Tips Mencegah Flu

Flu atau pilek bisa dibilang penyakit yang paling sering dialami oleh manusia. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), flu merupakan salah satu penyebab utama angka ketidakhadiran kerja dan absensi sekolah, dengan sampai 22 juta hari sekolah hilang setiap tahun di AS. Flu atau Pilek disebabkan oleh infeksi virus. Lebih dari 200 virus yang berbeda dapat menyebabkan gejala Influenza dari berbagai tingkat keparahan.

Virus yang menyebabkan flu dapat menyebar dari orang ke orang melalui droplet (tetesan lender/ingus kecil) yang masuk udara dari saluran hidung orang yang pilek saat bersin dan kemudian terhirup oleh orang lain yang sehat. Pilek juga dapat menyebar dengan menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi melalui kontak dengan orang yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata.

flu pilek, tips mencegah flu

Meskipun tidak mungkin mencegah penyebaran pilek dengan sepenuhnya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemungkinan Anda dan keluarga Anda terkena flu /  pilek.

Inilah beberapa Tips Mencegah Flu atau Pilek:

Seringlah mencuci tangan dengan sabun. Bisa jadi cara ini merupakan cara terbaik mencegah flu. Apalagi setelah belanja, atau menghabiskan waktu di tempat umum, mencuci tangan sangatlah penting. Sering mencuci tangan dapat membunuh virus yang ada ditangan anda setelah anda menyentuh benda-benda yang terkontaminasi. Anda juga dapat membawa antiseptik pembersih tangan atau tisu pembersih tangan ketika mengunjungi tempat-tempat umum. Ajari juga anak Anda tentang pentingnya mencuci.

Hindari menyentuh wajah, terutama hidung, mulut, dan area mata, sehabis jabat tangan dengan orang yang sakit flu atau menyentuh menyentuh benda-benda di tempat umum yang dicurigai terkontaminasi.

Jika anak mengalami pilek, cuci mainan nya juga ketika Anda membersihkan perabotan rumah tangga dan barang-barang yang sering digunakan.

Jangan merokok. Asap rokok dapat mengiritasi saluran pernafasan dan meningkatkan kerentanan terhadap pilek dan infeksi lainnya.Bahkan paparan asap rokok pasif dapat membuat Anda (atau anak-anak Anda) lebih rentan terhadap pilek.

Gunakan barang sekali pakai jika ada anggota keluarga yang terinfeksi. Gelas sekali pakai bisa dibuang setelah digunakan dan mencegah penyebaran virus dari berbagi cangkir atau gelas. Hal ini Penting terutama jika Anda memiliki anak kecil yang mungkin mencoba untuk minum dari cangkir orang lain tanpa membersihkannya terlebih dahulu.

Menjaga peralatan rumah tangga tetap bersih. Pintu kenop, penarik laci, keyboard, HP, telepon, lampu, remote kontrol, dan dan lain-lain. Usap permukaannya dengan sabun dan air atau larutan desinfektan setelah digunakan oleh orang yang terkena pilek.

Gunakan tissue di dapur dan kamar mandi untuk mencuci tangan. Kuman dapat hidup selama beberapa jam pada handuk kain. Atau, memiliki handuk terpisah untuk setiap anggota keluarga..

Membuang tissue setelah digunakan. tisu yang telah dipakai merupakan sumber virus yang dapat mencemari permukaan benda apapun dimana ia diletakkan.

Menjaga gaya hidup sehat. Sementara ini tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa makan dengan baik atau berolahraga dapat mencegah pilek, pemeliharaan dari gaya hidup sehat, dengan tidur yang cukup, nutrisi yang baik dan latihan fisik dapat membantu memastikan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi baik dan siap untuk melawan infeksi jika itu terjadi.

Kendalikan stres. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami stres emosional dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan lebih mungkin untuk menderita flu daripada mereka yang hidupnya tenang.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur mengalami flu berikut Tips Agar Flu Pilek Cepat Sembuh  apalagi sedang hamil.

Itulah beberapa tips agar terhindar dari penyakit flu, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer