• Dok, saya mau tanya bahwa akhir-akhir bulan ini saya mengalami anyang-anyangen. Jujur, konsumsi air putih saya kurang, tetapi yang mengherankan pada waktu buang air kecil, warna air seni merah seperti darah, pada saat tetes2 terakhir.

    Mohon petunjuk penyakit apa yang saya alami ? dan bagaimana penanganannya ?

    NB : Saya tidak merasakan gatal, perih ataupun sakit saat buang air kecil

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Warna urine normal adalah bening atau kekuningan. Jika urine terlihat berwarna kemerahan maka kemungkinan besar terdapat sel – sel darah yang terkandung dalam urine. Buang air kecil berdarah dalam dunia kedokteran disebut sebagai hematuria. Penyebab hematuria ada banyak macam yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Hematuria akibat infeksi saluran kemih (ISK). Selain kencing berdarah, keluhan yang muncul akibat infeksi saluran kemih antara lain adalah demam, nyeri perut bawah, anyang – anyangan dan lain sebagainya.
    2. Batu saluran kemih juga bisa menimbulkan keluhan kencing berdarah. Umumnya disertai rasa nyeri yang hilang timbul. Keluhan nyeri bisa dirasakan ringan hingga berat. Batu bisa terdapat pada ginjal, ureter, kandung kemih hingga uretra.
    3. Infeksi pada bagian ginjal ini menyebabkan keluhan buang air kecil berdarah. Umumnya keluhan BAK berdarah tanpa disertai nyeri. Keluhan ini sering disertai bengkak pada tubuh dan tekanan darah yang meninggi.
    4. Sindrom nefrotik merupakan penyakit autoimun yang memiliki gejala berupa BAK berdarah. Namun keluhan utamanya berupa bengkak pada kaki, mata, ataupun pada jaringan longgar lainnya di tubuh.
    5. Trauma saluran kemih juga bisa menyebabkan kencing berdarah. Trauma bisa terjadi akibat adanya benturan keras pada perut hingga ke organ genitalia.
    6. Penyebab lain

    Untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung oleh dokter. Terapi yang diberikan sesuai dengan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Yth. dr. Dina,

     

    Terimakasih info diatas.  Sebagai referensi dan petunjuk bagi saya apakah saya harus cek langsung ke doketer spesialis SPKK atau bagaimana ?

     

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Beranda Tanya Dokter Air Seni Berwarna Merah seperti Darah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.