• Dok alhamdulillah saya telah melakukan operasi pelepasan pen krena sudah 2 tahun. Tapi kenapa setelah operasi tangan saya jadi bengkak? Dan tulang kan menjadi berlubang? Apa bisa normal kembali dan biasanya membutuhkn waaktu beapa lama

    Terimah kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tindakan pelepasan pen melalui jalan operasi merupakan prosedur yang lazim dilakukan setelah seseorang mendapatkan terapi penyembungan tulang. Seperti hal nya operasi lainnya dimana dilakukan tindakan untuk membuat luka baru pada tubuh manusia dengan tujuan medis maka pasti ada resiko yang mungkin dialami oleh pasien misalnya berupa infeksi post operasi yang ditandai oleh beberapa gejala seperti merah, bengkak, nyeri pada daerah bekas operasi. Bahkan jika ada bakteri yang ikut serta maka bisa timbul nanah pada area tersebut yang menyebabkan luka bekas operasi menjadi basah dan terbuka kembali. Hal ini bisa terjadi jika kita lalai dalam menjaga kebersihan luka pasca operasi. Seharusnya luka bekas operasi dijaga kebersihannya dengan mengganti verban tiap hari atau saat kotor, hindari terkena air dan jangan lupa konsumsi antibiotik yang diberikan.

     

    Bengkak yang terjadi pada tangan anda setelah operasi pengangkatan pen juga bisa disebabkan karena tumbuhnya jaringan parut pasca penyembuhan operasi, perubahan struktur anatomi dan bentuk tulang pasca cedera dan lain sebagainya. Waktu penyembuhan berbeda – beda. Umumnya akan tetap meninggalkan bekas luka pasca operasi. Untuk memastikan kondisi anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Akibat Setelah Operasi Pelepasan Pen

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.