Tips Sehat Saat Berpuasa

Tips Puasa Sehat – Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam, jatuh pada bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Ramadhan adalah saat ketika Muslim didorong untuk berlatih menahan diri, termasuk termasuk puasa dalam menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja.

Walau tidak makan dan minum di siang hari, tubuh kita masih bisa memiliki cairan dan energi yang cukup jika puasa itu dilakukan dengan benar. Maksudnya dilakukan dengan memperhatikan aspek kesehatan yang tentu akan singkron dengan aturan ibadah puasa di bulan ramadhan dan sunnah rasul.

Tips agar Tetap Sehat saat Puasa Ramadan

Puasa selama bulan Ramadhan membawa risiko tinggi dehidrasi karena tidak makanan dan minum mulai dari matahari terbit (subuh) sampai terbenam (maghrib). Selanjutnya, orang yang berpuasa didorong untuk bangun sangat pagi untuk makan sahur yang biasanya mungkin jarang bangun sepagi itu, kurang tidur dan dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala.

Puasa sehat adalah ketika seseorang berpuasa mengkonsumsi jenis makanan yang tepat dan dalam jumlah yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips tentang puasa sehat:

Jangan Lewatkan Sahur

Seperti kata pepatah, ‘sarapan adalah makan yang paling penting’. Dan selama bulan Ramadhan, sahur kita identikkan dengan sarapan karena ini merupakan modal awal sebelum melakukan aktifitas fisik seharian sehingga itu menjadi lebih penting! Meskipun mungkin Anda berfikirt melewatkan sahur supaya mendapatkan waktu tidur yang cukup, kelihatannya memang terdengar menarik, namun seharusnya tak begitu.

Melewatkan sahur berarti memperpanjang masa puasa karena tubuh  akan bergantung pada makanan sebelumnya untuk menyediakan semua nutrisi dan energi sampai waktu berbuka tiba. Karena puasa lebih panjang, maka Anda lebih mungkin mengalami dehidrasi dan lelah di siang hari. Sebaliknya, sahur yang berlebihan juga tidak baik, karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Jangan Makan Berlebihan saat Berbuka

Makan berlebihan ketika berbuka puasa dapat membahayakan tubuh. Makan buka puasa harus seimbang, baik kandungan gizi maupun jumlahnya. Makan sekaligus banyak akan menimbulkan masalah pada pencernaan, terlalu banyak makan makanan tinggi lemak khususnya dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan. Jadi makanlah secara perlahan dan secukupnya.

Kurangi Makan Gorengan, Makanan Asin dan Makanan Tinggi Gula

Ketika seharian tidak makan dan tidak minum, tentu pada saat berbuka rasanya tak adil jika tidak menyantap hidangan kesukaan apa saja. Namun demikian, pertahankan prinsip makanan sehat! kurangilah makanan berminyak, goreng-gorengan dan hidangan terlalu manis. Makanlah yang manis hanya sebagai menu pembuka saat berbuka puasa.

Selain kenaikan berat badan yang tidak sehat, mengkonsumsi lemak dan makanan manis secara berlebihan juga menyebabkan kelesuan dan kelelahan apalagi jika hanya itu saja yang dimakan. Selain itu, Anda juga harus membatasi asupan garam, terutama selama sahur, karena hal ini akan meningkatkan rasa haus yang justru akan menyiksa di siang hari.

sehat saat bepuasa

Sebaliknya, cobalah menggabungkan makanan dari semua kelompok makanan utama termasuk buah-buahan dan sayuran, nasi dan lauk baik ikan ataupun daging. Mengkonsumsi makanan tinggi serat selama Ramadhan terutama saat sahur merupakan hal yang baik karena bagus untuk pencernaan, makanan akan dicerna lebih lambat dan akan merasa kenyang lebih lama.

Tidur Lebih Awal

Bagi yang tidak biasa melakukan qiyamul lail, mungkin akan kaget ketika harus bangun sahur saat bulan ramadhan, untuk itu tidurlah lebih awal agar waktu sahur bisa dapat dan waktu tidur tetap tercukupi (7-8 jam), mengingat banyaknya masalah kesehatan akibat kurang tidur.

Minum Air Sebanyak Mungkin

Minum air sebanyak mungkin antara waktu berbuka dan sahur, ini akan mengurangi risiko dehidrasi selama puasa.

Lakukan segala upaya untuk minum setidaknya 8 gelas cairan sehari antara waktu berbuka sampai sahur. Cairan  bisa berupa jus, susu, minuman dan sup tapi air putih adalah pilihan terbaik. Idealnya, Anda juga harus mengurangi minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola karena minuman ini memiliki efek diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan karena selalu ingin kencing. Baca juga bahaya akibat kurang minum air.

Makanan dengan gizi seimbang adalah kunci utama puasa sehat selama bulan Ramadhan. Baca terus untuk tips tentang apa saja yang harus dimakan selama berbuka dan sahur pada artikel selanjutnya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer