• Dok, saya rasa ada yang aneh dengan telinga kanan saya. Rasanya seperti bunyi sesuatu, itu saya rasakan dari kemarin setelah mandi pagi kalau tidak salah. Saya berusaha mencari tahu apa penyebabnya, tapi saya rasa itu mungkin karena saya kemasukan air sampo dan busanya, karena bunyinya menyerupai busa. Apakah itu berbahaya? Bagaimana solusinya dok ? Saya benar2 takut. Mohon jawabannya dok, terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan telinga berbunyi atau biasa disebut dengan tinitus sebenarnya banyak sekali penyebabnya. Namun jika anda yakin bahwa penyebabnya karena kemasukan air saat mandi apalagi sebelumnya memang ada riwayat kemasukan air maka hal tersebut menjadi penyebab yang paling mungkin dari keluhan telinga berbunyi. Air yang masuk ke dalam telinga bisa menyebabkan sumbatan di telinga dan menyebabkan beberapa keluhan antara lain telinga gatal, nyeri telinga, berkurangnya pendengaran, dan adanya keluhan telinga berdenging / berbunyi. Air yang masuk ke telinga juga bisa mencetuskan terjadinya infeksi. Oleh karena itu , anda perlu memastikan agar air yang masuk ke telinga bisa dikeluarkan secepat mungkin.

    Ada beberapa upaya yang bisa lakukan yaitu:

    1. Miringkan kepala ke masing – masing sisi lalu ketuk perlahan sekitar telinga hingga air keluar.
    2. Teteskan beberapa tetes air ke dalam telinga yang kemasukan air, tunggu beberapa detik lalu miringkan kepala ke sisi sebelahnya.
    3. Baringkan kepala dengan sisi telinga yang kemasukan air berada di sebelah bawah. Adanya gaya gravitasi biasanya dapat merangsang air untuk keluar dari telinga.
    4. Ada juga larutan untuk mengeringkan telinga yang mengandung asam asetat 50% dan 50% isopropil alkohol.
    5. Dan lain sebagainya

    Jika keluhan berlanjut ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter.

    Sekian jawaban saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ada Bunyi Aneh pada Telinga, Ada Apa Ini?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.