Pertolongan Pertama pada Gigitan Binatang

Jika Anda atau orang terdekat Anda digigit binatang ikuti pedoman Pertolongan pertama pada gigitan binatang berikut:

Untuk luka ringan.
Jika gigitan terlihat ringan tidak sampai berdarah dan tidak ada bahaya rabies, perlakukan sebagai luka kecil dengan cara Cuci luka dengan sabun dan air. kemudian Oleskan krim antibiotik untuk mencegah infeksi dan menutup luka gigitan dengan kasa bersih.

Untuk luka yang dalam.
Jika gigitan hewan menimbulkan luka tusukan yang dalam pada kulit atau kulit menjadi robek dan berdarah, tekan luka tersebut dengan kain bersih dan kering untuk menghentikan perdarahan kemudian segera pergi ke dokter.

Untuk luka infeksi.
Jika Anda melihat tanda-tanda infeksi pada luka gigitan dengan ciri-ciri bengkak, nyeri,kemerahan segera periksakan ke dokter.

Untuk luka terduga rabies.
Jika Anda menduga gigitan binatang itu disebabkan oleh hewan yang mungkin bisa membawa rabies seperti Gigitan Anjing, Kucing, kera, rakun, dan kelelawar. termasuk binatang liar atau domestik dengan status imunisasi yang tidak diketahui, segera Cuci luka dengan sabun dan air selama 10-15 menit kemudian diberi alkohol 70% atau betadin lalu segeralah bawa ke dokter, klinik, puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

pertolongan pertama pada gigitan hewan

Dokter akan merekomendasikan suntikan vaksin tetanus (TT) setiap 10 tahun. Jika terakhir suntik sudah lebih dari 5 tahun dan Anda terkena luka gigitan yang dalam dan/atau kotor maka Anda harus disuntik tetanus Ulangan (booster). Kemudian kalau memang diperlukan korban gigitan akan mendapat suntikan Vaksin Anti Rabies (VAR), Serum Anti Rabies (SAR), ataupun Serum Anti Tetanus (ATS).

Pencegahan Rabies sangatlah penting, mengingat penyakit rabies ini sangat mematikan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer