjaga dari bakteri penyebab bau akibat keringat. Jangan gunakan kain berbahan sintesis seperti nilon, rayon, dan poliester atau bahan yang tidak terdapat ruang untuk masuknya udara  dan bewarna gelap

4 | Mengatasi kecemasan dan Takut

Kecemasan dan ketakutan akan membuat jantung berdetak lebih cepat. Bila terus berproses, maka kondisi ini bisa menyebabkan kulit berkeringat. Maka untuk dapat mengatasi ketiak basah, maka disarankan melakukan terapi untuk mengatasi cemas dan takut apabila memang ada.

5 | Mengurangi Stres

Stres bisa menyebabkan keringat berlebihan, oleh karena itu anda harus menghindari stres dengan tidak memfokuskan pikiran kepada masalah yang sedang dihadapi, tetapi lebih berfokus pada solusinya. Stres juga bisa dikelola dengan cara bersantai, mengobrol dengan teman, dan bercanda tawa.

6 | Menghindari Rokok dan Minuman Keras

Dengan tidak merokok dan tidak meminum alkohol berarti anda telah menghindari diri dari terbentuknya keringat berlebihan akibat peningkatan suhu tubuh.

7 | Mengurangi Konsumsi Makanan Pedas

Mengurangi konsumsi makanan pedas dan panas secara langsung membuat anda menghindari peningkatan suhu tubuh, sehingga tidak terbentuk keringat yang berlebihan.

8 | Menemui Dokter

Bila kesemua cara di atas tidak dapat mengatasi ketiak basah yang anda alami, mungkin anda sedang tidak sehat karena keringat berlebihan juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit seperti hipertiroidisme, hipoglikemia, leukimia, menopause, tuberkulosis, dan penyakit jantung, oleh karena itu menemui dokter merupakan langkah yang tepat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer